in ,

Kuliner Khas Toraja, Sajian Super Pedas dari Negeri Di Atas Langit

5 Kuliner Khas Toraja

Keindahan objek wisata di Toraja memang patut diacungi jempol. Kekayaan alam serta budayanya selalu menjadi alasan wisatawan untuk mengunjungi kabupaten ini. Seolah tak mau kalah, kelezatan ragam kulinernya pun dijamin akan menggoyang lidah kamu. Apa saja makanan yang bisa dicoba selama di sini? Yuk dibaca ulasan di bawah ini!

Baca juga : Super Nyaman! Perjalanan Darat Surabaya Jakarta dengan Sleeper Bus

1. Tollo’ Pammarasan

Tollo’ Pammerasan [image source]
Makanan ini berbahan irisan buah pangi atau kepayang. Isi bijinya menjadi salah satu bahan penting karena berbentuk serbuk hitam yang disebut Pammarasan. Ramuan ini lalu dicampurkan ke masakan sehingga menciptakan kuah kehitaman dengan rasa pedas nan lezat. Umumnya, kuliner ini disajikan dengan belut, ikan emas, ataupun bandeng.

Berbahan irisan buah kepayang [image source]

2. Pa’tong

Pa’tong [image source]
Pa’tong merupakan kuliner khas dengan bahan utama berupa daging anjing. Masakan ini juga menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah seperti cabe rawit serta lengkuas. Olahan ini terkenal dengan rasa pedas yang menggugah selera. Kuliner ini hanya bisa dicicipi di tempat tertentu.

Jarang ditemui [image source]

3. Utan Tu’tuk

Utan Tu’tuk [image source]
Utan Tu’tuk merupakan kuliner berupa daun singkong yang ditumbuk hingga halus. Proses memasaknya menggunakan santan dan serbuk kelapa sehingga rasanya lebih gurih. Bedanya, campuran cabai membuat makanan ini terasa pedas dan bikin ketagihan.

Sayuran pedas nan nikmat [image source]

4. Pappiong

Makanan khas negeri langit [image source]
Makanan ini dimasak dengan metode yang unik, yaitu menggunakan bambu. Proses memasaknya merupakan warisan turun temurun. Umumnya, Pappiong memerlukan daging babi sebagai bahan utamanya. Tapi tak jarang juga memakai ayam ataupun ikan.

Pa’piong Khas Toraja [image source]

5. Lada Katokkon

Lada Katokkon [image source]
Tak hanya penghasil biji kopi ternama, Toraja juga memiliki cabai yang bernama Lada Katokkon. Rasa pedasnya menjadi salah satu rahasia kelezatan kuliner khas kabupaten ini. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bentuk seperti paprika dengan ukuran lebih kecil.

Salah satu cabai pedas di dunia [image source]
Itulah 5 kuliner khas yang bisa kamu cicipi selama berlibur di Toraja. Aktivitas menjajal kuliner khas daerah tentu menjadi agenda penting. Jangan lupa untuk dicoba ya! Next

ramadan
Kafe Kekinian di Medan

Rekomendasi Kafe Instagenic di Medan untuk Rayakan Natal

Bukan Kolam Renang, Hotel Ini Sediakan Ice Skating Area di Rooftop-nya