in ,

Gudeg Bromo Bu Tekluk di Jogja, Legenda Kuliner Malam Sejak 1984

Legenda Kuliner Malam Jogja, Gudeg Bromo Bu Tekluk

via Instagram/jogjafood
via Instagram/jogjafood

Gudeg sudah sedari lama menjadi ikon kuliner kota Jogja. Maka dari itulah, banyak bertebaran penjual kuliner ini di berbagai tempat. Mulai dari yang di pinggir jalan, sampai restoran bintang lima. Dari sekian banyak yang populer, ada Gudeg Pawon dan Gudeg Yu Djum yang begitu menojol. Ada juga tempat lainnya yang tidak kalah populer, namanya adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk yang jual di tengah malam hingga subuh menjelang. Seenak apa, sih?

Baca juga : Jajan Serabi di Jogja, Cita Rasa Manis Legit yang Bikin Tertarik

Kuliner Legendaris Sudah Sejak 1984

Gudeg Bromo Bu Tekluk, via Instagram/injogjafood
Gudeg Bromo Bu Tekluk, via Instagram/injogjafood

Kuliner Bu Tekluk ini menjadi terkenal bukan proses yang singkat. Sudah dimulai sejak tahun 1984 yang lalu. Nama aslinya adalah Gudeg Bromo, namun oleh para pengunjungnya disebut dengan Gudeg Bu Tekluk. Perintis usaha kuliner ini aslinya bernama Bu Sumijo.

Ternyata penamaan ini bukan sembarangan. Kata ‘tekluk’ sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti terkantuk-kantuk sampai kepalanya tidak sengaja tertunduk. Dan maklum saja, lantaran berjualan di malam hari, penjulanya seringkali tertangkap basah sedang terkantuk-kantuk kala melayani para pembeli.

Kuliner Tengah Malam yang Selalu Laris Manis

Kuliner tengah malam jogja, via Instagram/jogjafood
Kuliner tengah malam jogja, via Instagram/jogjafood

Meskipun bejualan di tengah malam, tidak menyurutkan niat para pembeli untuk mencicipi gudeg di sini. Awalnya memang tempat ini kerap jadi jujukan mahasiswa selepas lembur mengerjalan tugasnya. Lambat laun, tempat makan ini menjadi salah satu jujukan utama buat mereka yang kelaparan saat tengah malam mendera. Tentunya ini bisa menjadi altenatif Teman Traveler yang mencari kuliner malam saat berada di Jogja ya. Jam bukanya, mulai dari 23:00 hingga 05:00 WIB.

Beragam pilihan lauk ditawarkan, via Instagram/williammasura
Beragam pilihan lauk ditawarkan, via Instagram/williammasura

Menu utama yang ditawarkan di sini adalah gudeg basah. Satu porsi gudeg basah akan ditemani dengan beragam lauk yang nikmat. Mulai dari telur bacem, tempe, tahu, ayam suwir, sampai dengan daging ayam. Biasanya akan ikut cabai utuh ke dalam piring, buat kamu pecinta pedas ini merupakan kenimatan tersendiri ya.

Alamat Gudeg Bromo Bu Tekluk

Rekomendasi yang istimewa, via Instagram/foodgram_yk
Rekomendasi yang istimewa, via Instagram/foodgram_yk

Gudeg Bromo Bu Tekluk berlokasi di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, di seberang Ciao Gelato. Dari pusat kota, tempat ini hanya memiliki jarak 5 kilometer saja. Jam bukannya memang pukul 23:00 WIB, namun jam 22:00 orang-orang sudah mulai antri. Sementara itu untuk harganya, mulai dari Rp20.000-an tergantung pada jenis lauk yang diambil.

Membuat nafsu makan menjingkat, via Instagram/streetfoodstories
Membuat nafsu makan menjingkat, via Instagram/streetfoodstories

Tentu saja Gudeg Bromo Bu Tekluk ini menambah daftar rekomendasi kuliner khas Jogja yang bisa dikunjungi. Semoga kamu berkesempatan untuk mencicipi kenikmatan gudeg di sini ya. Next

ramadan
Bromo Cottages

Bromo Cottage Pasuruan Punya Fasilitas Lift yang Turun di Tengah Bukit, Penasaran?

Sepatu Mahal Diinjak, Penumpang Bikin Keributan di Pesawat Hingga Diturunkan Paksa