in ,

2018 Pesta Long Weekend, Catat Tanggal dan Rekomendasi Wisatanya

Tahun 2017 akhirnya akan segera berakhir. Itu artinya, waktunya kembali merencanakan liburan seru dan menyenangkan di tahun berikutnya. Bagaimana, sudah punya daftar destinasi tujuan? Atau masih mencari bingung menentukan tanggal cuti? Jangan khawatir, kali ini Travelingyuk akan merangkumkan daftar long weekend tahun 2018 beserta rekomendasi destinasi wisatanya. Penasaran kan?

Baca juga : Telaga Warna Dieng, Wisata Cantik di Jawa Tengah dengan ‘Air Ajaib’nya

Long Weekend pertama yang bisa kamu gunakan untuk liburan di awal tahun jatuh tepat pada tanggal 16,17 dan 18 Februari atau tepat di Hari Imlek. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa berlibur ke Semarang dan berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong yang kental dengan suasana imlek. Atau juga berburu kuliner pisang plenet legendaris di Pasar Semarwis.

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong [image source]
Jika tak bisa traveling di bulan tersebut, kamu juga bisa memesan tiket ke Jogjakarta pada bulan Maret. Tepat pada tanggal 30, 31 dan 1, kamu bisa menjelajahi beberapa objek bersejarah serta pantai eksotis di kawasan Gunung Kidul. Liburan panjang berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk traveling ke luar negeri datang pada pertengahan bulan April atau tepat di peringatan Isro Mi’raj. Di bulan ini kamu pun bisa memesan tiket ke Jepang dan menikmati keindahan bunga sakura di musim semi.

Bulan Mei waktunya memanjakan tubuh dengan berjemur di pantai tersembunyi di Bali. Selain cuacanya yang cerah, turis asing juga masih belum datang di sekitar pertengahan bulan ini. Sehingga, kamu bisa puas menikmati keindahan alam Pulau Dewata. Sementara di akhir bulannya, sebaiknya jangan datang ke Bali. Meski tanggal merahnya cukup banyak, namun wisatawan mancanegara mulai masuk di akhir bulan tersebut.

Keukenhof Tulips Festival Belanda
Keukenhof Tulips Festival Belanda [image source]
Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah mengambil cuti di tanggal 28, 30, 31 Mei untuk keliling tanah Eropa. Selama satu minggu menjelajah Belanda, Swiss ataupun London bakalan puas banget. Jangan lupa, persiapkan Visa Schengenmu mulai dari sekarang jika ingin rencana liburanmu terlaksana. Sementara liburan panjang hari raya yang datang pada pertengahan bulan Juni bisa dimanfaatkan bersilaturohmi dengan keluarga besar. Jika sudah bosan, terbang saja ke Raja Ampat. Lumayan, liburan puas di pulau eksotis ini bukan?

Meski bukan akhir pekan, kamu juga bisa mengambil cuti libur di tanggal 16 Agustus. Tepat di hari Kamis, kamu bisa memutuskan mendaki gunung Semeru dan mengikuti upacara bendera di puncaknya. Masih belum puas, di bulan November kamu bisa berkunjung ke Lombok atau Flores. Tepat tanggal 21 November yang jatuh di hari rabu bertanggal merah. Nah, kamu bisa izin cuti di hari senin dan selasa, sehingga hampir seminggu kamu bisa menjelajah wilayah kepulauan kecil di Indonesia satu ini.

Alexander Thian di Komodo Island
Alexander Thian di Komodo Island [image source]
Liburan panjang berikutnya yang pastinya bikin kamu ingin liburan lagi jatuh pada bulan Desember. Ada liburan Natal dan juga tahun baru yang jatuh di akhir pekan. Tentu saja, tanggal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk liburan ke Australia. Namun jangan heran jika tiket pesawat dan hotel naik tajam. Pasalnya di bulan tersebut, Australia tengah berada di puncak liburan. Jika tak ingin mengeluarkan uang cukup banyak, Puncak Bogor bisa menjadi alternatif liburanmu.

Bagaimana, sudah catat semua liburan panjang di tahun 2018. Segera atur rencana perjalanan dari sekarang. Jangan lupa menyiapkan visa, tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari. Pastikan pula keuanganmu akan tetap stabil bahkan setelah bepergian. Setuju kan? Next

ramadan
Hotel Kapsul di Surabaya

Hemat dengan Pilih Hotel Kapsul di Surabaya

Wana Wisata X Rambut

X Rambut Tegal, Tepian Bendungan yang Makin Kekinian