in ,

Mampir ke Kota Terdingin di Indonesia, Distrik Mulia

Kalau Kamu Suka Dingin, Coba Datang ke Distrik Ini

Indonesia merupakan negera kepulauan dengan dianugerahi dengan iklim tropis. Cuaca di wilayah nusantara cenderung hangat hingga panas. Namun siapa sangka jika terdapat sebuah wilayah di Indonesia yang memiliki suhu yang sangat dingin. Lokasinya berada di kawasan Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Inilah Distrik Mulia, kota terdingin di Indonesia.

Baca juga : Sop Ikan Paling Enak Se-Indonesia, Bikin Ngiler dan Pinter

1. Suhunya Mencapat 9 Derajat Celcius

Kawasan Distrik Mulia via swamedium.com

Jika pada umumnya wilayah di Indonesia memiliki cuaca yang hangat, hal berbeda akan kamu temukan di tempat ini. Distrik Mulia atau Kota Mulia, dikenal dengan suhu udaranya yang sangat dingin. Di sini, suhunya dapat mencapai 9 derajat celcius saat malam hari. Bahkan di musim-musim tertentu dapat mencapai titik beku.

2. Dekat dengan Puncak Jaya Wijaya

Masyarakat Distrik Papua yang sedang berolahraga via pelangi-hitam.blogspot.com

Distrik Mulia berada di lembah pegunungan pada ketinggian 2.448 mdpl. Selain itu, cuaca dingin yang ada pada kota ini juga disebabkan karena lokasinya berada di kawasan Pegunungan Jaya Wijaya. Satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki salju di puncaknya.

3. Perjalanan Membelah Bukit

Jalur menuju Distrik Mulia via ediginting.com

Karena lokasinya yang berada di lembah gunung, perjalanan untuk sampai ke kawasan ini memerlukan perjuangan luar biasa. Terdapat dua cara untuk dapat sampai ke kota terdingin di Indonesia ini. Pertama dengan menggunakan pesawat caravan, terbang dari Jayapur yang hanya muat untuk sembilan orang. Kedua dengan menggunakan jalur darat yang harus ditempuh selama 16 jam dengan medan yang ekstrim.

3. Bukan Daerah Tertinggal

Bandara udara di Distrik Mulia via tabloidjubi.com

Meksipun akses untuk menuju ke daerah ini masih sangat sulit, namun bukanlah kawasan yang terisolir atau tertinggal. Infrastruktur kota ini cukup maju dan sudah mendapat perhatian. Ruas jalan di Distrik Mulia telah diaspal, fasilitas publik mulai tempat ibadah hingga sekolah juga disediakan di tempat ini.

Meskipun Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat kuat, kamu tetap dapat menemukan kawasan yang memiliki cuaca dingin. Bagaimana, ada yang sudah pernah ke sini? Next

ramadan

Bivacco Gervasutti, Hotel Kapsul di Pinggir Jurang Italia

Pukis Badran Solo

Pukis Badran Solo, Aneka Rasa Warna-warni Menggoda