in , ,

Lembah Gunung Sari, Sensasi Renang di Alam Pedesaan

Rasakan Segar Alami Kolam Lembah Gunung Sari Malang

Kolam Lembah Gunung Sari
Kolam Lembah Gunung Sari (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Berenang di kolam alami bakal berikan sensasi berbeda. Jika Teman Traveler sedang liburan di Malang, kalian bisa rasakan pengalaman tersebut di Lembah Gunung Sari yang ada di Desa Kucur. Di sini kalian bakal dimanja segarnya mata air plus pemandangan bukit dan perkebunan warga nan indah di sekitarnya.

Baca juga : Jogja Fashion Carnival 2019, Cantiknya Malioboro lewat Peragaan Busana Kelas Dunia

Destinasi di Kecamatan Dau ini memang berada di kawasan pegunungan, sehingga di sana terdapat banyak sumber mata air plus tawarkan suhu udara sejuk. Sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin refreshing sekaligus melepas penat di akhir penat.

Rute Menuju Lokasi

Lembah Gunung Sari
Suasana di kolam renang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Setelah sempat penasaran, saya akhirnya memutuskan untuk mampir ke sini bersama keluarga. Rombongan kami berangkat menumpang sepeda motor. Untungnya, permukaan jalan sudah cukup naik dan bisa dilalui dengan mudah.

Tempatnya juga mudah dicari karena jalurnya tidak bercabang. Jika berangkat dari Malang, Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke kawasan Bandulan, terus hingga melewati Jedong. Jika masih bingung, kalian bisa bertanya arah pada warga sekitar kok.

Tarif Masuk Kolam Renang

dsc_0421_compress6_vfW.jpg
Berjalan menuju lokasi kolam (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Dari parkiran, Teman Traveler masih harus berjalan kaki sekitar lima menit melintasi jalan bebatuan sebelum sampai di lokasi utama. Oh ya, masing-masing pengunjung wajib membayar tiket masuk Rp5.000. Sementara untuk tarif parkir, cukup keluarkan Rp3.000 saja.

dsc_0422_compress20_vJZ.jpg
Pintu loket (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Wisata yang berada di kawasan Perhutani ini konon dibangun dengan biaya mencapai Rp40 milyar. Kala saya berkunjung, kolam renangnya sendiri masih dalam tahap pembangunan, meski sudah sekitar 80 persen rampung. Semuanya tertata rapi dan saya lihat anak-anak pun merasa betah menghabiskan waktu bermain di sini.

Warung Kecil untuk Santai

dsc_0001_compress46_0ZG.jpg
Warung gorengan (c) Rudiyanto/Travelingyuk
Lembah Gunung Sari
Tempat bersantai (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Tak jauh dari kolam renang, Teman Traveler juga bakal temukan sebuah warung kecil. Tempatnya lumayan, bisa dimanfaatkan untuk duduk santai sambil menunggu anak-anak berenang. Saya dan istri sempat leyeh-leyeh di sini sembari menyantap gorengan.

Lembah Gunung Sari
Tempat duduk dekat kolam renang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Dari sini Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan alam sekitar. Bisa saya simpulkan, panorama yang ditawarkan memang benar-benar keren. Tak disangka Desa Kucur ternyata menyimpan panorama yang luar biasa cantik, bahkan salah satu sudutnya disulap menjadi kolam renang keluarga.

Gazebo Tempat Istirahat

dsc_0427_compress46_o90.jpg
Gazebo untuk istirahat (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Selain warung kecil, pengelola juga sediakan sejumlah gazebo untuk para pengunjung. Terbuat dari potongan bambu, gazebo ini cukup untuk menampung sekitar lima orang. Selain itu ada juga gazebo dengan ukuran lebih besar, khusus untuk menggelar acara dan sanggup memuat lebih dari 10 orang.

dsc_0428_compress34_nsJ.jpg
Gazebo besar (c) Rudiyanto/Travelingyuk
dsc_0015_compress48_RGY.jpg
Gazebo dengan bentuk unik (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Di antara beberapa gazebo yang tersedia, ada satu yang desainnya cukup menarik. Dari luar bentuknya terlihat sedikit eksotis, dengan payung ala Bali di jalan masuknya. Saya pun jadi tertarik untuk berfoto di sini.

Kolam Aman untuk Anak-anak

Lembah Gunung Sari
Kolam aman untuk anak-anak (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Kawasan Lembah Gunung Sari terdiri dari dua Kolam Renang, namun dua-duanya tidak terlalu dalam kok. Di sini Teman Traveler tak perlu khawatir karena pengelola sudah sediakan pelampung. Selain itu ada beberapa petugas yang siap mengawasi dan bertindak jika ada keadaan bahaya. Intinya, tempat ini aman untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Lembah Gunung Sari. Buat Teman Traveler yang penasaran dengan wisata alam ini, langsung saja meluncur ke Desa Kucur. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Malang ya. Next

ramadan

Written by Rudiyanto

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

5 Tradisi Rebo Wekasan, Tolak Bala Hadapi Hari Bencana

MTL Soedirman

MTL Soedirman, Mengenal Kehidupan Sang Jenderal di Purbalingga