in , , ,

Kerajinan Khas Indonesia yang Mendunia, Bisa Dijadikan Oleh-oleh

fi kerajinan khas Indonesia

Negara kita memang memiliki banyak keanekaragaman budaya hingga seni kerajinan seperti ukiran, batik dan anyaman, memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini daftar kerajinan khas Indonesia yang mendunia, bisa dijadikan oleh-oleh. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Santap Siang Sambil Ngadem di Kafe Bali dengan Kolam Renang

1. Batik

batik
Ilustrasi via pexels Rizky Rafael

Pertama ada batik, kerajinan khas nusantara ini sudah dikenal sampai mancanegara. Memiliki keunikan selalu mempunyai arti dan makna berbeda pada setiap corak yang digambarkan menggunakan canting serta malam (tinta batik). Dahulu batik hanya dikenakan oleh kalangan tertentu seperti keraton tetapi kini meskipun beberapa corak batik masih dijaga agar tidak dipakai sembarangan, batik bisa dipakai siapa saja.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dalam coraknya masing-masing sesuai tradisi dan budayanya. Teman Traveler bisa berburu wisata belanja kain batik di Solo maupun Jogja yang sudah menjadi kewajiban, kurang afdal jika tidak berbelanja batik di sana, untuk dibawa sebagai buah tangan.

2. Ukiran Kayu

ukiran kayu
Ilustrasi via instagram kangkamal49

Selanjutnya ada ukiran kayu, juga terkenal diekspor hingga mancanegara. Ukiran kayu khas nusantara memiliki desain rumit yang menjadi ciri khasnya, ukiran ini biasanya terdapat di patung atau kaligrafi. Selain itu kayu di negara tropis seperti Indonesia mempunyai kualitas baik, salah satunya ada di Jepara. Seni ukir dan pahatan kayu dipengaruhi budaya Tiongkok yang terlihat di hasil kerajinan kota ini, seperti Masjid Astana Mantingan.

3. Anyaman Bambu

anyaman bambu
Ilustrasi via instagram gudang.handycraft

Selanjutnya ada anyaman bambu, kerajinan ini dibuat manual dengan tangan yang menghasilkan kursi, meja, tudung saji, keranjang dan kerajinan lainnya. Salah satunya juga tas belanja, sempat viral dan mendunia dipakai sebagai salah satu ikon fashion.

4. Anyaman Tikar Pandan

anyaman tikar pandan
Ilustrasi via [image source]

Kemudian ada juga anyaman tikar pandan khas Natuna, di daerah Serasan Pulau Natuna, Selat Karimata, Provinsi Riau masyarakatnya sudah turun temurun membuat anyaman dari tanaman pandan duri yang tumbuh sumbur di sini. Kerajinan ini memiliki motif serta warna berbeda sesuai dengan budaya khas masyarakat setempat, selain tikar ada juga tas, topi, hiasan dinding dan sebagainya.

5. Kerajinan Kulit

kerajinan kulit
Ilustrasi via instagram sepatukulitmurahsolo

Kerajinan kulit khas nusantara ini juga mendunia, banyak diproduksi di Pulau Jawa seperti kulit domba, sapi hingga buaya. Industri kerajinan ini terkenal di Sukaregang, Garut, Jawa Barat. Namun, salah satu industri tertua berada di Magetan, Jawa Timur yang sudah ada sejak tahun 1830. Pembuatan kerajinan kulit ini menggunakan tangan tanpa mesin sehingga terasa sangat khas, untuk itu harganya pun cukup mahal karena kualitasnya.

Demikian daftar kerajinan khas Indonesia yang mendunia, sudah mempunyai hasil seni tersebut Teman Traveler? Next

ramadan

Air Terjun Kedung Pedut, Kesegaran Tersembunyi di Barat Yogyakarta

Serunya Coban Jahe, Wisata Hits di Malang