in , ,

Mendaki Gunung Prau, Wujud Pesona Dataran Tinggi Dieng

Mendaki Gunung Prau Merupakan Pengalaman Tak Terlupakan

Gunung Prau (c) Muhamad Zayl Travelingyuk
Gunung Prau (c) Muhamad Zayl Travelingyuk

Kawasan Dataran Tinggi Dieng menyimpan pesona wisata alam yang bikin banyak pelancong datang, salah satunya adalah Gunung Prau. Bagi Teman Traveler pecinta alam, paling tidak harus mendaki gunung ini walau hanya sekali seumur hidup. Apa saja yang harus kamu ketahui tentang kawasan ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga : Menyimak Sejarah Ketupat, Makanan Khas Lebaran Indonesia

Sepintas Tentang Gunung Prau

Gunung Prau Dieng
Panorama yang apik khas Gunung Prau (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.565 Mdpl. Prau merupakan titik tertinggi di area ini sekaligus gunung terdekat dengan Dieng. Destinasi wisata alam ini juga termasuk gunung dengan jumlah jalur pendakian terbanyak yaitu 6.

Di antaranya Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon (Dwarawati), Campurejo, dan Wates. Jalur yang paling populer dari keenamnya adalah Patak Banteng. Dari sini Teman Traveler akan lebih cepat sampai ke basecamp sebab jaraknya cukup dekat dari sini.

Gunung Sejuta Umat

Gunung Prau Dieng
Gunung Prau Dataran Tinggi Dieng (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Dengan ketinggian yang dimiliki Gunung Prau, tempat ini termasuk cocok bagi pendaki pemula. Membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk bisa sampai ke puncak. Berkat hal tersebut, tidak heran bila destinasi ini paling sering dikunjuni apalagi saat musim libur tiba dan cuaca sedang bersahabat. Salah satu spot teramai adalah camping ground Bukit Teletubbies.

d0a8c247_a2b2_449f_86ff_bb162ce5a4fa_I4f.jpeg
Camping Ground Prau (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Sunrise Terbaik di Dunia

Gunung Prau Dieng
Panorama Sunrise (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk
263889d3_2394_4035_be5a_87a12af5cf8a_OgG.jpeg
Golden Sunrise (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Tak lengkap rasanya jika mendaki gunung tanpa menikmati golden sunrise. Nah, saat berada di Gunung Prau jangan sampai lewatkan momen spesial ini. Apalagi saat matahari terbit, Teman Traveler dapat menyaksikan bias cahanya berlatar Gunung Sumbing, Sindoro, dan Kembang.

Keunikan di Gunung Prau

6bed3e43_f33d_46bd_bbfb_1aca194331bb_YjE.jpeg
Panorama gunung (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Prau juga sering menjadi langganan para pecinta fotografi karena gunung ini juga sangat instagenic dan mampu menghasilkan foto terbaik dari sudut manapun. Keunikan lain dari kawasan ini adalah hawanya yang 3 kali lipat lebih dingin dari gunung lain. Sehingga terkadang dapat melihat fenomena kristal es atau disebut embun upas.

Masih ada lagi alasan kenapa kalian harus singgah ke sini. Bila cuaca sedang cerah ada enam gunung yang bisa dilihat langsung ketika menghadap arah timur, yaitu Sindoro, Sumbing, Kembang, Merapi, Merbabu, dan Gunung Lawu.

Gunung Prau Dieng
Sepanjang jalur bukit dihiasi bunga Daisy (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Kestimewaan selanjutnya, jika kebanyakan gunung di Indonesia ditumbuhi bunga Edelweis, maka di Gunung Prau kalian akan dengan mudah menemukan bunga Daisy. Bunga Daisy melambangkan sebuah cinta dan juga lambang kesetiaan.

Mengapresiasi keelokan gunung dengan mendakinya merupakan cara yang menyenangkan. Namun, jangan sampai merusak ekosistem dan selalu taati peraturan yang berlaku. Kapan berwisata ke kawasan Dataran Tinggi Dieng? Next

ramadan

Spot Menarik di Kota Busan, Menikmati Birunya Ujung Korea Selatan

Ciputra Meninggal

Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia, Ini Warisannya untuk Pariwisata Indonesia