in ,

Gunung Tambora, Letusannya Pernah Menghebohkan Dunia

Gunung Tambora.
Gunung Tambora.

200 tahun lalu dunia pernah gelap karena letusan Gunung Tambora. Saking dahsyatnya letusan kala itu dampaknya masih terasa sampai setahun lebih. Terletak di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat, sudahkah kamu tahu fakta-fakta tentang salah satu gunung terbesar di dunia ini?

Baca juga : Berawal dari Klaten Sate Kardjan Tetap Eksis Hampir 100 Tahun

1. Kawah Terbesar

Gunung Tambora.
Gunung Tambora. [image source]
Gunung Tambora memiliki kawah terbesar di dunia selebar tujuh kilometer, dengan keliling 18 kilometer dan kedalaman 800 meter. Gunung ini memiliki keindahan alam berupa hamparan padang pasir yang ditumbuhi bunga edelweis di sepanjang bibir kawah.

2. Letusannya Jadi “Rekor Dunia”

Gunung Tambora.
Gunung Tambora. [image source]
Pada 1815 lalu gunung berapi ini meletus yang ledakannya terdengar sejauh 1.200 mil dan menyemburkan 140 miliar batu dan abu. Dilansir dari Daily Mail, dampak letusan yang dahsyat mengakibatkan gelombang laut naik dan terjadi tsunami. Lebih dari 120.000 orang tewas dan Guinness Book of World Records mencatatnya sebagai rekor dunia. Tiga kerajaan lokal di Dompu dan Bima dinyatakan hilang.

3. Tahun Tanpa Musim

Gunung Tambora.
Gunung Tambora. [image source]
Saking hebatnya letusan, dampaknya dirasakan seluruh belahan dunia. Ketika gunung meletus sore hari, langit yang begitu cerah tiba-tiba berubah menjadi gelap. Periode setelah letusan dikenal sebagai ‘tahun tanpa musim panas’. Kamu bisa membayangkan dunia gelap dan matahari tidak tampak. Ya, itu semua terjadi karena letusan Gunung Tambora.

4. Dampaknya Sampai Eropa

Gunung Tambora.
Gunung Tambora. [image source]
Sebagian besar belahan bumi utara seperti wilayah Eropa sepanjang tahun bermusim dingin karena sinar matahari tidak dapat menembus atmosfer yang diselimuti abu vulkanik dari letusan Tambora. Suhu udara yang terus menerus dingin membuat tanaman perkebunan dan pertanian gagal panen sehingga banyak orang yang menderita kelaparan, seperti di Irlandia.

5. Kini Jadi Tempat Wisata Menakjubkan

Gunung Tambora.
Gunung Tambora. [image source]
Setelah tenang, gunung yang berstatus Taman Nasional Gunung Tambora ini menjadi tempat wisata. Pengunjung bisa mendaki dan berkemah di sekitar puncak. Rencananya juga akan jadi wisata sejarah yang potensinya bisa terlihat dari sejumlah peninggalan pasca erupsi. Letusan Tambora pada 1815 mengakibatkan musnahnya peradaban. Bahkan ada tiga kerajaan lokal yang hilang. Baru-baru ini arkeolog dari Bali sedang mencari sisa-sisa peninggalan masa silam. Beberapa benda seperti piring sudah ditemukan.

Letusan gunung berapi akan membawa berkah setelahnya. Seperti halnya Gunung Tambora yang memiliki pesona alam indah dan menjadi tempat wisata. Kamu tertarik mendakinya? Next

ramadan

Akomodasi Tepi Pantai Labuan Bajo, Nyaman dan Terjangkau

Kuliner Ceker Enak

Varian Kuliner Ceker yang Enaknya Susah Dilupakan