in ,

Jakarta Hidden Tour, Merasakan Sisi Lain Ibu Kota yang Terlihat Serba Mewah

Melihat Sisi Lain dari Gemerlapnya Ibu Kota dengan Slum Tourism, Wisata Unik yang Takbiasa

Jakarta Hidden Tour

Kalau mendengar kata berwisata di Jakarta, apakah yang terpikirkan ke benak Teman Traveler? Mungkin lakukan wisata urban seperti singgah ke beragam museum kekinian. Atau bahkan jalan-jalan di pusat perbelanjaan yang mewah. Ada lagi yang bisa dicoba saat jelajah Ibukota. Ada Jakarta Hidden Tour yang menawarkan itinerary singgah di sejumlah kawasan padat penduduk Jakarta. Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya ya.

Baca juga : Wisata Alam di Cimahi Jawa Barat, Alternatif Liburan Dekat Ibu Kota

Cerita Dibalik Jakarta Hidden Tour

Ronny Poluan, Inisiator Jakarta Hidden Tour via Instagram @christinegneuss
Ronny Poluan, Inisiator Jakarta Hidden Tour via Instagram @christinegneuss

Jakarta Hidden Tour dipelopori oleh Ronny Poluan, seniman lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Berawal saat tahun 2018 seorang turis asing minta diantar untuk berkunjung ke daerah sangat padat penduduk di Jakarta. Ternyata wisatawan tersebut menyalurkan bantuan kepada warga setempat. Ronny Poluan pun terpikirkan untuk mendirikan Jakarta Hidden Tour. Uang yang didapat dari wisatawan untuk tur ini pun sebagian disalurkan kepada penduduk yang tinggal di kawasan objek wisata.

Jelajah Sisi Lain Ibu Kota

Jelajah Kawasan Padat Penduduk di Pinggir Rel via Instagram @max_g11
Jelajah Kawasan Padat Penduduk di Pinggir Rel via Instagram @max_g11

Jakarta memang identik dengan kehidupan urbannya, namun bukan rahasia bahwa banyak sekali orang yang ingin mengadu nasib di ibu kota. Jakarta pun semakin padat sedangkan lahannya tidak bertambah, sehingga muncullah permukiman padat penduduk. Jakarta Hidden Tour mengajak pelancong berkeliling ke tempat-tempat tersebut. Seperti di gang-gang sempit, bantaran sungai, sekitar pembuangan sampah, tepi rel kereta, kolong jembatan, dan lainnya. Kegiatan tersebut umumnya disebut slum tourism. Melihat bagaimana kehidupan sehari-hari orang-orang di area itu.

Wisata untuk Latih Kepekaan Sosial

Dapat Melatih Kepekaan Sosial Pelancong via Instagram @huyyatasha
Dapat Melatih Kepekaan Sosial Pelancong via Instagram @huyyatasha

Tujuan dari wisata ini adalah untuk ‘membuka mata’ para pelancong bahwa di kota besar itu tidak hanya bagus-bagusnya saja. Namun terdapat kehidupan yang bisa dijadikan pelajaran untuk melatih kepekaan sosial. Cara paling sederhana adalah dengan berinteraksi secara langsung dengan penduduk setempat. Tidak sedikit warga yang bahkan senang melihat wisatawan yang sebagian besar dari luar Indonesia. Pengunjung umumnya akan disambut dengan ramah oleh warga sekitar, terutama anak-anak. Bahkan ada juga wisatawan secara mendadak menyalurkan bantuan kepada warga.

Program di Jakarta Hidden Tour

Berinteraksi Langsung dengan Anak-anak via Instagram @phonixrmf
Berinteraksi Langsung dengan Anak-anak via Instagram @phonixrmf

Ronny Poluan tidak main-main mengelola wisata unik satu ini. Jakarta Hidden Tour menyediakan beragam paket selain berkunjung ke kawasan padat penduduk, namun juga jelajah wisata budaya, dan wisata urban lainnya yang ada di Jakarta. Bahkan Ronny pun mempunyai serupa LSM yang membantu para warga di kawasan-kawasan padat penduduk.

Wisata ini dibuat untuk ‘menyadarkan’ beragam pihak tentang kehidupan di kawasan padat penduduk Jakarta. Kegiatan seperti ini mempunyai peminatnya sendiri, walau ada pro dan kontra. Bagaimana menurut Teman Traveler tentang perjalanan takbiasa ini? Next

ramadan
Nanamia Pizzeria

Ngafe di Nanamia Pizzeria, Nikmatin Pizza Harga Terjangkau Favorit Anak Jogja

Habbit Eatery Coffee and Beer

HABBIT Eatery Coffee and Beer, Kafe di Malang Bergaya Vintage Minimalis