in , ,

Taman Nasional Zamrud, Siap Jadi Wisata Alam Anyar Riau

Menjelajah Potensi Alam Taman Nasional Zamrud Riau

Pemandangan di Taman Nasional
Pemandangan di Taman Nasional via Instagram.com/abdulronny

Siapa bilang Riau tidak memiliki pesona alam memukau. Meski lebih dikenal sebagai penghasil minyak dan gas, bukan berarti tidak ada destinasi molek yang bisa disimak. Salah satu buktinya adalah Taman Nasional Zamrud di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Baca juga : Pantai Syariah Banyuwangi, Begini Keseruan Ketika Menikmati Pantai Taksaling Ditemani Pasangan

Taman nasional ini berdiri di atas lahan gambut seluas 31.480 hektar dan dihiasi dua danau, Pulau Besar yang terdiri dari empat pulau dan Danau Bawah. Yuk, simak ulasan lengkap seputar potensi wisata Taman Nasional Zamrud.

Siap Jadi Destinasi Anyar

Taman Nasional Zamrud
Keliling taman nasional naik sampan via Instagram.com/abdulronny

Dari sekian hektar wilayah Taman Nasional Zamrud, tentu tidak semua dimanfaatkan sebagai tempat wisata Teman Traveler. Zona pemanfaatan tercatat hanya seluas 904,71 hektar atau 2,87 persen saja dari luas seluruh kawasan. Posisinya berada di pinggir Danau Besar dan terdapat pula akses sungai dari Danau Bawah ke luar kawasan.

img_20190908_023026_01_POj.jpeg
Swafoto di Danau Zamrud via Instagram.com/indraa_syahputra

Dalam zona pemanfaatan tersebut bakal dilakukan beragam aktivitas seperti pengembangan pariwisata alam, pusat rekreasi, pendidikan konservasi alam serta lingkungan hidup, hingga pemanfaatan jasa lingkungan.

Meski belum dibuka secara luas untuk kepentingan pariwisata, Teman Traveler tetap bisa menjelajah taman nasional berbasis gambut ini. Oh ya, di sini tidak boleh solo trip ya. Kalian wajib didampingi pemandu. 

Keberagaman Hayati

img_20190908_022434_IVI.png
Ribuan kalong beterbangan via Instagram.com/abdulronny

Taukah Teman Traveler, taman nasional ini memiliki keberagaman hayati yang begitu luar biasa. Untuk tumbuhan, kalian bisa melihat langsung aneka tanaman unik seperti Bengku (Ganua motleyana), Durian Burung (Durio carinatus), Punak (Tetramerista glabra), Jangkang (Xylopia malayana), Kolakok (Melanorrhoea sp.), Pisang-pisang (Gonithalamus sp.), Ramin (Gonystylus bancanus), dan masih banyak lagi.

Selain itu masih ada beberapa jenis satwa liar hidup di kawasan ini. Berdasarkan data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, tercatat ada 38 jenis burung, 12 di antaranya berstatus dilindungi, serta jenis ikan seperti Arwana dan Belida.

Akses Menuju Kawasan

img_20190908_023537_Hnk.png
Perahu untuk berkeliling danau via Instagram.com/doni_ss36

Akses menuju taman nasional ini bisa ditempuh lewat jalur darat, dengan waktu sekitar dua jam dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Berikutnya Teman Traveler akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Dayun dan masuk Gate Camp Zamrud di Dayun (Security Gate Zamrud) melalui jaringan jalan Konsesi BOB (Perusahaan Migas), dengan jarak sekitar 120 km.

Teman Traveler juga bisa menyambangi taman nasional ini melalui jalur perairan Sungai Siak dengan rute Pekanbaru – Buton (Mengkapan) – Desa
Sungai Rawa di Kecamatan Sungai Apit. Dari desa terakhir, perjalanan akan dilanjutkan melalui perairan sungai rawa dengan menggunakan speedboat.

Biaya Berkeliling

Taman Nasional Zamrud
Penampakan Pulau Besar via Instagram.com/doni_ss36

Berkeliling Danau Zamrud menggunakan speedboat nelayan, Teman Traveler harus merogoh kocek sebesar Rp2 juta untuk lima orang atau Rp400.000 per orang. Satu perahu bisa muat sekitar 10 sampai 15 orang. Masih lumayan terjangkau, sebanding dengan pengalaman unik yang bakal didapatkan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Taman Nasional Zamrud. Buat Teman Traveler yang sedang jalan-jalan ke Riau dan mendambakan sensasi berbeda sembari menikmati alam eksotis, tempat ini bisa jadi pilihan.   Next

ramadan
Nasi Pecel Pincuk Wong Jenewa

Nasi Pecel Pincuk Wong Jenewa, Cuma 4 Ribu Sudah Bikin Kenyang

Helena Skybridge

Helena Skybridge, Nikmati Indahnya Bantimurung dari Angkasa