in , ,

Ketentuan Bagasi Maskapai Penerbangan Indonesia Terbaru 2021

fi ketentuan bagasi

Bagasi menjadi hal yang penting saat melakukan perjalanan bersama pesawat terbang, umumnya perusahaan maskapai akan menggratiskan bagasi dengan maksimum 10 hingga 20 kilogram. Berikut ketentuan bagasi maskapai penerbangan Indonesia terbaru 2021.

Baca juga : 5 Surga Bawah Laut Terbaik di Indonesia 2019, Temukan Keajaiban di Kedalaman

1. Garuda Indonesia

garuda indonesia
Ilustrasi via instagram 757spotter

Dikutip dari kompas.com, pertama ada Garuda Indonesia yang memiliki ketentuan bagasi, penumpang First Class dibebaskan biaya bagasi tidak melebihi 40 kg. Bagi penumpang Bussiness Class tidak lebih dari 30 kg dan Economy Class tidak lebih dari 20 kg. Ketentuan tersebut berlaku untuk penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi. Apabila melebihi total akan dikenakan biaya kelebihan bagasi.

Sedangkan bagasi yang diletakkan di kompartemen atas kepala atau di bawah kursi, dimensinya adalah 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat tidak lebih dari 7 kg. Pengecualian untuk penerbangan Kelas Ekonomi memakai pesawat CRJ atau ATR yaitu dimensinya 41 cm x 34 cm x 17 cm, berat tidak lebih dari 7 kg.

Kemudian Barang bawaan bebas tanpa label bagasi kabin seperti tas laptop, tas tangan, jaket tebal, selimut, payung, tongkat bantu jalan, kamera saku, teropong dan bahan bacaan dengan jumlah wajar dapat dibawa ke kabin. Garuda Indonesia juga menerapkan tarif bagasi berlebih untuk penerbangan domestik dan internasional dengan harga berbeda tergantung rutenya.

2. AirAsia Indonesia

air asia
Ilustrasi via instagram black_fdz

Sejak 18 Mei 2021 AirAsia Indonesia telah menerapkan kebijakan bagasi terbaru untuk penerbangan domestik. Dalam situs resminya, dua bagasi kabin digratiskan jika tidak melebihi berat gabungan 7 kg. Maskapai menyediakan bagasi pra-pesan dengan biaya mulai Rp 40.000 untuk 10 kg dan Rp 50.000 untuk 15 kg, layanan tersebut tersedia saat memesan tiket.

Pada aplikasi AirAsia atau situs resminya terdapat fitur penambahan jatah bagasi, paling lambat empat jam sebelum keberangkatan. Seluruh bagasi yang terdaftar akan dikenakan biaya sesuai tingkatannya yakni 10 kg, 15 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg. Biaya yang ditawarkan beragam tergantung rute dan periode penerbangan.

3. Citilink

citilink
Ilustrasi via pexels Esther

Selanjutnya dalam situs resminya ketentuan bagasi maskapai Citilink masih berlakukan promo bagasi gratis minimal 20 kg per penumpang untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk penerbangan internasional dengan pesawat ATR72-600 hanya mendapatkan jatah bagasi gratis maksimal 10 kg per penumpang.

Untuk pesawat Airbus A320 menyediakan bagasi di kabin maksimal berat barang 7 kg dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm. Sementara bagi penerbangan memakai pesawat ATR72-600 dimensi bagasi 41 cm x 34 cm x 17 cm, berat maksimal 7 kg.

Kemudian extra bagasi memiliki harga berbeda tergantung rute penerbangan, harga tertera mencakup harga pembelian di konter check-in, dan harga paket pre-Book Bagasi yang dapat dibeli maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Setiap penumpang hanya dapat memilih satu kali setiap pilihan pre-Book Bagasi.

4. Lion Air

lion air
Ilustrasi via pexels Daria Shevtsova

Lion Air menawarkan layanan gratis bagasi 20 kg yang efektif periode pemesanan tiket mulai 1 Agustus 2021 dan periode penerbangan mulai 3 Agustus 2021. Dalam situs resminya, fasilitas tersebut berlaku untuk bagasi tercatat, barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas pada meja pelaporan terminal keberangkatan bandara setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi, atau kompartemen kargo pesawat.

Layanan berlaku untuk semua jadwal penerbangan rute domestik yang dilayani pergi-pulang (PP). Layanan didapatkan bersamaan dengan pembelian atau pemesanan tiket secara daring maupun langsung di kantor penjualan tiket Lion Air, agen mitra dan lainnya. Jika bagasi melebihi 20 kg saat ditimbang calon penumpang perlu membayar biaya tambahan agar bagasi dapat diangkut.

Selanjutnya ketentuan untuk barang bawaan ke kabin adalah setiap penumpang boleh membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg. Selain itu dapat membawa satu barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan bacaan, kamera, atau tas jinjing wanita dengan ukuran dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm.

5. Batik Air

batik air
Ilustrasi via instagram axell_aviation

Berikutnya dalam situs resmi Batik Air, maskapai mengizinkan penumpang kelas Bisnis dan kelas Ekonomi membawa satu bagasi kabin dan satu tas laptop atau tas tangan. Bagasi kabin dengan dimensi tidak lebih dari 40 cm x 30 cm x 20 cm, berat maksimal 7 kg.

Terdapat juga layanan ‘bagasi cuma-cuma’ yaitu jumlah bagasi tercatat yang diambil gratis akan bervariasi sesuai dengan kelas perjalanan serta syarat dan ketentuan tiket. Pada penerbangan domestik dan internasional untuk penumang Bisnis, berat bagasi tidak boleh lebih dari 30 kg sedangkan kelas Ekonomi tidak boleh lebih dari 20 kg.

6. Sriwijaya Air

sriwijaya air
Ilustrasi via pexels Gustavo Fring

Menurut keterangan resmi dalam situs Sriwijaya Air Group hingga saat ini masih berlakukan Free Baggage Allowance (FBA) untuk penumpang Sriwijaya Air dan NAM Air. Vice President Corporate Secretary Sriwijaya Air, Adi Willi mengatakan sejak 10 Januari 2020 dan berlaku seterusnya mulai memberlakukan penambahan FBA.

Kemudian penumpang kelas Ekonomi pesawat jet dapat menikmati fasilitas gratis bagasi dengan barat maksimal 20 kg, sementara penumpang pesawat ATR berat maksimal bagasinya adalah 10 kg. Fasilitas berlaku bagi penumpang baik itu dewasa, anak-anak dan untuk penerbangan domestik atau internaisonal. Sementara ketentuan untuk kabin bagasi adalah barang tidak melebihi 7 kg dengan dimensi 56 cm x 33 cm x 23 cm.

7. Super Air Jet

super jet air
Ilustrasi via pexels Vlada Karpovich

Terakhir untuk Super Air Jet yang baru saja melakukan penerbangan perdananya pada 6 Agustus 2021. Dikutip dalam kompas.com, maskapai memberikan fasilitas bagasi gratis dengan berat maksimal 20 kg untuk kelas Ekonomi. Dalam situs resminya, penumpang dapat membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg dan dimensinya 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Demikian penjelasan ketentuan bagasi maskapai penerbangan Indonesia terbaru per 2021. Semoga menjadi informasi bermanfaat bagi Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

10 Tempat Wisata Terkenal di Turki yang Wajib Dikunjungi

fi tips packing

Tips Packing Agar Terhindar Dari Kelebihan Bagasi Pesawat