in , ,

Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur Wajib Dicoba, Ada Se’i Sapi yang Populer

fi kuliner khas ntt

Terkenal dengan destinasi wisata alam yang eksotis dan indah, begitu pula makanan asli dari daerah ini. Berikut rekomendasi kuliner khas Nusa Tenggara Timur (NTT), beragam dan menggugah selera. Wajib dicoba salah satunya ada masakan populer se’i sapi, yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Meugang, Perayaan Hari Kemenangan Masyarakat Aceh

1. Jagung Bose

jagung bose
Ilustrasi via instagram kafepunanpuan

Pertama ada Jagung Bose yaitu bubur khas NTT yang terbuat dari jagung sesuai namanya, kacang merah, kacang tanah dan santan. Biasanya disajikan bersama ikan bakar atau se’i, dinikmati untuk sarapan maupun makan malam sama-sama lezatnya dan menggugah selera.

Teman Traveler dapat mencobanya di Warung Gerhana berlokasi di Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Biasanya satu porsinya dibanderol Rp 20.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waku.

2. Rumpu Rampe

rumpu rampe
Ilustrasi via instagram hotnspicy_byalfakitchen

Berikutnya ada masakan khas yang berbahan dasar campuran buah, daun serta bunga pepaya, daun singkong, daun kelor dan jantung pisang. Dihidangkan bersama ikan bakar atau sei sapi serta jagung bose, memiliki cita rasa agak pahit namun membuat ketagihan, apalagi memakai udang rebon jadi semakin gurih.

Teman Traveler dapat mencobanya di Duta Karunia Cafe yang berlokasi pada Jalan San Juan Sarotari, Sarotari, Larantuka, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional pukul 08.00-20.00 WITA, hari Senin-Sabtu dan Minggu 10.00-20.00 WITA.

3. Ohu Ai Pungan

ohu ai pungan
Ilustrasi via [image source]

Kemudian ada Ohu Ai Pungan merupakan masakan tradisional masyarakat Kabupaten Sikka, terbuat dari ubi kayu kering (gaplek) dan ditumbuk, kelapa parut, garam, serta ikan teri kering. Mempunyai cita rasa gurih dan asin yang membuat ketagihan ketika memakannya. Disajikan ketika ada upacara adat, pernikahan dan sambut baru.

4. Kolo

kolo
Ilustrasi via [image source]

Lalu ada Kolo bentuknya seperti lontong, terbuat dari beras dimasak di dalam sembilah bambu berukuran 30 cm. Makanan ini dihidangkan saat ada upacara adat dan dinikmati dengan berbagai macam lauk seperti kuah ayam serta minuman khas moke yang terbuat dari sulingan bunga aren.

5. Se’i

sei sapi
Ilustrasi via instagram jogjafood

Selanjutnya ada menu populer berasal dari NTT yaitu Se’i, hidangan daging sapi atau babi hutan yang diawetkan dengan diasap menggunakan kayu bakar. Setelah itu se’i digoreng atau ditumis bersama daun pepaya, kalau di Ende daging akan diolah dengan memakai bahan dasar ikan. Selain itu daging se’i juga ditemani sambal laut, sambal matah atau rica-rica.

Teman Traveler dapat mencoba se’i sapi di Rumah Makan Selera yang berlokasi di Jalan Suprapto No.30, Kecamatan Oebobo, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional resto pukul 11.00-16.00 WITA, buka setiap hari kecuali hari Minggu.

Demikian ulasan kuliner khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang wajib dicoba saat berwisata ke sana Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Ingin Berwisata Ke Air Terjun? Jangan Abaikan 6 Barang ini

fi kebun binatang

4 Kebun Binatang di Indonesia, Tempat Liburan Seru Dengan Keluarga