in , ,

Kuliner Khas Cirebon, Lezat Dinikmati Sebagai Menu Makan Malam

fi kuliner khas cirebon

Menikmati lezatnya sajian berkuah atau Sate Kalong yang menggugah selera, sebagai menu makan malam adalah ide menarik untuk Teman Traveler nih! Berikut ini ada daftar kuliner khas Cirebon dengan cita rasa nikmat, yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Exploring Most Popular Lakes in South Sulawesi

1. Empal Gentong Bu Darma

empal gentong bu darma
Ilustrasi via instagram cireboninfo_cireboninfo

Pertama ada Empal Gentong makanan khas Cirebon satu ini yang paling populer dikenal seluruh nusantara. Berbahan dasar kaldu sapi, santan, kunyit, lada, jintan, dan rempah-rempah lainnya lalu dimasak menggunakan gentong tanah liat. Dihidangkan dengan taburan kucai dan bawang goreng. Kuah hangat, menyegarkan dan gurihnya sangat cocok sebagai menu makan malam apalagi saat cuaca dingin.

Rekomendasi tempat kulinernya ada Empal Gentong Bu Darma berlokasi di Jalan P. Diponegoro No.21, Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Harga satu porsinya Rp 25.000, harga dapat berubah sewaktu-waktu. Jam operasional pukul 07.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

2. Nasi Jamblang Ibad Otoy

nasi jamblang ibad otoy
Ilustrasi via instagram eunike_fooddiary

Kemudian ada Nasi Jamblang, sekilas mirip nasi kucing tetapi berbeda sebab dibungkus dengan daun jati yang menjadi ciri khasnya. Sebagai pendamping disajikan 30 aneka lauk pauk seperti tempe, tahu, telur, jengkol, udang, balakutak, gulai ati ampela dan lainnya. Lalu untuk pelengkapnya ada pilihan sambal goreng dan sambal terasi. Sangat mengenyangkan bisa sebagai menu sarapan hingga makan malam.

Teman Traveler bisa mencoba Nasi Jamblang Ibad Otoy, harga menunya dibanderol mulai Rp 2.000 sampai Rp 45.000. Berlokasi di Jalan DR. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jam operasional warung pukul 07.00-23.30 WIB, buka setiap hari Selasa-Minggu.

3. Mie Koclok Cirebon Panjunan

mie koclok panjunan
Ilustrasi via instagram mahasiswakulineran

Selanjutnya menu yang cocok untuk makan malam adalah Mie Koclok sajian berkuah berbahan dasar mie kuning, kaldu ayam, dan santan ditambah rasa merica. Lalu diberi telur rebus serta daun seledri, kuahnya sangat hangat dan segar, cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

Rekomendasi tempat kulinernya ada Mie Koclok Cirebon Panjunan sudah ada sejak 1960an cita rasanya sangat legendaris. Satu porsi dibanderol Rp 20.000 saja, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Berlokasi di Jalan Pekarungan No.104, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jam operasional warung pukul 15.30-22.00 WIB, buka setiap hari.

4. Sate Kalong Drajat

sate kalong drajat
Ilustrasi via instagram tukangjajanid

Menu makan malam berikutnya ada Sate Kalong, bukan karena menggunakan daging kelelawar tetapi dijualnya hanya saat malam sampai pagi hari, persis seperti kalong berkeliaran. Berbahan dasar daging sapi atau kerbau yang sudah direbus hingga empuk lalu diberi bumbu rahasia dan dicelupkan ke dalam larutan gula merah kemudian dibakar. Cita rasanya mirip dengan daging dendeng, gurih serta manis.

Teman Traveler dapat mencobanya pada kedai Sate Kalong Drajat, satu porsinya Rp 17.000 saja, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Berlokasi di Jalan Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jam operasional pukul 19.00-23.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar kuliner khas Cirebon untuk menu makan malam Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi gua dgn kolam alami

Gua Dengan Kolam Alami di Indonesia, Kesegaran Sumber Air Murni

fi wisata jateng jatim akan dibuka kembali

Tempat Wisata Jawa Tengah dan Jawa Timur Akan Dibuka Kembali, Berikut Daftarnya