in ,

Intip Keindahan 5 Tempat yang Digadang Jadi Ibu Kota Baru Indonesia, Seperti Apa?

5 tempat yang diduga jadi ibu kota baru Indonesia, apakah kotamu termasuk salah satunya?

Ibu Kota Indonesia Baru

Wacana yang dibuat Presiden Jokowi membuat heboh masyarakat dan media. Sang presiden berencana untuk memindahkan ibu kota Indonesia dan memberikan sinyal ke beberapa tempat. Mulai dari Provinsi Kalimantan hingga Sulawesi. Inilah keindahan 5 tempat yang diduga jadi ibu kota baru Indonesia di masa mendatang. Apakah kotamu termasuk salah satunya?

Baca juga : Merasakan Keindahan Menara Eiffel di Taman Wisata Papringan Magelang, Romantis Nggak Harus ke Paris

Palangkaraya

Palangka Raya, via Instagram/joshuafavian

Palangkaraya menjadi salah satu kota yang paling sering disebut menjadi ibu kota baru Indonesia. Karena memiliki lahan yang luas dan berada di sentral, tepatnya Kalimantan Tengah menjadi salah satu alasan mengapa kota ini masuk ke dalam daftar tersebut.

Taman Nasional Sebangau, via Instagram/f.e.b.y_

Keindahan alam yang mereka miliki beragam, mulai dari Taman Nasional Sebangau yang menjadi rumah orang utan, Danau Tahai, Pantai Ujung Pangandaran, dan masih banyak lagi. Selain itu, kota ini juga terkenal akan kulinernya yang menggugah selera seperti Wadi Patin, Kalakai, dan Bangamat.

Balikpapan

Kota Balikpapan, via Instagram/ayifagsyar

Tak hanya itu, Balikpapan juga disebut sebagai ibu kota Baru Indonesia. Seperti yang diberitakan oleh Liputan6, Gubernur Kalimantan Timur Awan Faroek pernah menyampaikan bahwa kota Balikpapan memiliki lokasi strategis dan infrastruktur mumpuni.

KWPLH, via Instagram/mhd.yoga

Kota ini menyimpan keindahan berupa pantai dan pepohonan yang masih alami. Contohnya seperti Hutan Lindung Sungai Wain dan Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup yang menjadi rumah bagi beruang madu.

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, via Instagram/ikhsan_erf

Tanah Bumbu termasuk salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Seperti yang diinformasikan Kumparan, Kepala Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) Nurul Fajar berkata masih banyak lahan yang tak produktif untuk membangun infrastruktur ibu kota. Tanah Bumbu juga memiliki keindahan alam berupa pantai, pegunungan, hingga gua.

Mamuju

Mamuju, via Instagram/d_dimas

Diberitakan oleh Detik, wakil presiden Jusuf Kalla juga sempat mengusulkan Mamuju menjadi ibu kota Indonesia. Berada di Sulawesi Barat, kota ini diapit oleh Palu dan Makassar.

Gunung Anjoro Pitu’ via Instagram/sulawesi_ku

Selain itu, letaknya yang menghadap ke Selat Makassar membuat keindahan laut yang dimilikinya tak kalah dengan Bunaken. Selain dikelilingi oleh pesisir, Teman Traveler dapat menyaksikan cantiknya pegunungan. Salah satu destinasi yang populer yaitu Gunung Anjoro Pitu.

Jonggol

Jonggol, via Instagram/didijournal

Rencana pemindahan ibu kota Indonesia bukanlah sesuatu yang baru. Pada era kepemimpinan Presiden Soeharto, Jonggol sempat diwacanakan menjadi ibu kota. Berada di Kabupaten Bogor, keindahan alam yang bisa Teman Traveler jumpai di Jonggol mulai dari curug, area persawahan, pegunungan, hutan, dan lain-lain.

Itulah 5 tempat yang digadang jadi ibu kota baru Indonesia. Bagaimana menurut Teman Traveler? Mana nih yang paling cocok untuk jadi pengganti Jakarta? Next

ramadan
festival bulan Mei 2019

Rekomendasi Festival Besar Indonesia Bulan Mei 2019, Ada Acara Apa Saja?

Festival Brantas Batu 2019, for Earth and Human