in ,

Keseruan Keliling Solo dengan Segala Pesonanya, Nagih!

Wisata dan Kuliner Solo yang Bikin Nagih

Koper Ransel Solo
Koper Ransel Solo

Soloooo! Mana suaranya? Kalau punya rencana untuk eksplor Jawa Tengah, pastikan Solo masuk dalam daftar destinasi yang kamu kunjungi. Tak hanya keraton dan cerita budayanya, kota asal Jokowi ini memang menarik dengan segala pesonanya. Beberapa waktu lalu, tim Travelingyuk berkesempatan untuk keliling Solo. Wisata dan kulinernya sungguh luar biasa. Yuk, ikuti perjalanannya, ya.

Baca juga : Macora Kitchen, Restoran Kekinian di Makassar dengan Bahan-bahan Organik

1. Kuliner Malam dengan Nasi Liwet

Nasi Liwet Bunisa
Nasi Liwet Bunisa (c) Travelingyuk/Melisa

Kalau Jogja punya Gudeg yang selalu bikin kangen, di Solo ada nasi liwet. Ini adalah kuliner pertama yang kami coba setelah menginjakkan kaki di kota ini. Dengan alas daun pisang, nasi putih dengan lauk ayam disiram dengan kuah santan yang gurih. Makin lezat dengan tambahan santan kental di atasnya. Nyam! Tersedia banyak pilihan lauk tambahan seperti sate kulit dan telur puyuh, tempe bacem, ceker dengan harga yang beragam. Nasi Liwet Bunisa yang buka dari jam 6 sore hingga habis ini hanya dibanderol kisaran Rp15 ribu per porsi, lho.

Nasi Liwet Bunisa Solo
Nasi Liwet Bunisa Solo (c) Travelingyuk/Melisa

2. Mengunjungi Telaga Biru

Telaga Biru, Sukoharjo
Telaga Biru, Sukoharjo via Instagram/@melisalalalaa

Jika sudah pernah berkunjung ke Keraton Solo dan bingung mencari wisata lainnya, bisa mencoba menikmati keindahan sekitar. Kami menemukan Telaga Biru yang berada di Kabupaten Sukoharjo, berjarak satu jam dari Solo dengan berkendara. Pada dasarnya, Telaga Biru ini adalah lokasi pertambangan. Sayangnya, saat kami datang telaga sedang kering karena kemarau. Tenang saja, kering pun tempat ini super keren. Janji deh, akan kembali saat sedang ada airnya, ya.

Koper Ransel Solo, Telaga Biru
Koper Ransel Solo, Telaga Biru (c) Travelingyuk

3. Menikmati Keindahan Sekitar dari Gunung Sepikul

Gunung Sepikul, Sukoharjo
Gunung Sepikul, Sukoharjo via Instagram/@kikynian

Kami melanjutkan perjalanan ke Gunung Sepikul, lokasinya tak jauh dari Telaga Biru. Menurut mitos, Gunung Sepikul ini adalah runtuhan bebatuan yang dijatuhkan jin karena mendengar suara ayam berkokok tanda pagi datang. Batu-batuan itu lah yang membentuk pegunungan sepikul-sepikul. Di sepanjangan jalan menuju puncaknya, sudah disediakan spot-spot untuk berfoto ria. Murah meriah, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan bermotor. Ada kantin yang menjual makanan dan minuman juga, kok. Jadi tak perlu khawatir kehausan.

Koper Ransel Solo di Gunung Sepikul
Koper Ransel Solo di Gunung Sepikul (c) Travelingyuk

4. Menyantap Lezatnya Sate Buntel

Sate Buntel Pak H. Kasdi
Sate Buntel Pak H. Kasdi (c) Travelingyuk/Melisa

Agenda keliling Solo selanjutnya adalah menikmati kuliner khas setempat. Pilihan kami jatuh pada Sate Buntel Pak H. Kasdi yang berlokasi di Jalan Monginsidi No.107, Kestalan, Banjarsari, tak jauh dari Stasiun Balapan. Semua menu yang disediakan adalah olahan dari daging kambing. Sayangnya kami kehabisan tengkleng, yaitu olahan tulang daging kambing. Namun, kelezatan tongseng dan sate buntelnya membayar kekecewaan kami. Bumbunya pas dan merasuk hingga dagingnya. Apalagi dinikmati dengan nasi hangat. Hmm, ini nih yang bakalan bikin kangen.

Sate Buntel Pak H. Kasdi Solo
Sate Buntel Pak H. Kasdi Solo (c) Travelingyuk/Melisa

5. Kebersamaan yang Sangat Berkesan

Perjalanan ke Puncak Gunung Sepikul
Perjalanan ke Puncak Gunung Sepikul (c) Travelingyuk

Tim Travelingyuk keliling Solo ditemani dengan teman-teman yang juga doyan traveling. Kami belajar bareng dalam acara Workshop #KoperRanselSolo. Kerennya, bisa langsung praktek saat One Day Trip ke Telaga Biru dan Gunung Sepikul. Telaga yang kering dan jauhnya jarak nggak bikin teman-teman lesu dan mengeluh, lho. Ini nih yang bikin kangen dan nggak sabar untuk berkunjung lagi ke Kota Nasi Liwet ini. Siap-siap untuk keliling Solo part 2 ya, guys!!

Keseruan Koper Ransel Solo
Keseruan Koper Ransel Solo (c) Travelingyuk

Nah itu tadi cerita singkat perjalanan kami tim Travelingyuk bersama teman-teman dalam acara #KoperRanselSolo. Tenang saja, Koper Ransel Travelingyuk juga akan diadakan di beberapa kota lainnya. Bikin acara yang nggak kalah seru dari Solo, yuk!! Siapa nih yang nggak sabar untuk bergabung dengan keseruan kami? Next

ramadan
Acara di Bali bulan Juli - Agustus

Daftar Acara di Bali, Pastikan Liburanmu Makin Berkesan

Ini Dia Daftar Profesi yang Bikin Kamu Traveling Gratis, Mau Coba?