in , ,

KRI Nanggala-402 Ditemukan Pada Kedalaman 838 Meter, Seluruh Awak Kapal Dinyatakan Gugur

fi nanggala

Sebelumnya KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang pada Rabu 21 April 2021, kemudian dinyatakan tenggelam Sabtu 24 April 2021. Kini 25 April 2021 dalam jumpa persnya di Bali, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, seluruh awak kapal dinyatakan gugur. Kapal selam ini ditemukan di kedalaman 838 meter, simak penjelasan berikut.

Baca juga : Mepe Kasur, Tradisi Banyuwangi untuk Pasangan Sehidup Semati

Ditemukan di Kedalaman 838 Meter

ditemukan di kedalaman
Ilustrasi via instagram navylookout

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana YNI Yudo Margono mengatakan kapal selam KRI Nanggala-402 sudah terdeteksi berada pada kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut.

Kapal terdeteksi setelah KRI Rigel dan ROV kapal MV Swift Rescue dari Singapura mencari kapal selam buatan Jerman itu, dengan melakukan kontak bawah air.

Awak Kapal Dinyatakan Gugur

dinyatakan gugur
Ilustrasi via pexels Manuel Keusch

Kemudian KRI Rigel dan ROV MV Swift Rescue Singapura yang mencari kapal selam buatan Jerman ini, menemukan beberapa bukti yaitu kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK 11.

Berdasarkan bukti tersebut Panglima TNI Marsekal Hadi, menyatakan bahwa dapat dinyatakan KRI Nanggala telah tenggelam dan 53 awak kapal telah gugur.

Ditemukan Terbelah Menjadi Tiga

ditemukan terbelah menjadi 3
Ilustrasi via instagram shipspotter_hayriyay

Kapal selam buatan jerman ini ditemukan terbelah menjadi tiga bagian, tedapat bagian yang terlepas dari badan utama kapal, kemudian terdapat bagian belakang kapal tak berbadan tekan, selanjutnya kemudi horizontal dan vertikal.

Sebelumnya Telah Ditemukan Benda

sebelumnya
Ilustrasi via instagram shipspotter_hayriyay

Sebelumnya KRI Nanggala dinyatakan hilang kontak di perairan laut utara Bali, saat mengikuti latihan penembakan senjata strategis TNI AL 2021. Sesuai rencana kapal selam ini hendak melakukan latihan tembak torpedo kapal perang pada Rabu 22 April 2021.

Setelah empat hari pencarian, kemarin Sabtu 24 April 2021 dinyatakan tenggelam dan ditemukan sejumlah benda di dekat lokasi tumpahan minyak. Antara lain pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan, alas yang dipakai oleh ABK untuk beribadah solar hingga pelumas untuk naik turun periskop kapal selam.

Demikian penjelasan mengenai KRI Nanggala-402 telah ditemukan dan seluruh awak kapal dinyatakan gugur. Next

ramadan
fi kafe di jaksel

4 Kafe di Jakarta Selatan Untuk Nongkrong dan Ngabuburit

Doyan Minum Kopi? Coba Kopi Merah Jambuwer