in ,

Kuliner Enak di Pasar Beringharjo, Jangan Sampai Dilewatkan

kuliner Jogja
kuliner Jogja

Berburu kuliner Jogja, kurang lengkap jika belum mampir ke Pasar Beringharjo. Pasar tradisional yang disebut-sebut paling indah di Jawa ini hampir menyediakan apapun yang kamu inginkan, termasuk makanan khas Jogja. Wah, kira-kira kuliner apa sih yang bakal memanjakan mata, lidah serta perut saat berkunjung ke sini?

Baca juga : Mengintip Kehidupan di Tenganan, Desa Bali Aga di Ujung Timur Pulau Dewata

1. Sate Kere Mbah Suwarni

Sate Suwarni
Sate Suwarni [image source]
Pernah makan Sate Kere? Yap, makanan satu ini terdiri dari gajih sapi pilihan dan kulit ayam yang dibumbui rempah sebelum dibakar serta disajikan dengan kecap manis. Baunya yang sedap membuat siapapun tergoda untuk membeli kuliner di Pasar Beringharjo ini. Salah satu penjual yang terbilang fenomenal di kalangan pecinta kuliner adalah Mbah Suwarni. Selain menyediakan Sate Kere, ada juga sate daging sapi, bakso, babat iso, ati ampela. Sementara harganya bervariasi mulai dari Rp2.000,- hingga Rp2.500,-/tusuknya.

Sate Kere
Sate Kere [image source]

2. Warung Empal Bu Warno

Warung Bu Warno
Warung Bu Warno [image source]
Pasar Beringharjo juga bakal memanjakanmu dengan kuliner enak berupa nasi Empal. Berada di lantai 2, warung makanan satu ini bernama Ratengan / Empal Bu Warno. Untuk sampai di kedai sederhana ini memang tidak mudah. Kamu harus blusukan terlebih dahulu dari sisi timur pasar kemudian naik ke lantai dua. Kamu bisa merasakan nikmatnya seporsi empal gurih dengan teksturnya lembut di lidah. Dijamin, berburu kuliner di tempat ini puas banget.

Warung Bu Warno Jogja
Warung Bu Warno Jogja [image source]

3. Soto Semarang

Soto Semarang
Soto Semarang [image source]
Bukan hanya makanan khas Jogja saja, di Pasar Beringharjo juga terdapat kuliner khas daerah lain. Seperti Soto Semarang yang dijamin langsung membuat perutmu kenyang. Soto sapi ini terbilang cukup terjangkau dengan harga Rp8.000 per porsi. Kuahnya yang gurih sangat menggoda dengan toping daging sapi cukup banyak. Tidak hanya lidah saja, perut pun bakalan puas saat menyantap hidangan satu ini.

Ilustrasi Soto Beringharjo
Ilustrasi Soto Beringharjo [image source]

4. Es Dawet Mbah Hari

Dawet Mbah Hari
Dawet Mbah Hari [image source]
Nah, setelah makan menu yang berat-berat, waktunya berburu minuman segar di Beringharjo. Salah satunya yang dapat kamu cicipi adalah Es Dawet racikan Mbah Hari. Ya, es satu ini cukup legendaris karena pemiliknya sudah berjualan lebih dari 40 tahun. Selama itu pula, rasanya tidak berubah dan tetap nendang di lidah. Untuk satu porsinya terbilang murah, hanya dibandrol seharga Rp4.000,-. Tapi, kamu perlu bersabar jika ingin menikmati dawet Mbah Hari. Pasalnya, pembeli di sini sangat banyak dan harus antri lama.

Dawet Beringharjo
Dawet Beringharjo [image source]

5. Gudangan Khas Beringharjo

Gudangan Jogja
Gudangan Jogja [image source]
Pasar Beringharjo biasa digunakan untuk berbelanja barang dengan jumlah yang cukup banyak. Karena itu pula, jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum berbelanja. Salah satu yang bisa kamu santap saat ke pasar tertua di Jogja ini adalah Gudangan yang dijual di dekat pintu selatan. Rasanya pun gurih dan pastinya bikin ketagihan. Untuk satu bungkus makanan ini sangat murah meriah, yaitu Rp3.000 saja.

Jajanan Khas Beringharjo
Jajanan Khas Beringharjo [image source]

Tidak hanya lima kuliner di atas saja, Pasar Beringharjo masih memiliki banyak lagi makanan enak yang tentu bakal membuatmu rindu berkunjung ke sini. Nah, kira-kira mana nih hidangan favoritmu? Next

ramadan
Honeymood Hamish Raisa

Usai Menikah Nanti, Hamish Wajib Ajak Raisa Honeymoon ke Objek Wisata Ini

Masjid Islamic Center Lombok

Masjid Hubbul Wathon Islamic Center Lombok, Serasa Beribadah di Tanah Suci