in ,

4 Goa Terdalam di Indonesia, Melihat Indahnya Perut Bumi yang Tak Terjamah

Bagi yang suka tantang adrenalin, wajib merapat!

Seperti yang kita tahu selama ini, kalau goa selalu memiliki bentuk memanjang. Namun ternyata, ada beberapa goa yang berbentuk secara vertikal layaknya lubang raksasa. Menariknya, di nusantara ada sejumlah goa yang memiliki bentuk seperti itu dan membuat orang-orang tertarik untuk menyusuri kedalamannya. Maka dari itu, kali ini Travelingyuk akan mengulas tentang goa terdalam di Indonesia. Penasaran? Yuk kita jelajah satu persatu. 

Baca juga : 5 Resort dengan Outdoor Cinema yang Bikin Ternganga, Dua Ada di Indonesia Lho!

1.Goa Buniayu, Sukabumi 

goa terdalam di indonesia
Goa Buniayu via instagram/yusup_nabilisi_utuk

Goa terdalam pertama adalah Buniayu yang berlokasi di Desa Ketaangsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat. Goa satu ini memiliki kedalaman sekitar 30 meter yang mampu membuat penasaran para penantang adrenalin. Tapi, kalau kalian sudah masuk ke dalamnya, dijamin tidak akan rugi. Ini karena di dalamnya terdapat 80 goa besar dan ribuan goa kecil yang bisa ditelusuri.  

2. Luweng Ombo, Pacitan 

goa terdalam di indonesia
Luweng Ombo via instagram/mokund

Selanjutnya ada Luweng Ombo yang memiliki kedalaman sekitar 120 meter. Terletak di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, goa ini ternyata tidak bisa dilalui sembarang orang. Karena trek yang ada di dalam goa cukup licin, dipenuhi oleh bebatuan besar dan juga lumut. Oleh karenanya, hanya orang-orang khusus yang berkompeten dan didukung peralatan khusus yang diperbolehkan masuk goa ini. Tentunya juga harus dengan izin dari instansi terkait. 

3.Leang Pute, Maros  

Leang Pute via instagram/devincahya

Bagi kalian yang suka menyusuri goa ekstrem, Leang Pute bisa jadi pilihan. Terletak di Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, goa ini memiliki kedalaman sekitar 270 meter. Apabila kalian ingin menyusurinya, disarankan menggunakan pemandu profesional, karena trek di dalamnya tidak mudah untuk dilalui. Bahkan, untuk mencapai dasarnya saja, Teman Traveler membutuhkan waktu sekitar satu jam. 

4. Goa Hatusaka, Maluku Tengah 

Bagian atas Goa Hatusaka via instagram/tnmanusela

Terakhir, ada Goa Hatusaka yang mempunyai predikat terdalam di Indonesia. Berdasarkan hasil pengukuran terkini, kedalaman Goa Hatusaka mencapai 424 meter, dengan luas mencapai 90 meter x 62 meter serta memiliki tinggi 180 meter. Saking dalamnya, kumpulan kabut yang berada di leher goa pun bisa terlihat. Kalau kalian ingin melihatnya, bisa langsung datang ke Taman Nasional Manusela, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku.  

Bagian dalam Goa Hatusaka via instagram/tnmanusela

Itulah beberapa goa yang berpredikat terdalam di Indonesia. Mulai dari 30 sampai 424 meter. Bagi Teman Traveler yang suka wisata tantangan, wajib banget menjajal goa-goa ini. Bisa dipastikan, kalian akan mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan. 
Next

ramadan
Hotel Bersejarah Terbaik Indonesia

5 Hotel Bersejarah Terbaik di Indonesia 2019, Indah Mewah Sarat Kisah

Habiskan Akhir Tahun di Jogja, Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Wisata Hits dan Instagramable Ini