in , , , , ,

Suasana Asri nan Menyegarkan di Curug Jenggala Purwokerto

Curug Janggala yang Indah dan Menyegarkan, Saranan Liburan yang Menyenangkan

Pemandangan Curug Jenggala (c) Alfis Yulian/Travelingyuk
Pemandangan Curug Jenggala (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Purwokerto, kota yang terkenal dengan mendoannya ini mempunyai banyak pesona alam yang tersembunyi di sekitar Gunung Slamet. Kota ini terkenal dengan julukan seribu air terjun. Benar saja, julukan itu karena Teman Traveler dapat menemukan banyak air terjun di Purwokerto di lereng Gunung Slamet. Salah satu air terjun yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Curug Jenggala yang berada di kaki Gunung Slamet dengan jarak tempuh dari pusat kota sekitar 45 menit.

Baca juga : Best White Sandy Beach in Gunungkidul Yogyakarta

Lokasi dan Rute Curug Jenggala

Anak Tangga menuju Air Terjun (c) Alfis Yulian/Travelingyuk
Anak Tangga menuju Air Terjun (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Curug Jenggala terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Lokasi wisata alam ini masih berada di dalam lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur. Rute menuju ke air terjun ini pun tidak terlalu sulit. Dari Kota Purwokerto untuk menuju ke Kalipagu, Teman Traveler bisa melewati rute untuk menuju ke Kompleks Wisata Baturaden. Setelah parkir kendaraan, Teman Traveler masih harus tracking lagi melewati jalur menuju ke Curug Jenggala sekitar 30 menit perjalanan kaki. Jalur ini sendiri masih berupa tanah liat, jadi disarankan hati-hati karena jalan akan sangat licin ketika habis hujan.

Tiket Wisata

Deck Kayu untuk Berselfie dengan Background Air Terjun (c) Alfis Yulian/Travelingyuk
Deck Kayu untuk Berselfie dengan Background Air Terjun (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp8.000 per orang. Untuk hari-hari libur kemungkinan tiket masuk akan berubah sesuai ketentuan pengelola. Biaya parkir per motor dikenakan Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Fasilitas di Curug Jenggala

Aliran Sungai Curug Jenggala (c) Alfis Yulian/Travelingyuk
Aliran Sungai Curug Jenggala (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Curug Jenggala sudah tersedia fasilitas seperti toilet, tempat ganti baju, dan mushola untuk Teman Traveler yang muslim. Akan tetapi, harus antri ketika musim liburan telah tiba. Nah, yang paling ngehits adalah sebuah deck kayu berbentuk hati yang berada tepat di depan air terjun tersebut. Lokasi ini sangat cocok untuk selfie atau foto dan merupakan salah satu yang diincar oleh pengunjung wisata. Curug Jenggala mempunyai tiga air terjun yang berjejer. Pemandangan yang masih sangat alami dan asri ini bisa untuk sekedar melepas penat dan refreshing.

Pemandangan Asri dan Air Jernih

Keindahan Air Terjun Jenggala (c) Alfis Yulian/Travelingyuk
Keindahan Air Terjun Jenggala (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Air dari Curug Jenggala ini sangatlah jernih dan bersih karena langsung dari sumber mata air. Kalau Teman Traveler ingin mencoba meminum airnya disediakan pancuran untuk mengisi botol minum yang kosong atau melepas dahaga. Segar!

Bagi Teman Traveler pecinta wisata alam di sekitar banyumas dan purwokerto, mari explore lebih jauh keindahan Curug Jenggala dan beberapa curug lain disekitar daerah ini. Tetaplah mencintai alam dengan membuang sampah pada tempatnya. Happy Traveling! Next

ramadan

Back to Nature! Staycation ala Ubud di Didu’s Homestay Banyuwangi

Nano

Nano Geprek Milkshake, Tempat Makan di Bojonegoro yang Super Asyik