in ,

Desa Wisata Paling Cantik di Indonesia, Bikin Betah dan Nggak Ingin Balik ke Kota

5 Desa Wisata Paling Indah di Indonesia

Desa Paling Indah di Indonesia
Desa Paling Indah di Indonesia

Saat liburan, mata inginnya dimanjakan dengan pemandangan alami yang indah dan menyejukkan. Lupakan sejenak tentang deretan bangunan mewah nan tinggi, juga pusat perbelanjaan dengan barang-barang merk kelas dunia. Kali ini, tenangkan pikiran dengan lukisan alam yang masih asri. Di bawah ini ada 5 desa wisata paling indah yang ada di Indonesia, wajib banget kamu kunjungi. Apa saja, ya?

Baca juga : Nongkrong Kekinian di Kafe Sawah Pujonkidul, Ngopi dekat Alam

Desa Pariangan, Terindah di Dunia

Desa Nagari Pariangan
Desa Nagari Pariangan [image source]
Nagari Pariangan yang berlokasi di Tanah Datar, Sumatera Barat ternyata masuk dalam 10 Desa Terindah di Dunia versi Budget Travel. Kecantikan yang disuguhkan di sini tak hanya alamnya yang asri, namun juga rumah-rumah yang masih terjaga ketradisionalannya. Bahkan terdapat masjid terbesar yang sudah berdiri sejak abad 19. Wajib nih melihat keindahan Pariangan dari dekat.

Nagari Pariangan
Nagari Pariangan [image source]

Desa Adat Panglipuran, Bali

Desa Wisata Panglipuran, Bali
Desa Wisata Panglipuran, Bali [image source]
Mau tahu bagiamana Bali di zaman dulu? Datang dan berkunjung saja ke Desa Panglipuran, Bangli yang sudah berusia sekitar 700 tahun. Desa ini mendapat predikat terbersih dan masih sangat asri. Tak hanya rumah-rumah tradisional yang berkonsep sama, Panglipuran juga dikenal sebagai desa yang sangat menghormati wanita. Salah satu caranya adalah pemberlakuan larangan poligami. Wah, jadi ingin pindah ya?

Desa Wisata Panglipuran
Desa Wisata Panglipuran [image source]

Desa Wae Rebo, Flores

Desa Wae Rebo
Desa Wae Rebo [image source]
Ini dia desa tercantik Indonesia dan pertama diakui oleh dunia. Wae Rebo mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai Top Award of Excellence pada 2012. Hanya ada 7 rumah tradisional dengan tinggi dan diameter sama yang masih kukuh berdiri sejak lama. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi keindahan alam yang hijau dan sungguh indah. Masyarakat setempat akan menerima wisatawan dengan tangan terbuka dan kopi khas Wae Rebo yang segar. Yakin, mau pulang?

Desa Wae Rebo, Flores
Desa Wae Rebo, Flores [image source]

Desa Sade, Lombok

Desa Sade, Lombok
Desa Sade, Lombok [image source]
Desa Sade, adalah rumah bagi suku Sasak di Lombok. Meski berlokasi di samping jalan besar beraspal, Suku Sasak di Sade masih sangat berpegang teguh pada adat dan keaslian budaya. Hal ini bisa terlihat dari rumah-rumah yang masih tradisional dan disebut dengan Bale. Uniknya, para masyarakatnya mengepel lantai rumah dengan kotoran kerbau yang diberi sedikit air. Hal ini dipercaya bisa menghangatkan dan membuat rumah tidak dihinggapi nyamuk. Jangan salah, tak ada bau tidak sedap, lho. Jangan lupa untuk berpose di Pohon Cinta Sade, ya.

Pohon Cinta di Desa Sade
Pohon Cinta di Desa Sade [image source]

Desa Kete’ Kesu, Toraja Utara

Desa Kete Kesu, Tana Toraja
Desa Kete Kesu, Tana Toraja [image source]
Ada banyak daerah Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika sudah masuk ke desa-desa yang kaya akan adat dan cerita. Salah satunya adalah Desa Kete’ Kesu di Tana Toraja yang bisa ditempuh selama 12 jam berkendara dari Makassar. Selain deretan rumah dengan tongkonan yang indah, desa ini juga dikenal dengan berbagai upacara adat yang digelar dari bulan Juni hingga Desember.

Kete' Kesu, Tana Toraja
Kete’ Kesu, Tana Toraja [image source]
Bagi kamu yang memang berlibur demi mendapat ketenangan, deretan desa wisata di atas sangat menarik untuk dikunjungi. Pilih salah satu dan rencanakan perjalananmu. Bagaimana, mana yang sudah pernah kamu kunjungi? Next

ramadan

Tahu Campur di Surabaya, Enak dan Bikin Nagih

Pecinta Pisang Wajib Coba Olahan Kekinian Ini, Maknyuss