in ,

Kupat Tahu Pak Budi Khas Jogja, Keberadaanya Lebih dari Setengah Abad

Inilah Kenikmatan Kupat Tahu Pak Budi yang Bikin Enggan Pergi

Kupat Tahu Pak Budi
Kupat Tahu Pak Budi

Kupat tahu memang ada banyak di Indonesia, termasuk di Magelang maupun Temanggung. Meski belum ada yang tahu pasti soal asal muasalnya, hidangan satu ini sudah memiliki banyak penggemar.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi Saat Kamu Pilih Lamongan Sebagai Tujuan Bervakansi

Bagi Teman Traveler di Jogjakarta, ada Kupat Tahu Pak Budi yang telah ada sejak puluhan tahun lalu dan kini berstatus legendaris. Sajian di sini pun cukup populer. Yuk, kita ulas mengenai kuliner enak ini.

Sejarah Keberadaan Warung Kupat Tahu Pak Budi

Kupat Tahu Pak Budi, via Instagram/gembulfoodie
Kupat Tahu Pak Budi, via Instagram/gembulfoodie

Warung Kupat Tahu Pak Budi SGM adalah salah satu kuliner legendaris di Jogja. Sebelum populer dengan namanya sekarang, kuliner satu ini dikenal dengan nama Kupat Tahu Kidul Saridele. Hal ini lantaran sebelum dibangun pabrik Susu SGM, di lokasi warung terdapat pabrik susu.

Kupat Tahu Pak Budi SGM sendiri sudah dirintis sejak 1957. Dengan demikian usianya sudah lebih dari setengah abad. Kerennya lagi, hingga kini sajian ini masih terus diburu oleh para pecinta kuliner Kota Pelajar.

Bukan Kupat Tahu Magelang, Namun Khas Jogja

Kuliner legendaris, via Instagram/nolian79
Kuliner legendaris, via Instagram/nolian79

Selama ini kupat tahu identik dengan kuliner khas Magelang. Namun menurut pemilik Kupat Tahu Pak Budi SGM, masakan yang disajikan di sini merupakan kupa tahu khas Jogja. Ciri khasnya adalah tidak menggunakan kacang tanah goreng, elemen yang biasa ditemukan di kupat tahu ala Magelang.

Seporsi Kupat Tahu Pak Budi SGM disajikan dengan irisan kupat tahu, tahu goreng putih, irisan kubis, taoge, tempe bacem, dan tak ketinggalan ada irisan daun seledri. Ada pula irisan kecil daun jeruk yang membuat citarasanya makin segar dan menggugah selera. Semua komponen tersebut lantas disiram kuah warna cokelat.

Rasanya begitu mantap. Dijamin tidak akan mengecewakan. Apalagi statusnya memang sudah termasuk salah satu kuliner legendaris di Jogjakarta.

Hanya Menggunakan Tahu Kualitas Terbaik

Tempat yang rekomended, via Instagram/randomkulinerjogja
Tempat yang rekomended, via Instagram/randomkulinerjogja

Demi menciptakan kupat tahu dengan citarasa luar biasa, Kupat Tahu Pak Budi SGM hanya menggunakan bahan-bahan terbaik. Tahu dipilih kualitas nomor satu dari pengrajin tahu sekitar. Tak heran jika tahu di sini memiliki tekstur begitu lembut. Sangat nikmat saat disantap bersama komponen pelengkap lain.

Lokasi Kupat Tahu Pak Budi

Bisa untuk kapan saja, via Instagram/randomkulinerjogja
Bisa untuk kapan saja, via Instagram/randomkulinerjogja

Kupat Tahu Pak Budi berada di selatan simpang empat Pabrik Susu SGM, Jl. Kusumanegara dan Jl. Veteran. Jam operasionalnya mulai pukul 09:00 sampai 16:00 WIB. Jika ingin informasi lebih lanjut, bisa menghubungi nomor 085 292 192 550.

Sementara untuk harganya, seporsi kupat tahu di sini dibandrol Rp10.000 saja. Cukup murah untuk sebuah citarasa yang begitu istimewa.

Kuliner jujukan saat di Jogja, via Instagram/randomkulinerjogja
Kuliner jujukan saat di Jogja, via Instagram/randomkulinerjogja

Kupat Tahu Pak Budi ini bisa dicicipi jika kamu sedang bosan dengan nasi. Yah sekali-kali ya Teman Traveler, menikmati kuliner lain selain gudeg saat berada di Jogja. Next

ramadan

Baru dan Hits! Taman Bunga Celosia di Aceh, Destinasi Wisata Selfie Bernuansa Eropa

Trip Eropa Aurel Hermansyah, Liburan Musim Dingin di Negara Abad Pertengahan