in , ,

Kerennya Kota Tua Surabaya, Instagenic Penuh Warna

Menjelajahi Kota Tua Surabaya yang Instagenic Penuh Warna

Kota Tua Surabaya (c) Rosita Travelingyuk
Kota Tua Surabaya (c) Rosita Travelingyuk

Siapa yang penasaran dengan Jalan Panggung yang terletak di Surabaya? Warna-warni di sudut Kota Tua Surabaya itu, beberapa waktu terakhir telah berhasil menyita perhatian para pemburu foto. Setiap sudutnya sungguh keren, bikin pengin mampir. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga : Destinasi Wisata Gratis di Singapura, Traveling ke Luar Negeri Anti Bangkrut

img_4383_D1h.jpg
Salah satu bangunan di Jalan Panggung Surabaya (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan Warna-warni Instagenic

Kota Tua Surabaya
Aspal di Jalan Panggung sudah diganti dengan paving yang tertata rapi (c) Rosita/Travelingyuk

Hal apa yang pertama kali muncul dalam benak Teman Traveler ketika membicarakan tentang kawasan Kota Tua? Bangunan bercat kusam yang tak berpenghuni? Berbeda halnya dengan Surabaya. Salah satu sudut Kota Tua di Surabaya justru disulap menjadi warna-warni.

Tentu saja menarik minat para pemburu foto instagramable. Ya, wajah Jalan Panggung, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya kini telah berubah. Bukan lagi bangunan yang kusam dan nampak kumuh.

Pemkot Surabaya telah melakukan revitalisasi agar kawasan ini menjadi wisata alternatif. Hampir sebagian besar bangunan tua di kawasan ini tampak lebih hidup dengan cat warna-warninya. Sebelum direvitalisasi, kawasan Jalan Panggung yang memiliki bangunan art nouveau era 1920-an ini berwarna pastel. Arsitektur yang identik dengan bangunan era kolonial.

Jalan aspal di kawasan ini juga sudah diganti dengan paving yang tertata rapi. Pasti tertarik kan, untuk berburu foto di Jalan Panggung Surabaya ini?

Jam Terbaik Menuju Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya
Bangunan peninggalan zaman kolonial ini disulap menjadi berwarna-warni (c) Rosita/Travelingyuk

Ini pasti info yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemburu foto. Teman Traveler pasti sependapat, kalian akan rela berangkat lebih awal saat kawasan tersebut belum ramai oleh wisatawan lain. Tentu saja agar mendapatkan foto seperti yang diharapkan.

Siapa tak kenal Kadek Arini? Seorang Travel Blogger asal Bali itu beberapa waktu juga sempat mampir ke warna-warni di sudut kota tua Surabaya ini. Menyimak dari beberapa hal yang sempat dibagikan Kadek Arini pada akun media sosial instagramnya, memang benar Jalan Panggung jadi satu spot yang wajib kalian datangi.

Kadek Arini mengusulkan agar datang pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB jika ingin mampir ke Jalan Panggung Kota Surabaya. Selain itu, hari Minggu juga menjadi waktu yang direkomendasikan. Mengingat hampir semua bangunan pada lantai satu di Jalan Panggung merupakan toko.

Otomatis ketika hari Minggu, toko-toko tersebut tutup dan Teman Traveler bisa lebih leluasa. Benar saja, saat penulis mampir ke Jalan Panggung Kota Surabaya, hari sudah terik dan foto pun menjadi kurang maksimal. Karenan jalanan yang padat dan banyaknya lalu-lalang kendaraan.

Pasar Ikan Segar

img_4387_qqb.jpg
Pasar ikan segar di ujung utara Jalan Panggung Surabaya (c) Rosita/Travelingyuk

Tahukah Teman Traveler apa yang akan kalian temui disekitar Jalan Panggung saat berkunjung bukan di hari minggu dan pagi hari? Teman Traveler akan menjumpai pasar ikan segar di ujung utara Jalan Panggung.

Teman Traveler pasti tidak menyangka, di kawasan kota tua dengan bangunan yang berwarna-warni justru akan menemui deretan para pedagang yang didominasi penjual ikan segar.

Kota Tua Surabaya
Kepadatan di ujung utara Jalan Panggung Kota Surabaya (c) Rosita/Travelingyuk

Jalan di dekat Sungai kalimas itu memang berdekatan dengan Pasar Pabean. Jalan ini juga menjadi akses lalu-lalang Pasar Pabean. Maka jangan heran, jika Teman Traveler akan kesusahan mendapatkan foto yang diinginkan saat berkunjung pada waktu yang kurang tepat.

Sebagian besar pedagang memang menolak jika harus direlokasi ke Pasar Krembangan maupun Pasar Babatan. Meski tak pernah sepi dari lalu-lalang pengendara, kawasan yang dulunya kampung Melayu ini tetap saja nampak cantik dengan arsitekturnya yang khas.

Itulah sekilas ulasan mengenai Jalan Panggung. Bila Teman Traveler berwisata ke Surabaya, sempatkan untuk singgah, ya. Yuk, segera realisasikan rencana liburan Teman Traveler. Next

ramadan
FI Glamping Resort Harga Terjangkau via Instagram @sanggiri_bali

5 Glamping Resort Harga Terjangkau, Staycation Mewah Nggak Bikin Kantong Marah

Perpustakaan Erasmus Huis (c) Nurull Huda Travelingyuk

Perpustakaan Erasmus Huis Jakarta, Keliling Dunia Lewat Buku