in ,

4 Bukti Franka Franklin Cinta Indonesia, Salah Satunya Pakai Anting Tanah Air

Sudah cantik, cinta Indonesia pula…

Akhir-akhir ini Nadiem Makarim tengah menjadi perbincangan publik. Ini dikarenakan ia mundur dari CEO Go-Jek dan dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Di samping itu, sang istri yang jarang terekspose media, yakni Franka Franklin juga ikut menjadi buah bibir masyarakat. Ternyata, ada banyak hal menarik pada diri wanita cantik ini, salah satunya sangat cinta Indonesia. Berikut ini beberapa buktinya. Yuk simak ulasannya. 

Baca juga : Contek Gaya Hijaber Ini Saat Traveling, Chic Banget!

Sempat Aktif dalam Kegiatan Sosial  

Franka Franklin
Pernah aktif di Indonesia Mengajar via twitter/lintabahraine

Perempuan kelahiran Singapura ini ternyata pernah aktif dalam kegiatan sosial, Teman Traveler. Yakni di Indonesia Mengajar yang digagas oleh Anies Baswedan pada tahun 2010. Pada saat itu ia menjabat sebagai Specialist Communication Strategist. Tugasnya adalah mencari sponsor dan calon pengajar dari seluruh Indonesia. Ia memiliki keinginan untuk turut memajukan pendidikan, khususnya di kawasan terpencil Indonesia. 

Mempunyai Brand Perhiasan yang Mengangkat Nilai Budaya 

Franka Franklin
Menciptakan brand perhiasan dengan dua temannya via instagram/happysalma

Franka Franklin juga mempunyai brand perhiasan bernama Tulola Jewelry yang mengangkat nilai budaya Indonesia di dalamnya. Bekerjasama dengan Happy Salma dan Dewi Sri Luce Rusna, perhiasan yang dikeluarkan memiliki tema bermacam-macam.

Seperti Tanah Air – The Journey, Ubud dan masih banyak lagi. Bahkan dalam pembuatannya, ketiga wanita ini melibatkan para perajin tradisional yang masih menciptakan perhiasan dengan menggunakan alat-alat sederhana. 

Melakukan Tradisi Tedak Siten untuk Sang Anak 

Tedak Siten via instagram/mamiehardo

Tak hanya dengan kegiatan sosial dan juga mempunyai brand perhiasan, Franka Franklin juga menerapkan sebuah tradisi Jawa di keluarganya untuk menunjukan betapa cintanya ia dengan nusantara. Pada tahun 2018 lalu, ia bersama Nadiem Makarim melakukan tradisi Tedak Siten atau upacara turun tanah untuk putri kecilnya, Solara Franklin Makarim. 

Dihadiri orang tua Nadiem dan Franka serta para keluarga dekat, upacara berlangsung sangat khidmat. Solara yang sangat menggemaskan menjalani serangkaian ritual. Seperti injak beras ketan, naik undakan dan memilih mainan yang disediakan. 

Menggunakan Anting Tanah Air Saat Pelantikan Menteri 

Franka Frankin saat menemani Nadiem Makarim via twitter/toetptyas

Pada saat pelantikan menteri tahun 2019 – 2024, Franka Franklin cukup menarik perhatian banyak pihak. Salah satunya anting-anting yang digunakan olehnya. Anting itu dipahat hingga membentuk kata Tanah Air dengan huruf kapital. Di bagian bawah terdapat hiasan berbentuk bulatan warna putih. Aksesoris ini pun semakin mempercantik penampilan Franka Franklin yang menggunakan kebaya putih dengan rambut digelung kecil. 

Anting Tanah Air via instagram/ferryfahrizal

Anting tersebut merupakan perhiasan lokal karya Tulola Jewelry yang dimilikinya bersama kedua temannya. Anting Tanah Air itu termasuk bagian dari koleksi Nusantara yang diluncurkan dalam pameran bertajuk ‘Perjalanan, Kenangan’ di Jakarta Selatan pada Agustus 2019.

Keempat hal di atas merupakan bukti bahwa Franka Franklin sangat cinta dengan Indonesia. Bahkan, ia sampai mengenakan anting bertuliskan Tanah Air saat sang suami dilantik menjadi menteri. Jadi, tak ada alasan untuk kita tidak mencintai Indonesia, karena Ibu Menteri saja sudah memberikan banyak contoh kepada masyarakat.  Next

ramadan

Hostel di Uluwatu Nggak Sampe 100 Ribuan, Udah Bisa Berenang

Jalan menuju Taman Nasional Baluran

Jalan Taman Baluran Makin Oke, Akses Dua Jam Jadi 45 Menit