in ,

Jembatan Kali Kuto Siap Digunakan, Liburan Tahun Baru Sudah Takjub Selama Perjalanan

Jembatan Kali Kuto Siap Digunakan untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2019!

Libur Natal dan tahun baru yang sudah di depan mata tentu menjadi perhatian bagi banyak pihak. Terutama dari segi sarana dan prasarana transportasi, salah satunya adalah transportasi. Sudah dinyatakan siap untuk menghadapi libur Natal dan tahun baru adalah jembatan yang ada di ruas Tol Batang-Semarang. Ya! Jembatan Kali Kuto siap digunakan!

Baca juga : Coban Pelangi, Permata Istimewa di Kaki Gunung Semeru

1. Bagian dari Tol Trans Jawa yang Menjadi Ikon Tol Batang

Jembatan Kokoh Bagian dari Ruas Tol Trans Jawa via Instagram/ kominfo.jateng

Konfirmasi bahwa Jembatan Kali Kuto siap digunakan, disampaikan oleh beberapa pihak yang terkait, seperti Kakorlantas dan Kepala Seksi Proyek Pembangunan Jembatan. Secara lokasi, jembatan ini berada di ruas Tol Batang-Semarang. Jembatan ini merupakan bagian dari Tol Trans Jawa sekaligus ikon dari Tol Batang. Tol Trans Jawa sendiri membentang mulai dari Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cipali, Tol Palikanci, Tol Pejagan-Pemalang hingga Tol Batang-Semarang.

Dilansir dari Detik, menurut Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri pada 17 Desember 2018, semua jalur sudah layak dilalui oleh para pengendara saat libur Natal dan tahun baru 2019 mendatang. Wah, perjalanan akan semakin praktis, ya.

2. Jembatan Kali Kuto Salah Satu yang Unik di Indonesia

Salah Satu Jembatan dengan Metode Pembuatan yang Unik di Indonesia via Instagram/ waffa_yuanda

Proyek pembangunan Jembatan Kali Kuto dikatakan salah satu yang paling unik di Indonesia. Konstruksinya memanfaatkan struktur yang dirakit di lokasi pemasangan. Teknik pembuatannya hampir sama dengan Holtekamp Bridge yang ada di Papua. Sarana ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dengan proses pembuatan seperti demikian. Sebelum sampai tempat liburan, selama perjalanan Teman Traveler akan dibuat kagum dengan kemegahannya.

3. Bentuk Melengkung Bukan Hanya Bernilai Aksesori

Bentuk yang Melengkung Bukan Hanya Aksesori via Instagram/ udinae733

Tidak mengherankan jika Jembatan Kali Kuto ini menjadi ikon bagi Tol Batang. Selain terbuat dari baja dan konstruksi yang presisi, desainnya juga cantik. Disampaikan Beni Dwi Septiadi, selaku Kepala Proyek Tol Semarang Batang Seksi I-III, konstruksi yang cantik tersebut bukan hanya berfungsi sebagai aksesori. Melainkan sebagai penahan beban dan bagian dari struktur penyangga.

4. Sudah Dilakukan Uji Beban, Siap Digunakan

Sudah Diujicoba dan Siap Digunakan via Instagram/ nanik_kecill

Beberapa waktu lalu, sudah dilakukan uji beban pada Jembatan Kali Kuto dengan menempatkan sebanyak 36 truck bermuatan. Masing-masing truck memiliki beban sekitar 28 ton. Hasilnya sudah memenuhi syarat dan sedang menunggu sertifikat. Meski demikian, jembatan ini sudah dinyatakan aman untuk dilalui. Teman Traveler tidak perlu khawatir dengan kelayakannya.

Konstruksi Pelengkung yang Didesain Khusus Sebagai Penyangga via Instagram/ kominfo.jateng

Jembatan Kali Kuto siap digunakan. Ikon Tol Batang ini siap dilewati banyak kendaraan. Teman Traveler yang berencana untuk liburan tahun baru dengan berkunjung ke wisata Jawa Tengah dan melewati jembatan ini, siap-siap saja dibuat kagum oleh gagahnya konstruksi dan desain yang cantik. Mau ajak siapa untuk berkendara mencoba ruas tol yang sudah bisa digunakan ini? Next

ramadan
Wisata di Thailand Pilihan Aurel Hermansyah

Wisata di Thailand Pilihan Aurel Hermansyah, Referensi Liburan Akhir Tahun

JHL Solitaire Gading Serpong

JHL Solitaire Gading Serpong, Hotel Bintang Lima di Banten yang Menyabet Rekor MURI