in , ,

Gudeg Koyor Mas Jede, Lezatnya Kuliner Khas Jogja dengan Paduan Urat Sapi

Gudeg Koyor Mas Jede, Sajjian Istimewa dengan Variasi Unik di Sleman

Gudeg Koyor Mas Jede
Gudeg Koyor Mas Jede

Selain dikenal sebagai Kota Budaya, Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Gudeg. Meski banyak macam kuliner yang bisa dijumpai di provinsi ini, namun gudeg menjadi salah satu primadona bagi traveler. Menariknya, kini makin banyak variasinya, seperti Gudeg Geprek. Selain itu, ada gudeg koyor Mas Jede yang bisa dicoba saat singgah di Sleman. Seperti apa cita rasa yang ditawarkan? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Baca juga : Sabana Puncak Pilar, Wisata Baru Sukabumi yang Cetar

Warung Gudeg Pagi Hingga Malam

Beralamat di Jalan Seturan Raya (Annissa Saputri)
Beralamat di Jalan Seturan Raya (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung gudeg Mas Jede beralamat di Jalan Seturan Raya No.27B, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Bagi Teman Traveler yang kebetulan landing di Bandara Adisutjipto, Gudeg Koyor Mas Jede bisa jadi alternatif tempat untuk sarapan hingga makan malam. Pasalnya, warung buka setiap hari dari jam 07.00 hingga pukul 01.00 WIB. Dari Bandara Adisutjipto hanya memerlukan waktu 10 menit dengan mengarahkan kendaraan melewati Jalan Ringroad Utara, kemudian belok kiri mengambil Jalan Seturan Raya.

Gudeg spesial koyor ala Mas Jede (Annissa Saputri)
Gudeg spesial koyor ala Mas Jede (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Dengan banner nama yang cukup besar dengan warna hijau, Gudeg Koyor Mas Jede cukup mudah untuk ditemukan. Di depan warung berjejer panci-panci dengan isian gudeg dan pilihan lauk yang beragam. Kursi dan meja tertata di sisi selatan, sedangkan tempat duduk lesehan di sebelah utara. Selain menawarkan kuliner yang nikmat, pengunjung akan dibikin betah karena fasilitas free WiFi yang diberikan.

Koyor Sapi yang Menggoyang Lidah

Koyor sapi yang empuk dan gurih (Annissa Saputri)
Koyor sapi yang empuk dan gurih (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Sesuai namanya, Gudeg Koyor Mas Jede memadukan sesuatu yang beda pada gudegnya yakni koyor. Yap, urat sapi yang memiliki tekstur kenyal seperti kikil. Di sini, koyor diolah hingga teksturnya empuk tanpa perlawanan ketika digigit. Porsinya juga melimpah dengan kuah areh di atasnya. Bisa dibayangkan kelezatannya, bukan?

Gudeg Spesial Koyor, Rasa Nendang

Gudeg koyor Mas Jede (Annissa Saputri)
Gudeg koyor Mas Jede (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Gudeg biasanya disajikan lengkap bersama dengan nasi putih, sambal krecek, dan sayur singkong. Namun di sini makin lengkap dengan koyor sapi. Untuk satu porsi dibanderol dengan harga Rp22.000. Porsi yang disajikan pun terbilang cukup besar dan bakal membuat perut kenyang.

Gudeg dan koyornya bikin nagih (Annissa Saputri)
Gudeg dan koyornya bikin nagih (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Gudegnya berjenis kering sedikit basah dengan areh di atasnya yang tentu saja memiliki rasa manis. Cita rasa sambal krecek didominasi rasa pedas yang membuat rasa menjadi lebih lengkap. Untuk koyor sapinya tak perlu diragukan lagi. Apalagi ketika sudah bercampur dengan gudeg dan krecek.

Lauk Pelengkap yang Menggiurkan

Lauk gudeg yang banyak pilihan (Annissa Saputri)
Lauk gudeg yang banyak pilihan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang tidak menyukai koyor, bisa juga untuk memadukan lauk yang lain. Ada banyak jenisnya, seperti ayam hingga jengkol. Mungkin pelengkap seperti ayam, telur, tahu, dan tempe sudah biasa, namun pelengkap seperti kikil, pete, dan jengkol terbilang unik. Bisa dicoba nih untuk mendapatkan sensasi unik ketika menyantap gudeg. Aneka lauk yang ditawarkan memiliki harga yang bervariasi dengan harga mulai Rp1.000 saja.

Gudegnya juara (Annissa Saputri)
Gudegnya juara (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ketika ke Yogyakarta jangan lewatkan untuk mampir ke Gudeg Koyor Mas Jede ya! Dijamin koyornya nagih dan cocok disantap dengan gudegnya yang manis. Jangan takut soal rasa, karena sudah terbukti enak. Ajak teman serta keluarga, dan selamat mencoba kuliner Jogja satu ini ya, Teman Traveler! Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Gedung Sate

Keliling Kota Kembang Seharian, Ini Wisata Bandung Murah Meriah

Villa dengan pemandangan Gungun Agung

Deretan Villa dengan Pemandangan Gunung Agung, Pesonanya Bikin Geleng-Geleng