in ,

Gulai Sapi Tugu Pak Samin yang Melegenda, Nikmat Meski Tanpa Santan

Gulai Sapi Tugu Pak Samin yang Enak Meskipun Tanpa Tambahan Santan di Dalamnya

via Instagram/jogjabikinlaper
via Instagram/jogjabikinlaper

Ragam kuliner Jogja memang menjadi salah satu daya tarik utama. Apalagi kalau bukan karena enak dengan harga murah meriah. Ada banyak pilihan tempat yang bisa dipilih, salah satunya adalah Gulai Sapi Tugu Pak Samin. Tempat makan ini sudah sangat populer, legendaris serta menyuguhkan menu kuliner yang bikin lidah bergoyang. Yuk, lihat lebih dekat.

Baca juga : 7 Rahasia di Balik Hotel Majapahit Surabaya, Cagar Budaya yang Tak Berubah Selama Ratusan Tahun

Gulai Sapi Tugu Pak Samin Sudah Ada Sejak Tahun 1968

Gulai tanpa santan, via Instagram/brojajan
Gulai tanpa santan, via Instagram/brojajan

Bisnis kuliner ini dirintis oleh Samin bersama dengan istrinya mulai dari 1968. Ternyata, dahulu Samin dan istrinya tidak hanya menjual gulai, ada juga menu ramesan dengan pilihan lauk yang beragam.

Lantaran keterbatasan tenaga yang tidak sebanding dengan banyaknya pelanggan yang datang memesan gulai, akhirnya di awal 1990-an mereka menjadikan gulai sebagai satu-satunya menu yang dijual.

Gulai Unik Nan Menyegarkan Tanpa Tambahan Santan

Kuliner legendaris, via Instagram/javafoodie
Kuliner legendaris, via Instagram/javafoodie

Jika membayangkan yang namanya gulai, kurang lebih yang ada di dalam benak kita adalah kuah kentalnya yang terbuat dari santan. Namun ternyata tidak dengan di tempat makan Jogja ini. Seporsi gulai daging memiliki kuah yang encer tanpa adanya santan kekuningan seperti biasanya. Ternyata sangat enak!

Daging yang banyak, via Instagram/voilajogja
Daging yang banyak, via Instagram/voilajogja

Tidak menggunakan santan namun citarasanya begitu nikmat dan gurih dengan tambahan bumbu-bumbu rempah yang begitu terasa. Tanpa santan, kuahnya disajikan dalam bentuk panas dan menghangatkan saat disantap pada malam hari. Kenikmatan lainnya adalah dagingnya yang begitu empuk, tidak terlalu banyak lemak yang menempel.

Gulai Sapi Pak Samin yang enak, via Instagram/jogjabikinlaper
Gulai Sapi Pak Samin yang enak, via Instagram/jogjabikinlaper

Pilihan gulainya ada dua macam, yakni campur dan pisah.  Beda penyajian, namun keduanya menawarkan daging dalam jumlah yang cukup melimpah. Ditambah dengan potongan kubis, sambal, kecap, dan cabai untuk lalap, akan membuat makan jadi kalap.

Alamat Gulai Sapi Tugu Pak Samin yang Strategis

Hangat-hangat mantap, via Instagram/kuljog
Hangat-hangat mantap, via Instagram/kuljog

Tidak hanya citarasanya yang membuat orang-orang berdatangan, tempatnya juga begitu strategis. Lokasinya berada di pojokan Tugu Pal Putih Jogja yang berada di empan toko peralatan tulis ‘Murah’. Meskipun tempatnya begitu sederhana, memanfaatkan gerobak dan tikar, tak menyurutkan para pembeli untuk berdatangan. Buka setiap hari, mulai dari jam 20:30 hingga 02:00 WIB. Satu porsi gulai di sini hanya Rp10.000. Sangat terjangkau bukan?

Buat Teman Traveler yang berada di sekitaran Tugu Jogja dan sedang kelaparan, Gulai Sapi Pak Samin ini bisa banget untuk didatangi. Boleh begitu? Next

ramadan
Tempat menginap murah dekat stasiun Bandung

Traveling Hemat di Kota Kembang, Ini Tempat Menginap Murah dekat Stasiun Bandung, Cuma 100 Ribuan

Kebun Bunga Hananomiyako, Suguhkan Pemandangan Gunung Fuji di Segala Musim