in ,

Viral Merbabu Padat Merayap oleh Pendaki, Ini Alternatif Gunung Lainnya di Jawa Tengah yang Tetap Buka

Inilah Gunung di Jawa Tengah yang Bisa Didaki, Alternatf Merbabu

Pilihan Gunung di Jawa Tengah
Pilihan Gunung di Jawa Tengah

Merbabu di Jawa Tengah memang menjadi salah satu gunung yang banyak dikunjungi kala musim liburan tiba, terutama kala kemarau. Seperti yang viral Senin (22/4/2019), akun Instagram @mountnesia dan @natgeoindonesia, Gunung Merbabu padat merayap dengan para pendaki. Tentu saja ini cukup mengancam kenyamanan dan kelestarian alam.

Baca juga : Wisata Kabupaten Cirebon, Eksplorasi Keelokan Alam yang Menyejukkan Mata

Buat kamu yang ingi mendaki Merbabu namun takut kalau pengunjungnya membludak, ada alternatif gunung di Jawa Tengah lainnya lho Teman Traveler. Tidak kalah cantik dengan Merbabu, inilah daftarnya.

Gunung Andong

Gunung Andong, via Instagram/zahrulsilmi
Gunung Andong, via Instagram/zahrulsilmi

Gunung Andong berada di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan cocok buat kamu para pendaki pemula. Jarak tempuhnya hanya sekitaran dua jam. Saat berada di Gunung Andong, kamu akan mendapatkan panorama yang begitu istimewa, bisa menyaksikkan Gunung Sumbing, Ungaran, Telomoyo, dan lain-lain hanya dengan memutar badan saja.

Selain ramah untuk pendaki pemua, saat di puncak Teman Traveler masih bisa internetan lho. Bahkan, dari jalur pendakian sampai di puncak kamu bisa bermain sosial media. Malahan, saat di puncak makin kencang saja. Jadi, kamu bisa langsung mengunggah berbagai pengalaman seru saat mendaki Gunung Andong ini.

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran, via Instagram/anggaaaaar
Gunung Ungaran, via Instagram/anggaaaaar

Destinasi lainya adalah Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl. Ini juga merupakan gunung yang ramah untuk pemula ya. Lokasinya berada di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Ada 3 jalur pendakian yang bisa kamu lalui, yakni lewat Gedong Songo, Jimbaran dan Promasan. Salah satu yang jadi favorit para pendaki adalah jalur Jimbaran.

Gunung Ungaran memiliki 3 puncak, yakni Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran. Di sekitaran puncak ada area untuk camp. Dari puncaknya, Teman Traveler bisa menyaksikkan banyak panorama istimewa. Mulai dari keindahan kota Semarang dan gunung-gunung di sekitarnya. Meskipun tidak terlalu tinggi, selalu persiapkan fisik ya.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro, via Instagram/aamrynt
Gunung Sindoro, via Instagram/aamrynt

Rekomendasi selanjutnya adalah Gunung Sindoro yang termasuk salah satu yang tinggi. Gunung Sindoroo ini beradaa di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tingginya mencapai 3.153 mdpl. Saat berada di puncak, kamu akan menyaksikkan area yang cukup luas, bahkan bisa untuk bermain bola.

Karena memiliki puncak yang cukup luas inilah, banyak pendaki menjadikan lokasi ini sebagai spot favorit untuk camping. Ada dua jalur pendakian populer untuk mencapai puncak Gunung Sindoro, yakni lewat Kledung dan Sikatok. Sebagai informasi, suhu di puncaknya cukup ekstrem, kamu perlu pakaian hangat yang nyaman ya.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing, via Instagram/mindahkrt
Gunung Sumbing, via Instagram/mindahkrt

Sumbing merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah. Lantaran memiliki ketinggian yang tidak main-main, tentunya perlu persiapan yang sangat matang untuk mencapai ke puncaknya. Gunung Sumbing memiliki dua puncak, yakni Puncak Buntu dengan ketinggan 3.362 mdpl dan Puncak Sejati di ketinggian 3.371.

Ada tiga jalur populer untuk mencapai puncak Gunung Sumbing, lewata Garung Wonosobo, Bowongso Wonosobo dan Cepit Parakan di Temanggung. Semenatara untuk jalur yang paling populer adalah Garung. Dan jika ingin sepi bisa lewat Bowongso ya.

Gunung Merbabu memang memiliki daya tarik yang sangat menggoda untuk didaki. Namun saat sedang padat-padatnya pengunjung seperti sekarang ini, ada baiknya memilih alternatif lain yang lebih sepi. Supaya aman dan lingkungan tetap terjaga. Next

ramadan

Mau Liburan Dibayar? Cukup Lakukan Hal Ini untuk Wujudkan Impianmu!

v

Sate Modern Jogja, Asyiknya Bakar Sendiri ala Korea