in , ,

Helena Skybridge, Nikmati Indahnya Bantimurung dari Angkasa

Sensasi Seru Melintasi Helena Skybridge di Bantimurung

Helena Skybridge
Helena Skybridge (c) Frendi Ikhzan/Travelingyuk

Maros merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan wisata alamnya. Salah satu destinasi andalan di sini tak lain adalah Taman Nasional Bantimurung. Kawasan ini tawarkan beragam keunikan, mulai dari air terjun, gugusan karst, goa dengan stalaktit dan stalakmit, hingga Helena Skybridge yang menantang.

Baca juga : Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat di Semarang, Cita rasa Gurih Pedas Kuah Melimpah Sejak 1969

Bantimurung sejatinya juga merupakan rumah bagi 20 jenis spesies kupu-kupu dilindungi. Tak heran jika tempat ini juga dikenal dengan julukan ‘Kingdom of Butterfly’. Nah, kini ada cara baru untuk menikmati keindahan di sekitarnya, yakni dengan menyusuri Helena Skybridge. Seperti apa? Yuk, simak ulasannya.

Sensasi Melintasi Taman Kupu-Kupu

Helena Skybridge
Skybridge nampak dari bawah (c) Frendi Ikhzan/Travelingyuk

Helena Skybridge merupakan jembatan gantung yang dibangun di atas kawasan penangkaran kupu kupu. Di sini pengunjung dapat menikmati sensasi berjalan di ketinggian, sambil menikmati suguhan pemandangan Taman Nasional Bantimurung, lengkap dengan deretan tebing karstnya yang indah, serta kupu-kupu berseliweran.

Untuk menyebrangi jembatan ini, pengunjung harus mengenakan alat pengaman yang disediakan pengelola. Berswafoto diperbolehkan, tidak perlu khawatir. Jembatan ini sanggup menanggung beban hingga 10 orang dewasa sekaligus.

Tebing Karst

Helena Skybridge
Tebing Karst di sisi jembatan (c) Fredin Ikhzan/Travelingyuk

Tak bisa dipungkiri bahwa deretan tebing karst memang jadi salah satu daya tarik utama di sini. Gugusan batu alami tersebut nampak tertata rapi dan menjadi daya tarik tersendiri.

Teman Traveler bisa menikmati semua pemandangan tersebut sembari menyusuri Helena Skybridge. Benar-benar jadi aktivitas yang cocok untuk mengobati lelah usai bekerja keras selama sepekan belakangan. 

811821eb_3461_4cc6_b044_4adabbe66e97_VjL.jpeg
Jembatan bagian depan (c) Frendi Ikhzan/Travelingyuk

Membentang sejauh 100 meter, Teman Traveler bisa mengambil banyak foto menarik di jembatan ini. Sekedar tips dari saya, sebaiknya jangan pergi sendirian sebab tidak akan ada yang membantu memotret hehe.

Oh ya, Teman Traveler masih harus menapaki sejumlah anak tangga sebelum bisa sampai di jalur sky bridge. Cukup melelahkan, namun semua perjuangan akan terbayar lunas usai melihat keindahan alam yang disuguhkan.

Suvenir dan Oleh-oleh Khas 

e0812e1b_0f8f_4d16_955e_12945ea1b474_NHR.png
Suvenir kupu-kupu (c) Frendi Ikhzan/Travelingyuk

Selain menikmati pemandangan indah, Teman Traveler bisa membawa pulang aneka suvenir kupu-kupu yang diawetkan dalam bingkai kaca indah. Harganya dibanderol mulai Rp80.000 hingga Rp1,3 juta, tergantung ukuran.

6741fa2b_0938_44c4_8222_ecd667505ab0_6GH.png
Jelajah toko di sekitar kawasan wisata (c) Frendi Ikhzan/Travelingyuk

Jenis kupu-kupu yang diawetkan juga beragam. Biasanya harganya juga menyesuaikan spesies. Jika tidak sempat datang langsung ke taman wisata ini, kalian juga bisa memesan ke produsennya kok

Akses dan Akomodasi

Untuk menuju sini, Teman Traveler bisa menumpang motor maupun mobil. Akses jalannya cukup bagus dan mudah, bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu setengah jam dari Makassar. Taman Wisata Bantimurung sendiri berada tak jauh dari jalan raya sehingga sangat mudah ditemukan.

Tiket masuknya terbilang cukup murah, sekitar Rp20.000an per orang untuk akses Helena Skybridge dan Rp3.000an untuk masuk kawasan taman nasional. Bicara fasilitas, semuanya sudah tersedia lengkap, mulai dari kamar mandi, toilet, lahan parkir, hingga deretan warung.

Itulah sedikit ulasan mengenai Helena Skybridge, destinasi cantik yang cocok jika Teman Traveler ingin liburan sembari nikmati pesona alam asri nan hijau ini. Jangan lupa mampir jika sedang mengunjungi wisata Maros ya. Next

ramadan
Pemandangan di Taman Nasional

Taman Nasional Zamrud, Siap Jadi Wisata Alam Anyar Riau

Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach, Pantai Unik Nusa Penida yang Tiada Duanya