in

Liburan 2D1N di Karimunjawa Budget 400 ribuan, Murah Tapi Puas

Bisa jelajah destinasi ke mana-mana nih

liburan karimunjawa 400 ribuan

Karimunjawa merupakan salah satu kepulauan yang banyak jadi tujuan wisatawan untuk berlibur. Namun sayangnya, harga untuk berwisata ke sana cukup mahal, sehingga banyak yang mengurungkan niat berlibur ke sana. Tapi, Teman Traveler jangan khawatir, karena ada cara liburan puas di Karimunjawa selama 2 hari 1 malam dengan budget 400 ribuan. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, kepoin caranya di bawah ini, ya. 

Baca juga : Itinerary 3D2N Makassar Jogja, Mahasiswa UNHAS Bisa Cobain Nih

Cari Tempat Persewaan Motor Seharga Rp75 ribu 

liburan karimunjawa 400 ribuan
Ilustrasi menyewa motor via instagram/dimas_suta05

Sebelum beranjak ke penginapan, ada baiknya untuk mencari tempat persewaan sepeda motor terlebih dulu. Kalian bisa mencari tahu di internet atau tanya kerabat yang sudah pernah berkunjung ke Karimunjawa. Biasanya, harga rata-rata peminjaman motor adalah Rp75 ribu sehari. Teman Traveler memang perlu menyewa kendaraan, karena di Karimunjawa masih belum ada fasilitas ojek online

Menginap di The Bodhi Tree Hostel Mulai Rp100 ribu 

liburan karimunjawa 400 ribuan
The Bodhi Tree Hostel via instagram/thebodhitreehostel

Kalau sudah selesai menyewa motor, kalian bisa langsung meluncur ke sebuah penginapan bernama The Bodhi Tree Hostel. Lokasinya berada di Jalan Sutomo RT 1 RW 1, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Hostel instagenic satu ini memiliki harga yang beragam dan yang paling murah adalah Rp100 ribu.

Untuk kamar dengan harga semurah itu, kalian akan mendapatkan kamar berjenis dormitory. Namun, jangan khawatir, meskipun menjadi satu dengan tamu lainnya, kamarnya bersih dan nyaman. 

Di tempat ini juga terdapat sebuah resto yang bisa mengenyangkan perut kalian. Makanan yang disediakan pun mulai dari sarapan hingga makan malam. Tapi, untuk Teman Traveler yang memesan kamar dormitory, harga tadi tidak termasuk sarapan, ya. Kalian harus membayar biaya tambahan kalau ingin menambah paket sarapan. Mulai dari Rp50 ribuan. 

Mulai Perjalanan Hari Pertama ke Bukit Joko Tuwo dengan Harga Rp10 ribu 

liburan karimunjawa 400 ribuan
Bukit Joko Tuwo via instagram/vievreity

Saatnya berjalan-jalan ke Bukit Joko Tuo yang berlokasi di Taman Nasional Karimunjawa, Karimunjawa, Jawa Tengah. Dari hostel ke Bukit Joko Tuwo ini memakan waktu sekitar 2 menit perjalanan kalau menggunakan sepeda motor. Kalau sudah sampai di sana, kalian akan melihat pemandangan indah pulau-pulau yang ada di kawasan Karimunjawa seperti Pulau Menjangan Kecil dan Besar. 

Selain sajian pemandangan, di Bukit Joko Tuwo kalian juga bisa melihat tulang ikan paus yang memiliki panjang sekitar 12 meter dan terletak di sekitar perbukitan. Kerangka ikan paus ini oleh warga sekitar terkenal dengan nama Joko Tuwo. Sekilas, bila dilihat kerangka ini mirip dengan kayu pahatan buatan manusia, namun kerangka ini merupakan asli kerangka ikan paus.  

Lalu, di sana juga terdapat beberapa spot foto yang bisa digunakan pengunjung untuk mengambil momen. Seperti gardu pandang dan juga tulisan Karimunjawa yang terukir rapi di atas bebatuan. Untuk menikmati semuanya, kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp10 ribu. 

Bersantai Sambil Makan di Whaley’s Cafe Mulai Rp15 ribuan 

liburan karimunjawa 400 ribuan
Makanan dan minuman di Whaley’s Cafe via instagram/tini_qoe

Sesudah menghabiskan waktu di Bukit Joko Tuwo, kalian sebaiknya langsung isi perut sambil nongkrong di Whaley’s Cafe. Hanya butuh waktu empat menit dari Bukit Joko Tuwo menuju kafe satu ini. Whaley’s Cafe menyediakan makanan ringan hingga berat.

Mulai dari kentang goreng hingga nasi goreng. Untuk minumannya sendiri, ada bermacam-macam. Seperti jus, milk shake, kopi, teh dan coklat. Lalu harganya, makanan dan minuman yang ada di sini dimulai dari Rp15 ribu. 

Menikmati Sunset di Bukit Love Cuma Rp10 ribu 

liburan karimunjawa 400 ribuan
Spot di Bukit Love via instagram/dadungz

Selesai bersantai dan memanjakan perut, kalian bisa mampir ke Bukit Love yang berada di Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Letaknya tepat di seberang Whaley’s Cafe.

Di sini kalian akan menemukan banyak spot instagenic. Dari tulisan Love sampai dengan Karimunjawa yang banyak dicari oleh wisatawan. Selain itu, di Bukit Love ini Teman Traveler juga bisa menikmati indahnya senja dari ketinggian. Untuk dapat menikmatinya, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp10 ribu. 

Makan Malam di Alun-alun Karimunjawa Mulai Rp30 ribu 

Pilihan seafood di Alun-alun Karimunjawa via twitter/baciritaID

Hari sudah gelap, saatnya untuk memanjakan perut di Alun-alun Karimunjawa. Hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk sampai ke Alun-alun ini dari Bukit Love. Nah, Teman Traveler akan menemukan ragam makanan seafood yang tentu membuat kalian bingung.

Ada cumi-cumi, kepiting dan ikan dengan berbagai cara masak seperti bakar, goreng atau tumis. Untuk harganya bervariasi dan yang paling murah adalah Rp30 ribu. 

Buka Hari Kedua di Taman Nasional Karimunjawa dengan Rp10 ribu 

Taman Nasiona Karimunjawa via instagram/hyukaze7

Setelah selesai bersantap pagi, kalian bisa berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa. Dari hostel, kalian membutuhkan waktu sekitar 7 menit untuk sampai di sana. Di sini kalian akan melihat indahnya laut yang telah diakui oleh internasional. Ini karena taman nasional memiliki aneka terumbu karang bawah laut yang paling lengkap dan ikan bermacam – macam. 

Di sini kalian bisa beraktivitas seperti snorkeling, olahraga selam, berenang bersama hiu, keliling pulau dan lain sebagainya. Namun, untuk menikmati itu semua, kalian wajib membayar biaya tambahan. Sedangkan tiket masuknya sendiri adalah sebesar Rp10 ribu. 

Nikmati Keindahan Pantai di Tanjung Gelam dengan Harga Rp10 ribu 

Pantai Tanjung Gelam via instagram/larissx 

Usai bersenang-senang di Taman Nasional, kalian bisa beranjak ke Pantai Tanjung Gelam yang menghabiskan waktu sekitar 4 menit. Dengan harga tiket sebesar Rp10 ribu, mata kalian bisa dimanjakan oleh panorama indahnya. Dari kejauhan, pasir putih yang memanjang terlihat dengan jelas di pantai ini. Tak hanya itu, terumbu-terumbu karang juga terlihat jelas dari atas kapal saat  memasuki kawasan pantai.

Selain itu, pasir putihnya menjorok ke laut sehingga kalian bisa puas bermain di sini. Di sekitar pantainya juga terdapat pohon-pohon kelapa yang berderet rapi dan beberapa di antaranya miring ke laut seakan-akan mau roboh atau tumbang. Jadi sangat cocok untuk background foto bagi kalian yang senang berfoto. 

Di pantai ini, kalian juga bisa sekaligus makan siang, lho. Di pinggir pantai terdapat warung makan yang mempunyai beragam menu. Mulai dari mie goreng sampai dengan seafood. Untuk harga termurahnya, kalian bisa merogoh kocek sebesar Rp10 ribu. 

Tutup Hari Kedua dengan Berkunjung ke Pantai Batu Topeng Secara Gratis 

Pantai Batu Topeng via instagram/zain_kagawa

Sekitar 700 meter dari Tanjung Gelam, ada Pantai Batu Topeng yang bisa kalian nikmati secara gratis. Pantai Batu Topeng memiliki keunggulan hamparan pasir putihnya yang indah. Selain itu, pantai ini juga menjadi pantai yang biasa digunakan wisatawan untuk berburu sunset.  

Spot favorit di Pantai Batu Topeng adalah sebuah gazebo yang berada di atas bebatuan. Bebatuan tersebut ada di antara air laut yang lokasinya tak jauh dari bibir pantai. Jadi, kalian  bisa menikmati sensasi bersantai di gazebo yang dikelilingi air laut pantai berwarna biru yang bergradasi hijau. Menutup liburan di Karimunjawa dengan 400 ribuan di sini pasti akan memberikan makna besar untuk kalian.

Itu tadi adalah itinerari liburan di Karimunjawa selama 2 hari 1 malam dengan budget 400 ribuan. Cukup terjangkau, karena kalian bisa menjelajah beberapa tempat dalam satu hari dan itu sudah termasuk makan. Jadi, Teman Traveler bisa puas liburan tanpa harus takut uang ludes. Nah, untuk pemesanan hotel, kalian sebaiknya pesan di aplikasi pemesanan karena harga jauh lebih murah.  Next

ramadan
Es Pankuk Pak Yono

Es Pankuk Pak Yono, Segarnya Melegenda Sejak 1950

Kampoeng Kopi Sambisari, Bersantai Sambil Menikmati Sajian Kopi Khas Indonesia