in , ,

4 Destinasi Wisata di Bali yang Membuatmu Mengerti Budaya Pulau Dewata

Destinasi Wisata Budaya di Bali Ini dapat Membuatmu Dekat dengan Kearifan Lokal

Meskipun Pulau Bali menjadi tempat keluar dan masuknya turis, budaya dan tradisinya masih kuat terjaga. Terbukti hukum adat dan pecalang juga masih memegang peranan penting dalam masyarakat. Selain itu berbagai budaya juga masih diterapkan hingga saat ini. Kalau ingin tahu, coba datang ke destinasi wisata budaya di Bali yang menarik ini.

Baca juga : Hotel Dekat Stasiun Cirebon Mulai Dari 300 Ribu, Tak Perlu Takut Terburu-Buru

Pura Lempuyang

Gapura di Pura Lempuyang yang biasa menjadi spot foto via instagram/teyxo_urbanfashion

Pura Lempuyang adalah tempat suci bagi umat Hindu dengan keindahan yang memesona. Sekaligus menjadi tempat hits di bali 2018 yang banyak diburu oleh wisatawan. Lokasinya juga berada di dataran tinggi, bahkan untuk mencapai tempat ini kamu harus menapaki sekitar 1700 anak tangga. Setelah sampai, panorama Gunung Agung dan Kabupaten Karangasem dapat terlihat dengan jelas dari Pura Lempuyang.

Desa Penglipuran

Kawasan yang masih kental tradisi adatnya via instagram/infomengwi

Destinasi wisata di Bali yang satu ini masih kental dengan identitas masyarakat Pulau Bali ini pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru. Penghargaan ini diperoleh karena masyarakat dapat mempertahankan dan memelihara 75 hektar hutan bambu serta bagian-bagian yang menjadi ciri khas desanya. Di sana kamu juga dapat menemukan bangunan-bangunan Bali yang masih berjajar rapi.

Desa Trunyan

Jangan heran jika menemukan tengkorak di Desa Trunyan via instagram/pecinta.indonesiaku

Secara administratif, Desa Trunyan berada dalam wilayah Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Desa ini dihuni oleh masyarakat kuno yang menyebut dirinya sebagai “Bali Aga”. Budaya pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat Bali Aga cukup menarik sekaligus menyeramkan. Jasadnya tidak dikubur, melainkan hanya diletakan di bawah pohon beringin serta dibatasi dengan pagar bambu. Karenanya jangan heran jika menemukan banyak terngkorak ditempat tertentu.

Museum Ogoh-ogoh

Terdapat kurang lebih 20 buah patung ogoh-ogoh via instagram/okta_wijana

Menyaksikan ogoh-ogoh tak hanya saat festival saja. Di Bali kamu dapat melihat patung-patung raksasa ini di museum. Salah satunya adalah Museum Manusa Yadnya yang memiliki kurang lebih 20 patung ogoh-ogoh dari daerah Bali. Kemudian juga terdapat Museum Ogoh-ogoh Soka Indah yang terletak di rest area Pantai Soka, Tabanan, Bali.

Meskipun Pulau Dewata memiliki banyak destinasi wisata alam yang beragam, wisata budaya di Pulau Bali juga tak kalah menarik kok. Empat destinasi yang telah disebutkan di atas merupakan beberapa contohnya. Apa tempat favoritmu saat traveling ke Pulau Bali? Next

ramadan

Ini Warung Mie Aceh di Jakarta, Rasanya Enak dan Juara Banget

4 Destinasi Wisata yang Terinspirasi Film