in , ,

Goa Jepang, Sebuah Potensi Wisata Yang Terlupakan Di Kabupaten Pasuruan

Ada banyak goa tersembunyi di sini

Kabupaten Pasuruan ternyata punya wisata menarik yang jarang diketahui banyak orang. Adalah Goa Jepang yang merupakan hasil kerja romusha penduduk setempat pada masa penjajahan. Nah, penasaran dengan tempat wisata bersejarah ini? Yuk kita jelajahi.

Baca juga : Nirwana Tersembunyi di Belitung, Serasa Kolam Pribadi di Alam Bebas

1. Lokasi Tempat Wisata

goa jepang
Bagian depan tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Goa ini berlokasi di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Tempat wisata ini sangat mudah ditemukan, karena berada di tepi jalan utama dari arah Gempol menuju Mojosari – Mojokerto. Kalau Teman Traveler kesulitan, bisa tanya warga setempat untuk lokasinya.

2. Keadaan Sudah Tak Terawat

goa jepang
Salah satu spot tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ditemukan dan mulai dikembangkan menjadi tujuan wisata di tahun 2014 – 2016, ternyata keberadaan goa ini tidak mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Pasuruan. Itu terbukti dari kondisinya yang sangat tidak terawat. Walaupun begitu, Teman Traveler akan tetap mendapati sisa-sisa usaha komunitas penemu dan juga warga sekitar untuk menjadikan tempat ini dikenal banyak orang. Seperti beberapa tulisan dan pernak-pernik.

3. Ada Spot Selfie dari Barang Bekas

goa jepang
Spot selfie (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Satu hal menarik lagi yang ada di area destinasi Goa Jepang ini adalah adanya beberapa spot selfie. Spot ini pun sangat unik, karena semua alat penunjangnya terbuat dari barang bekas. Contohnya rangkaian botol minuman kemasan yang dibentuk menyerupai hati dan dicat berwarna-warni. Selain itu ada beberapa ban bekas yang juga dimanfaatkan sebagai hiasan.

4. Hanya 5 dari 12 Goa yang Bisa Diakses Pengunjung

lrm_export_20190809_171014_OSH.jpg
Goa 1 (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler akan menemukan 12 goa. Namun, dari semuanya, hanya lima goa yang dapat diakses pengunjung. Ini karena 7 buah goa lainnya susah di akses, karena medan yang sangat terjal dan juga ditumbuhi banyak sekali tanaman liar. Bahkan, beberapa di antaranya pintu goanya sudah tertutup pasir.

lrm_export_20190809_171040_Zkm.jpg
Goa 2 (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Destinasi Goa Jepang ini memang sudah tidak terawat. Seandainya pemerintah mau sedikit memberikan support pada warga sekitar untuk mengelolanya, pasti destinasi yang mempunyai nilai sejarah ini akan banyak menarik minat pengunjung. Jadi untuk kalian yang sedang ada di Kabupaten Pasuruan, mungkin bisa mampir tempat ini dan mulai memperkenalkan kepada orang lain. Next

ramadan
Berfoto di Lembah Tumpang Resort

Lembah Tumpang Resort, Unik dengan Seribu Patung

Mountain Merch Co., Belanja dan Seruput Kopi dalam Satu Tempat