in ,

Kejadian Viral 2018, Mulai dari Penghinaan Tengkorak sampai Sakura di Surabaya

Rangkuman Kejadian Viral 2018, Mulai dari yang Konyol sampai Menyenangkan

Kejadian Viral 2018 versi Travelingyuk
Kejadian Viral 2018 versi Travelingyuk

Media sosial di zaman milenial ini lebih banyak menjadi perhatian, takheran jika informasi yang berbeda semakin mudah viral. Tidak terkecuali hal-hal yang terjadi di dunia traveling. Kejadian tersebut ada yang menyenangkan, maupun membuat orang tidak habis pikir. Mulai dari orang merokok di dalam pesawat, sampai mekarnya bunga Sakura di Surabaya. Yuk dibaca rangkuman kejadian viral 2018 versi Travelingyuk.

Baca juga : Bendung Karet Tirtonadi Solo, Si Penahan Banjir yang Ditata Cantik

Merokok dalam Pesawat

Ilustrasi Merokok via Instagram @salman_muhammed
Ilustrasi Merokok via Instagram @salman_muhammed

Masih kejadian viral 2018 yang terjadi di dalam pesawat, kali ini melibatkan penumpang merokok. Seperti diketahui bahwa tidak diperbolehkan merokok dalam pesawat. Namun seorang penumpang kedapatan melakukannya di kabin pesawat Citilink rute Halim Perdanakusuma-Denpasar, pada 26 Februari 2018. Awalnya sempat marah ketika diminta untuk mematikan rokok. Akhirnya penumpang tersebut pun diturunkan dari pesawat.

Lecehkan Situs Sakral

Deretan Tengkorak di Kete Kesu via Instagram @thirta_studiotrip
Deretan Tengkorak di Kete Kesu via Instagram @thirta_studiotrip

Liburan tentu tidak sembarangan, sebaiknya menjadi wisatawan yang bertanggung jawab. Jangan dicontoh salah satu kejadian viral 2018 pada bulan Maret lalu. Sepasang pengunjung berfoto seolah-olah menginjak tengkorak dan memainkan tulang sebagai gitar, di Kete Kesu, Tana Toraja.

Kete Kesu merupakan pemakaman tradisional dan cagar budaya, digunakan juga sebagai pusat beragam ritual adat Toraja. Foto mereka pun disebar di media sosial. Kedua pelaku tersebut didampingi keluarga dari Maluku meminta maaf kepada Yayasan Kete Kesu, pemerhati budaya, dan masyarakat Toraja.

WNA Pengelola Pulau Bakungan Usir Wisatawan Lokal

Pulau Bakungan via Instagram @wildan_arsy
Pulau Bakungan via Instagram @wildan_arsy

Bukan pertama kali kejadian pengusiran WNA pengelola ‘pulau pribadi’ mengusir wisatawan lokal. Seperti terjadi April 2018 di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 4 pelancong lokal sedang menikmati keindahan Pulau Bakungan Kecil alias Virgin Cocoa. Kemudian diusir pihak WNA Jerman pengelola resort mewah di area tersebut. Diduga karena resort memang menawarkan wisata privat.

Memasak Kerang Langka di Acara Traveling TV Swasta

Makan Kerang Kima via Instagram @edelweiss_blogger
Makan Kerang Kima via Instagram @edelweiss_blogger

Begitu banyak acara traveling beredar di stasiun televisi swasta, salah satunya Para Petualang Cantik Trans7. Namun suatu adegan di show yang terjadi pada April 2018, di Kepulauan Derawan Kalimantan Timur ini menghebohkan netizen. Pasalnya kedua host Para Petualang Cantik terlihat sedang memasak yang diduga kerang kima.

Bukan sembarang kerang, namun masuk dalam spesies langka sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. Sebab populasi kima di alam menurun sangat drastis akibat diburu.

Bercanda Soal Bom, Anggota DPRD Banyuwangi Diusir dari Pesawat

Ilustrasi Bom (Granat) via Instagram @nayvseal911militare
Ilustrasi Bom (Granat) via Instagram @nayvseal911militare

Ini adalah pelajaran bagi siapapun agar tidak bercanda sembarangan. Seperti yang dilakukan oleh 2 anggota DPRD Banyuwangi, bercanda mengenai adanya bom di koper miliknya dan penumpang lain. Kejadian viral 2018 ini terjadi pada 23 Mei. Dua anggota DPRD tersebut hendak terbang dari Banyuwangi menuju Jakarta. Akhirnya, penumpang ini dilarang ikut penerbangan sebab dianggap tidak clear akan persoalan bom tersebut.

Bawa Durian di Pesawat

Ilustrasi Durian via Instagram @eliz_willyam
Ilustrasi Durian via Instagram @eliz_willyam

Gara-gara durian yang memang punya aroma menyengat, penumpang pesawat Sriwijaya Air rute Bengkulu-Jakarta pun dibuat kalang kabut. Kejadian viral 2018 ini terjadi ketika pesawat masih berada di Bandara Fatmawati Seokarno Bengkulu, pada 5 November 2018 lalu. Ternyata seorang penumpang membawa sekitar 2 ton durian ke dalam kargo. Meski sudah dikemas sesuai SOP, bau menyengat yang parah membuat durian tersebut harus diterbangkan menggunakan kargo lain.

Penumpang Kejar Pesawat

Ilustrasi Mengejar Pesawat via Instagram @lad_from_manchester
Ilustrasi Mengejar Pesawat via Instagram @lad_from_manchester

Kejadian viral 2018 yang menghebohkan petugas Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali ini terjadi pada 18 November 2018. Seorang ibu-ibu yang ketinggalan pesawat rute Denpasar-Halim Perdanakusuma, nekat menerobos boarding gate hingga ke apron bandara. Tidak sampai di situ saja, sang ibu pun mengejar pesawat yang sedang proses lepas landas tersebut. Petugas bandara semenjak awal sudah mencegah namun si ibu lebih sigap. Tentu saja pesawat tidak terkejar, pihak maskapai pun memberikan tiket gratis.

Paus Mati Akibat Perutnya Penuh Sampah

Tumpukan Sampah yang Ditemukan dalam Perut Paus via Instagram @wwf_id
Tumpukan Sampah yang Ditemukan dalam Perut Paus via Instagram @wwf_id

Indonesia turut prihatin atas matinya ikan paus Sperma akibat memakan sampah yang dibuang ke lautan. Kejadian viral 2018 ini terjadi pada 19 November. Warga di sekitar perairan Wakatobi menemukan paus sepanjang 9,6 meter yang sudah membusuk terdampar di pantai. Perut paus tersebut terdapat sekitar 5,9 kilogram sampah plastik, seperti penutup galon, botol plastik, tali rafia, terpal, botol, sandal jepit, kresek, pecah belah, gelas plastik, dan lainnya.

Plastik memang tidak bisa dicerna oleh perut paus. Hal tersebut menyebabkan pencernaannya terganggu, lalu ikan mati. Sebaiknya tidak membuang sampah sembarangan ya, termasuk di sungai maupun laut. Dampaknya sungguh memprihatinkan.

Bunga Sakura di Surabaya

Bunga Sakura di Surabaya via Instagram @randyyusufpp
Bunga Sakura di Surabaya via Instagram @randyyusufpp

Mau melihat bunga sakura bermekaran tidak harus jauh-jauh pergi ke Jepang. Di Surabaya ditanam bunga Tabebuya yang telah mekar sangat indah dan bisa dinikmati mulai November 2018 lalu. Pemerintah Surabaya memang menanam Sakura (Jawa) di 5 titik seperti jalan protokol dan taman tertentu sejak 5 tahun terakhir dan baru bisa dinikmati sekarang. Pengunjung akan menyaksikan pemandangan layaknya Jepang, seperti di Jalan Mayjend Sungkono maupun Jalan Adityawarman.

Itulah kejadian viral 2018 versi Travelingyuk yang telah berhasil dikumpulkan. Semoga di tahun-tahun berikutnya peristiwa positif saja yang populer di media sosial. Bagaimana menurut Teman Traveler tentang fenomena di atas? Next

ramadan
Perjalanan Donna Agnesia di Melbourne

Intip Trip Donna Agnesia ke Melbourne, Sempatkan Kunjungi Situs Bersejarah

es krim legendaris di bandung

Es Krim Legendaris di Bandung, Ada yang Usianya Lebih dari 100 Tahun