in ,

Desa Wisata di Indonesia dengan Panorama Bawah Laut Menawan, Sudah Kunjungi yang Mana?

Desa Wisata dengan Panorama Bawah Laut Elok

Desa Pemuteran Bali

Berderet pilihan destinasi wisata alam di Indonesia dari ujung barat hingga timur. Dari pantai, air terjun, pegunungan, dan banyak lainnya yang tentu tidak akan pernah bosan untuk ditelusuri. Bahkan beberapa kawasan ditetapkan sebagai desa wisata. Hal tersebut karena saking lengkapnya atraksi yang ditawarkan di desa-desa tersebut. Di antaranya dengan panorama bawah laut menawan, seperti desa wisata di Indonesia yang diulas di bawah ini. Di mana saja ya?

Baca juga : Kuliner NTT yang Sudah Turun Temurun, Beberapa jadi Hidangan Upacara Adat

Desa Popareng

Ilustrasi Desa Popareng di Kawasan TN Bunaken via Shutterstock

Desa Popareng di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara ini merupakan bagian dari area Taman Nasional Bunaken yang ditetapkan sebagai role model ekowisata. Menawarkan beragam kegiatan, sebut saja snorkeling dan diving menyusuri indahnya panorama bawah laut yang menawan. Selain itu juga bisa menikmati hutan mangrove, mengamati burung, wisata budaya waruga yaitu makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu.

Demi mendukung program role model ekowisata, Balai Taman Nasional Bunaken menetapkan tema “Harmonisasi Alam dan Budaya”. Dengan ini warga setempat bisa mengkombinasikan potensi keindahan laut dengan ciri khas budaya daerah tersebut, sebut saja kesenian, kuliner, hingga aktivitas melaut.

Desa Pemuteran

Panorama Bawah Laut Desa Pemuteran via Shutterstock

Desa Pemuteran berlokasi sekitar 30 kilometer dari Gilimanuk, tepatnya Jalan Seririt Kecamatan Gerokgak. Menawarkan view yang elok karena berada di antara perbukitan dan lautan. Karang laut di desa ini dipelihara dengan sangat baik dan secara profesional membuat biota laut nyaman. Menjadikan siapa pun tidak kuasa untuk tidak menikmati pemandangan bawah laut Desa Pemuteran. Penduduk sekitar melestarikan area ini dengan menggunakan peralatan tradisional dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti perahu dan jaring, sehingga karang dan hewan lautan di sini tidak rusak.

Teman Traveler yang berlibur di desa wisata di Indonesia ini tidak perlu khawatir. Tersedia tempat menginap dengan range harga bervariasi. Ada juga restoran dan sarana pendukung lain.

Desa Mbokita

Keindahan Hamparan Laut Desa Mbokita di Pulau Sombori via Shutterstock

Desa Mbokita yang berarti nene kita ini berada di Pulau Sombori Kecamatan Menuai Kepulauan Kabupaten Morowali, terletak di perbatasan Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Tenggara. Menawarkan lanskap daratan dengan banyaknya gugusan pulau dengan suasana bawah laut memesona.

Warga dan pemerintah setempat berhasil mengubah tempat yang dulu dianggap sebagai lokasi buangan ini menjadi aksi menarik bagi pelancong. Salah satunya Gua Gurita dan tentunya kehidupan Suku Bajo yang tinggal di sini.

Desa Bontagula

Ilustrasi Desa Bontagula di Bontang via Instagram @wisata_laut_bontang

Desa wisata di Indonesia satu ini bertempat di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Bontang yang memang tersohor sebagai desa maritim. Dibuktikan dengan penghargaan yang didapat dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2017 lalu. Desa ini dinilai berhasil mengelola potensi pariwisata untuk memajukan perekonomian. Posisi Bontang diapit oleh lautan. Kawasan ini juga menawarkan kondisi bawah laut yang tepat untuk snorkeling maupun diving. Selain sebagai tempat wisata, Bontagula juga menjadi bagian dari edutourism, wisata pendidikan dan penelitian.

Deretan desa wisata di Indonesia dengan panorama bawah laut elok di atas, hanyalah segelintir dari banyaknya kawasan di nusantara yang menawarkan kecantikan lautan yang menakjubkan. Mana nih yang sudah pernah Teman Traveler jelajahi? Next

ramadan
via Instagram/voilajogja

10 Makanan yang Hits di 2018, Yuk Coba Sebelum Berganti Tahun!

Deretan Pulau-pulau di Tual Maluku

Pesona Pulau-pulau di Tual Maluku, Siap-siap Takjub dengan Laguna Tersembunyi di Salah Satunya