in ,

5 Ecolodge dengan Pemandangan Terindah, Tepat Untuk Staycation Anti Gundah

Bermalam di Akomodasi Ramah Lingungan yang Berlokasi di Alam Indah

FI Ecolodge Pemandangan Terindah via Instagram @seb_drewett
FI Ecolodge Pemandangan Terindah via Instagram @seb_drewett

Akomodasi adalah salah satu unsur penting dalam traveling. Terkadang kita butuh suasana yang bisa membuat bermalam menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Bila hal itu yang Teman Traveler cari, maka ecolodge dengan pemandangan alam terindah dapat menjadi pilihan.

Baca juga : Museum Bank Indonesia, Belajar Sejarah Rupiah

Panoramanya bikin suasana hati lebih ceria, bukan? Tenang saja ada kok ecolodge dengan harga terjangkau. Berikut rekomendasi versi Travelingyuk.

1. Kuta Cabana Lodge, Lombok

FI Ecolodge Pemandangan Terindah via Instagram @seb_drewett
Kuta Cabana Lodge, Lombok via Facebook Kuta Cabana Lodge

Ingin staycation sembari merasakan eloknya pantai-pantai di Lombok? Maka Kuta Cabana Lodge dapat menjadi pilihan Teman Traveler. Akomodasi yang berlokasi di Jalan Kuta Awang, Rangkap 1, Kecamatan Pujut ini menawarkan bungalow nyaman bermaterial kayu.

Kamar di sini begitu memberikan kesan dekat dengan alam dengan unsur lantai & furnitur kayu, dinding batu maupun gedeg (dinding anyaman bambu), penggunaan kipas angin, dan jaring-jaring penghalau nyamuk. Sungguh mengembalikan memori saat bermalam di rumah nenek.

Menginap di sini semakin menyenangkan sebab ecolodge ini mempunyai pemandangan terindah, menghadap indahnya area hijau. Tidak jauh pula dari Pantai Kuta Mandalika yang dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 5 menitan.

Beberapa fasilitas lain di Kuta Cabana Lodge adalah antar jemput bandara, perpustakaan, private beach area, dan perlengkapan olahraga air. Tertarik, bukan? Demi staycation tak terlupakan di sini, cukup siapkan budget sekitar Rp300.000an.

2. Ecolodge Bukit Lawang, Sumatera Utara

Ecolodge Bukit Lawang, Sumatera Utara via Instagram @mirjamtravels

Bagaimana caranya dengan staycation saja, kita dapat ikut terlibat dalam pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism)? Apakah memungkinkan? Tentu saja bisa! Salah satu caranya adalah memilih akomodasi berbasis alam yang juga mendukung pelestarian lingkungan seperti Ecolodge Bukit Lawang.

Bukan sekadar menginap, Teman Traveler pun dapat merasakan hidup di area hutan Sumatera Utara. Kita pun ikut berpartisipasi dalam konservasi orang utan Sumatera yang terancam punah, sebab ecolodge dengan pemandangan terindah ini merupakan bagian dari kegiatan sebuah pusat pendidikan lingkungan hidup.

Kalau staycation di sini, Teman Traveler akan tinggal di pondok-pondok dengan fasilitas memadai. Sebut saja tempat tidur berkelambu dan kamar mandi indoor terbuka (bagian atasnya) lengkap dengan amenities.

Serunya, Teman Traveler dapat merasakan sejuknya atmosfer dengan duduk santai di dekat jendela, menghadap langsung ke kebun maupun sungai. Pun tidak akan bosan bermalam di sini, sebab Teman Traveler dapat sekalian mengenal orang utan lebih dekat.

Bila ingin merasakan staycation berkesan di Ecolodge Bukit Lawang, siapkan saja budget mulai dari Rp400.000an. Lalu datanglah ke Bukit Lawang, Kecamatn Bohorok, Kabupaten Langkat.

3. Ecolodge Seloliman, Jawa Timur

Ecolodge Seloliman via Instagram @pplhseloliman

Berikutnya ada Ecolodge Seloliman yang terletak di Dusun Biting Seloliman, Kecamatan Trawas, Mojokerto. Staycation di sini akan memberikan pengalaman menggembirakan yang juga menyejukkan hati dan pikiran. Bagaimana tidak? Teman Traveler berkesempatan tinggal di hutan kawasan kaki Gunung Penanggungan yang sangat sejuk.

Tidak hanya menyediakan pondok-pondok nyaman, akomodasi ini pun mengajak para tamunya untuk ikut andil dalam sustainable tourism. Sebab Teman Traveler dapat mengikuti tur ke lereng Gunung Penanggungan dengan pemandu wisata handal. Ada pula keliling ke situs-situs peninggalan kerajaan seperti Kahuripan dan Majapahit yang banyak tersimpan di area ini.

Soal fasilitas juga cukup lengkap, di antaranya tempat tidur dengan balkon menghadap panorama hijau, kamar mandi indoor, dan pemanas air tenaga panel surya. Bila berencana staycation di Ecoldoge Seloliman, cukup merogoh kocek kira-kira Rp500.000an.

4. Kelimutu Crater Lakes Ecolodge, NTT

FI Ecolodge Pemandangan Terindah via Instagram @seb_drewett
Kelimutu Crater Lakes Ecolodge via Instagram @karinapalle

Bukan hanya kawasan pantai atau gunung, ada pula ecoldoge yang berlokasi di sekitar area danau yaitu Kelimutu Crater Lakes Ecolodge. Bila staycation di sini, Teman Traveler dapat merasakan hidup ramah lingkungan (eco living), seperti adanya penggunaan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Fasilitas yang disediakan pun terbilang komplet, misalnya kamar tidur dengan kasur yang nyaman, makan pagi, shower air panas, maupun restoran. Selain bersantai di tempat menginap, Teman Traveler dapat singgah ke Danau Kelimutu dengan berkendara selama kira-kira 30 menit.

Bisa pula berkunjung ke Desa Moni yang kaya akan rumah-rumah tradisional, cukup jalan kaki 15 menitan. Pengin liburan akhir tahun di sini? Siapkan saja budget kurang lebih Rp800.000an per malam.

5. Sarinbuana Eco Lodge, Bali

FI Ecolodge Pemandangan Terindah via Instagram @seb_drewett
Sarinbuana Eco Lodge via Instagram @seb_drewett

Selanjutnya ada Sarinbuana Eco Lodge yang berlokasi di lereng Gunung Batukaru. Tepatnya Jalan Arjuna, Br. Biyahan, Desa Wanagiri, Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan.

Di sinilah Teman Traveler bisa staycation di akomodasi berbasis ramah lingkungan. Mereka menggunakan beragam produk organik, seperti sabun, minyak esensial untuk penyegar ruangan, serta air gunung untuk minum dan mandi.

Untuk bermalam di Sarinbuana Eco Lodge, Teman Traveler siapkan budget sekitar Rp1.000.000an. Cukup terjangkau untuk tempat menginap yang hampir seluruh unsurnya eco-friendly.

Apalagi sarana di dalam bungalow begitu lengkap, di antaranya ruang tamu, dapur plus perlengkapannya, kamar mandi indoor terbuka, balkon, dan tentunya tempat tidur nyaman. Teman Traveler pun tidak akan bosan di sini; sebab bisa ikut beragam kelas seperti masak kuliner Bali, pijat, trekking ke hutan, maupun keliling desa. Semakin tertarik, ya?

Kapan lagi staycation sambil ikut serta dalam pariwisata berkelanjutan? Segera rencanakan staycation akhir tahun di ecolodge dengan pemandangan terindah. Ciptakanlah momen berkesan sebelum mengawali tahun 2020. Next

ramadan
Makan di Captain Kerang

Captain Kerang, Santap Seafood dengan Gaya Ngeliwet

Waspada Saat Liburan! 4 Benda Ini Bisa Jadi Kamera Pengintai di Toilet Umum