in ,

Kuliner Khas Bengkulu, Makanan Berat Hingga Camilan yang Nikmat

fi kuliner khas bengkulu

Terkenal dengan bunga raksasa Rafflesia Arnoldi dan sejumlah keindahan alamnya, Bengkulu juga mempunyai makanan tradisional yang wajib dicoba. Berikut daftar rekomendasi kuliner khas Bengkulu, mulai dari makanan berat hingga camilannya yang nikmat. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Pantai Gesing Gunung Kidul, Nikmati Keindahan Alam sambil Kulineran Ikan Segar

1. Gulai Kemba’ang

gulai kembaang
Ilustrasi via [image source]

Pertama ada gulai kemba’ang, masakan favorit masyarakat Bengkulu ini berbahan dasar iga atau daging sapi dibumbui dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan nikmat. Biasanya sebagai pendamping disajikan bersama daun pakis, makanan ini menjadi menu makanan utama saat Ramadhan tiba.

Rekomendasi untuk mencoba hidangan gulai kemba’ang bisa datang ke RM Sembam Ikan Marola dengan harga terjangkau, berlokasi di Pantai Berkas, Jalan Pariwisata, Pasar Berkas, Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu. Jam operasional warung pukul 08.00-21.00 WIB setiap hari, kecuali hari Senin pukul 08.00-16.30 WIB.

2. Bagar Hiu

bagar hiu
Ilustrasi via instagram unifit.wrg

Kemudian ada bagar hiu, masakan khas yang unik menggunakan daging hiu jenis punai, dagingnya tidak amis. Memiliki cita rasa unik gurih dan pedas dari kuah kentalnya, kaya akan rempah-rempah apalagi tidak memakai santan melainkan kelapa sangrai. Makanan ini termasuk langka sebab bahan baku ikan tidak mudah didapat, untuk itu hanya dijumpai saat-saat tertentu saja.

Rekomendasi tempat makan bagi Teman Traveler yang penasaran sajian bagar hiu ini dapat mendatangi Warung Uni Fit, satu porsinya dibanderol Rp 30.000 harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Warung berlokasi di Anggut Dalam, Kecamatan Ratu Samban, Bengkulu. Jam operasional pukul 10.00-22.00 WIB, buka setiap hari.

3. Lemang Tapai

lemang tapai
Ilustrasi via instagram gudangresep_

Selanjutnya ada lemang tapai, camilan yang memiliki cita rasa gurih bercampur asam manis menyegarkan. Terbuat dari beras ketan dimasak dengan mencampurkan santan dan garam, lalu dibungkus menggunakan daun pisang setelah itu dibakar pada seruas bambu muda sepanjang 50 cm. Untuk menikmatinya disajikan bersama tapai legit.

Teman Traveler dapat menjumpai pedagang di sepanjang Jalan Sungai Rupat, Kelurahan Pagar Dewa, Bengkulu jika ingin mencobanya. Satu batang dibanderol Rp 8.000 dan Rp 20.000 3 batang, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

4. Bubur Sekoi

bubur sekoi
Ilustrasi via instagram hega_81

Berikutnya ada bubur sekoi terbuat dari biji jewawut dimasak dengan santan dan lainnya yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin C dan sebagainya. Memiliki cita rasa manis serta gurih, cocok dihidangkan saat musim hujan. Makanan ini adalah menu utama untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Teman Traveler dapat mencoba hidangan ini di Kedai Kopi Sle, satu porsinya dibanderol Rp 7.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Kedai berlokasi di Jalan Pariwisata, Pantai Panjang, Bengkulu. Jam operasional pukul 09.00-00.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar rekomendasi kuliner khas Bengkulu, bisa dijadikan referensi kuliner Teman Traveler saat berada di kota Bumi Rafflesia. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi olahraga tradisional khas indonesia

Olahraga Tradisional Khas Indonesia Permainan Seru dan Unik

Spot Olahraga di Lingkungan Universitas Indonesia, Sangat Asri