in , ,

Kue Natal di Jerman, Pelengkap Kehangatan Malam Kudus

fi kue khas natal di jerman

Setiap negara mayoritas Umat Kristiani memiliki hidangan yang wajib ada di setiap perayaan Natal. Seperti kue Natal di Jerman berikut ini, pelengkap kehangatan malam kudus berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih. Yuk simak daftar di bawah ini.

Baca juga : 5 Jembatan Kaca Melayang di Angkasa, Uji Nyali Untuk Melewatinya

1. Lebkuchen

lebkuchen
Ilustrasi via instagram tinas.kuechenzauber

Pertama ada kue kering tradisional Jerman yang selalu ada di setiap perayaan Natal. Kue lembut nan renyah ini mirip roti jahe (gingerbread) ditemukan pertama kali oleh biarawan di Franconia. Terbuat dari tepung, madu, telur, hazelnut, walnut, badam, manisan jeruk, potongan lemon dan rempah-rempah jahe, kapulaga, kayu manis serta lainnya.

2. Spritzgeback

spritzgeback
Ilustrasi via instagram amcm.2112

Berikutnya ada Spritzgeback merupakan biskuit khas Natal yang memiliki cita rasa renyah, mudah hancur dan terasa kelembutan menteganya. Berbahan dasar tepung, mentega, gula dan telur. Biasanya disajikan bersama kue kering lainnya.

3. Bethmannchen

bethmannchen
Ilustrasi via instagram baketotheroots

Kemudian ada Bethmannchen merupakan kue tradisional yang masih mempertahankan resep sejak berabad-abad lalu. Kue khas Natal ini banyak ditemukan di Frankfurt, nama dan resep kue ini diambil dari keluarga Bethmann. Terbuat dari marzipan, tepung, almond, air mawar, gula bubuk, dan telur.

4. Stollen

stollen
Ilustrasi via pexels Sebastian Coman Photography

Selanjutnya ada Stollen, hidangan kue Natal klasik mirip dengan panetone asli Italia. Roti ini berasal dari daerah Dresden, memiliki cita rasa yang kaya sebab di dalamnya terdapat buah kering, manisan kulit jeruk, lalu di atasnya diberi gula icing.

Awalnya roti ini hanya terbuat dari tepung, ragi, dan minyak, setelah itu pada tahun 1490 saat Paus Innocent VIII mencabut larangan memanggang menggunakan mentega selama Adven, kemudian Stollen berkembang menjadi berisi padat dan kaya rasa.

Demikian daftar kue Natal di Jerman yang lezat sebagai hidangan pelengkap kebersamaan keluarga di hari suci umat Kristiani. Kue wajib Natal Teman Traveler apa nih? Next

ramadan
fi etika membawa tas ransel

Etika Membawa Tas Ransel di Pesawat ala Garuda Indonesia

Glamping di Bukit Lintang Sewu, Yogyakarta