in , ,

Jalan Taman Baluran Makin Oke, Akses Dua Jam Jadi 45 Menit

Akses Menuju Taman Nasional Baluran Jadi Makin Cepat dan Mudah

Jalan menuju Taman Nasional Baluran
Jalan menuju Taman Nasional Baluran (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa di antara Teman Traveler yang pernah menyambangi Taman Nasional Baluran. Jika pernah datang ke sini, tentu masih ingat bahwa aksesnya cukup sulit, dengan medan yang tak terlalu mulus. Namun untungnya, jalan Taman Baluran belakangan ini semakin oke.

Baca juga : Eksotisme Kawah Nirwana Suoh, Keindahannya Mirip Yellowstone Amerika

Sebagian permukaannya sudah diaspal halus. Teman Traveler pun tak perlu lagi buang waktu berjam-jam di jalan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya soal jalan Taman Baluran berikut ini.

Dikenal Punya Medan Sulit

jalan taman baluran
Pintu masuk kawasan Taman Nasional (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yang sering mondar-mandir ke Taman Nasional Baluran? Kawasan berjuluk Africa van Java ini sebelumnya dikenal memiliki medan sulit. Jalanan di sekitarnya banyak dipenuhi bebatuan. Kendaraan jadi hanya bisa melaju pelan di sini. Perjalanan menuju Savana Bekol saja bakal memakan waktu sekitar dua jam.

Suasananya benar-benar masih seperti di alam liar, apalagi jika Teman Traveler datang di musim kemarau. Pandangan kalian bakal sedikit terganggu debu beterbangan, yang tentunya bakal semakin memperlambat perjalanan.

Namun kini semuanya berbeda Teman Traveler, akses menuju taman nasional di Perbatasan Banyuwangi – Situbondo ini sudah dipermudah. Kalian pun tak perlu bersusah-susah untuk mengunjungi kawasan cantik di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih ini.

Semuanya Sudah Diaspal Mulus

img_20190727133133_5oJ.jpg
Jalanan kini mudah dilewati kendaran roda dua (c) Rosita/Travelingyuk

Hampir semua medan berat menuju Baluran kini sudah diaspal mulus. Tak ada lagi jalur berbatu yang bercampur dengan tanah. Akses menuju kawasan Taman Nasional sudah berubah total. Teman Traveler akan langsung disambut jalan beraspal mulus, dari pintu gerbang hingga Pantai Bama. Kini perjalanan menuju tempat wisata bakal jadi lebih singkat dan praktis.

Proses pengaspalan di kawasan ini baru benar-benar rampung pada awal Desember 2018. Dari gerbang Taman Nasional hingga kawasan Batangan, menuju ke Savana Bekol sejauh 12 km, jalannya benar-benar mulus.

Sama halnya dengan kondisi jalan dari savana menuju Pantai Bama. Jalan sejauh 3,5 km ini juga sudah halus. Sangat mudah dilalui kendaraan roda empat maupun dua.

Teman Traveler yang sudah pernah mampir ke Taman Nasional Baluran sebelumnya pasti akan merasakan perbedaan signifikan.

Mempermudah Wisatawan

img_20190727153921_dwj.jpg
Jalan menuju Pantai Bama juga sudah diaspal (c) Rosita/Travelingyuk

Kini medan sulit bukan lagi alasan untuk tidak mengunjungi Baluran. Para wisatawan bakal semakin mudah mampir ke sini.

Waktu tempuh juga menjadi lebih singkat. Ketika belum beraspal, dari
gerbang Taman Nasional menuju Savana Bekol membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam. Namun saat ini, jarak yang sama bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit.

Perbaikan jalan kabarnya juga berdampak signifikan pada jumlah kunjungan wisatawan. Sejak proses pengaspalan rampung, wisatawan yang mampir ke sini semakin banyak. Begitu pula dengan para pemburu foto di spot Savana Bekol. Mereka semua kini bisa mewujudkan keinginan berburu gambar dengan lebih mudah.

jalan taman baluran
Tak butuh waktu lama untuk berkunjung ke sini (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai jalan Taman Baluran. Dulunya dikenal punya medan sulit, kini semua telah diaspal halus dan mulus. Jadi tunggu apalagi Teman Traveler, segera wujudkan rencana liburan ke Banyuwangi dan jangan lupa sempatkan untuk mampir ke sini. Next

ramadan

4 Bukti Franka Franklin Cinta Indonesia, Salah Satunya Pakai Anting Tanah Air

Pesona alami Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung, Salah Satu Tertinggi di Bali Lho