in , ,

Coban Lanang, Keindahan Menawan di Tengah Kota Rupawan

Masuk ke sini tak bakal rugi

Batu dari dulu mempunyai banyak sekali wisata alam, seperti air terjun. Nah, air terjun yang menarik perhatian adalah Coban Lanang yang berada di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Kalau kalian penasaran dengan air terjun ini, simak ulasan berikut.

Baca juga : Bakso Bakar Pahlawan TRIP, Kuliner Malang Favorit Melody JKT48

1. Masuk Area Wisata Hanya Bayar Parkir

coban lanang
Bagian depan air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat kalian masuk ke sini, tak ada tiket masuk yang harus dibayar. Kalian hanya perlu membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor. Sedangkan untuk mobil hanya Rp5.000.

2. Ada Taman Indah di Dalamnya

coban lanang
Patung kelinci (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke area ini, kalian akan menemukan taman yang cukup memanjakan mata. Di sana terdapat rumah-rumah kelinci yang dilengkapi dengan patung kelinci berukuran besar. Kemudian tak jauh dari sana, terdapat jalan setapak dan ada bunga cantik di sekelilingnya. Lalu, di sana juga ada gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

coban lanang
Jalan setapak dan gazebo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

3. Ada Tempat Memancing

Tempat memancing (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Beranjak dari taman, kalian akan melewati aliran sungai dengan arus lumayan deras. Di aliran air sungai ini bisanya akan kita dapati bapak-bapak yang asik memancing, terutama jika kita datang di sore hari. Menurut warga yang sering memancing di tempat ini, walaupun aliran sungainya lumayan deras tapi ikannya juga cukup banyak.

4. Jembatan Bambu yang Menghubungkan Area Taman dan Jalur Tracking

Jembatan bambu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di atas aliran Kali Lanang yang digunakan tempat memancing, kita bisa menemukan sebuah jembatan bambu. Jembatan ini menghubungkan kita dari area taman ke jalur tracking yang sebenarnya menuju lokasi air terjun Coban Lanang. Jika dilihat dari kejauhan, perpaduan jembatan, sungai, dan juga area taman menjadikan sebuah pemandangan yang sangat indah.

5. Banyak Bunga-bunga Indah Di Tepi Sungai

Bunga di tepi sungai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain taman yang memang digarap apik oleh warga sekitar dan juga pengelola air terjun, area wisata ini memang sudah banyak ditumbuhi bunga-bunga liar. Seperti di tepian sungai yang banyak ditumbuhi bunga warna-warni yang menyatu dengan tanaman lainnya. Hal ini membuat suasana perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

6. Jalur Tracking yang Lumayan Ekstrem

Jalur tracking (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain indahnya taman, satu hal menarik lagi yang bisa kita nikmati di Coban Lanang ini adalah jalur trackingnya. Walaupun jalurnya tidak jauh, tapi medannya lumayan ekstrem yaitu banyaknya naik turun. Selain naik turun, kelokan tajam juga mendominasi track di sini. Tapi kalian jangan khawatir terpeleset, karena pengelola sudah melengkapi track tersebut dengan sekat-sekat bambu.

7. Menikmati Keindahan Air Terjun

Air terjun dari kejauhan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah melalui track yang cukup menegangkan, dari kejauhan di balik pepohonan bambu kita bisa melihat sebuah air terjun indah dan megah. Tempat yang paling sempurna untuk menikmati kemegahan coban ini adalah di bagian bawah air terjun. Untuk mencapai spot ini kita perlu turun ke bawah melewati jalur yang jarang sekali orang lewati. Setelah sampai di bagian bawah kita harus menapaki bebatuan besar yang ada di tengah-tengah sungai bagian bawah air terjun.

Spot indah di bawah air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk spot foto yang disediakan di Coban Lanang ini sendiri sebenarnya sangat banyak sekali. Ada beberapa papan bambu yang ada di depan air terjun masih terpasang. Sayangnya sekarang keadaannya sudah tidak kokoh lagi dan kita dilarang untuk memijaknya, karena ditakutkan akan membahayakan nyawa.

Spot foto (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Keberadaan air terjun Coban Lanang ini memang masih eksis dikenal sampai sekarang. Tapi karena mungkin masa jayanya sudah semakin berlalu dan pengunjung yang datang tak lagi sebanyak dulu, membuat beberapa hal di air terjun ini kurang terawat.

Seperti terlihat dengan rusaknya spot-spot foto yang dulu pernah sangat bagus keadaannya. Jadi tidak ada salahnya kalau kita ke Kota Wisata Batu pengunjungi tempat ini, kita bisa share pengalaman kita ke Coban Lanang melalui media sosial dan menjadikan tempat ini hidup dan terawat kembali. Next

ramadan
Berfoto di Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu Jogja, Permata Alam Tersembunyi nan Mempesona

Kanoko Coffee, Kedai Kopi dengan Suasana Asri di Kawasan Dago