in , ,

Air Terjun Nungnung, Salah Satu Tertinggi di Bali Lho

Bertualang di Air Terjun Nungung, Menjulang Tinggi Hingga 50 Meter!

Pesona alami Air Terjun Nungnung
Pesona alami Air Terjun Nungnung (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Sebagai salah satu tujuan wisata utama, Bali menawarkan banyak alternatif liburan menarik untuk para turis. Salah satunya adalah Air Terjun Nungnung, salah satu air terjun tertinggi di Bali yang cocok untuk penggemar wisata bernuansa alam.

Baca juga : Jelajah Malam di Siem Reap, Mana Nih yang Paling Seru?

Air Terjun Nungnung resmi dibuka sebagai tempat wisata sejak 1996. Lokasinya berada di wilayah Desa Belok/Sidan, Petang, Kabupaten Badung. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya Teman Traveler.

Sediakan Beragam Fasilitas

Begitu tiba di parkiran, Teman Traveler akan mendapati sejumlah warung makanan dan minuman. Selain itu masih ada toilet yang bisa digunakan dengan tarif sekitar Rp2.000an.

Sebelum berjalan kaki menuju air terjun, ada baiknya Teman Traveler mempersiapkan diri lebih dulu. Belilah perbekalan makanan dan minuman. Jangan lupa untuk buang air kecil, lantaran di bawah kalian takkan menemukan toilet. 

Salah Satu Tertinggi di Bali

Air Terjun Nungnung
Airnya mengalir deras (c) Fery Setiawan/Travelingyuk
img_7716_Itz.jpg
Pancaran sinar matahari di air terjun (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Dengan aliran air yang menjulang hingga 50 meter, Nungnung merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bali. Destinasi ini hanya kalah dari Air Terjun Sekumpul yang ada di Desa Sawan, Kabupaten Buleleng. Tak heran jika debet air di sini cukup deras.

Jalur Trekking Memacu Adrenalin

img_7734_8I4.jpg
Anak tangga menuju air terjun (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Sebelum mencapai air terjun, Teman Traveler bakal harus menapaki sekitar 500 anak tangga. Selain cukup menguras tenaga, jalur ini juga lumayan memacu adrenalin lantaran sedikit curam. Tapi jangan khawatir, kalian tak perlu buru-buru kok. Cukup berjalan perlahan saja, sedikit demi sedikit pasti bakal sampai tujuan.

Air Terjun Nungnung
Jalanan datar menuju air terjun (c) Fery Setiawan/Travelingyuk
Air Terjun Nungnung
Pemandangan di sekitar air terjun (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Jika sudah merasa lelah dan ingin beristirahat, pengelola sudah menyediakan dua pos pemberhentian. Teman Traveler bisa duduk sejenak mengisi tenaga, sembari menikmati merdunya suara kicauan burung yang saling bersahutan satu sama lain.

Oh ya, masing-masing pos sudah disediakan tempat sampah ya. Teman Traveler jangan sampai membuang botol atau plastik kemasan makanan sembarangan.

Pesona Alam Luar Biasa

img_7714_tAb.jpg
Tumbuhan hijau mempercantik suasana (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan Teman Traveler bakal dimanjakan keindahan alam di sekeliling. Kehadiran deretan pepohonan dan tumbuhan hijau membuat lingkungan sekitar nampak asri. Suasananya terasa sangat menenangkan. Belum lagi kicau burung dan gemericik air yang memberi sensasi tersendiri.

img_7727_CLr.jpg
Orang-orang mengantre berfoto (c) Fery Setiawan/Travelingyuk
img_7710_EWj.jpg
Berdiri dekat aliran air terjun (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Begitu sampai di tujuan, Teman Traveler akan disambut derasnya aliran air terjun yang membentuk lapisan kabut tipis. Berdiri di dekat sini, kalian bakal rasakan sensasi kesegaran yang unik. Kehadiran tanaman hijau di sekitar tebing menciptakan atmosfer tenang nan menyegarkan.

Tiket Masuk

img_7731_edp.jpg
Aliran air terjun ke arah sungai (c) Fery Setiawan/Travelingyuk

Air Terjun Nungnung relatif mudah dijangkau. Jika berangkat dari Denpasar, Teman Traveler hanya butuh waktu perjalanan sekitar satu jam 30 menit. Jalurnya cukup mudah dilalui, dengan petunjuk arah jelas. Agar lebih mudah, kalian juga bisa menggunakan panduan dari aplikasi Google Maps.

Tiket masuk destinasi wisata ini adalah sekitar Rp7.500an, belum termasuk biaya parkir. Pengguna sepeda motor akan dikenakan tarif Rp5.000an, sementara mobil Rp10.000an. Oh ya, untuk wisatawan asing harga tiketnya akan berbeda ya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Air Terjun Nungnung, destinasi indah yang sekaligus merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bali. Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Pulau Dewata dan mendambakan petualangan bernuansa alam, jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan
Jalan menuju Taman Nasional Baluran

Jalan Taman Baluran Makin Oke, Akses Dua Jam Jadi 45 Menit

Taman Segara Madu Waterpark

Taman Segara Madu Canggu, Wisata Keluarga Murah dan Menyenangkan