in ,

5 Lokasi Surfing Terbaik di Indonesia 2019, Gulungan Ombaknya Mengguncang Dunia

Berani coba ketangguhan ombaknya?

Indonesia memang mempunyai ribuan pantai di dalamnya. Namun, tidak semuanya menjadi tempat surfing, karena kekuatan ombaknya berbeda-beda. Nah, kali ini Travelingyuk akan membahas mana saja yang menjadi lokasi surfing terbaik di Indonesia. Yuk deh kita kepoin satu persatu. 

Baca juga : Sunset di Pelataran Wisata Njulung Argoedu Tourism Malang

1. Kepulauan Mentawai  

lokasi surfing terbaik indonesia
Nyang Nyang via instagram/t_bonadio

Kepulauan Mentawai populer dengan gulungan ombaknya yang sangat digemari para peselancar. Oleh berbagai organisasi selancar, ombak di Mentawai dinilai sebagai terbaik ketiga sejagat setelah Hawaii dan Tahiti.

Disebutkan pula bahwa pulau Mentawai mempunyai 400 spot surfing dan 23 di antaranya memiliki ombak berskala internasional. Daerah tersebut antara lain di kawasan Nyang-Nyang, Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk (Pulau Siberut), Katiet Basua (Pulau Sipora) dan Pagai Utara (Pulau Sikakap). 

2. Pantai Lagundri, Pulau Nias 

lokasi surfing terbaik indonesia
Pantai Lagundri via instagram/indonesiabeutifull

Selanjutnya, ada Pantai Lagundri yang berada di Pulau Nias. Laut di pantai ini memiliki ombak dengan ketinggian 7 sampai 10 meter dengan lima tingkatan. Namun, ketinggian tersebut bisa kalian lihat April hingga September setiap tahunnya. Di luar bulan tersebut, ombak yang dihasilkan hanya setinggi 3 sampai 4 meter, tapi itu saja sudah membuat nyali menjadi ciut.  

3. G-Land, Jawa Timur 

Ombak di G-Land via instagram/pfleury 

Siapa sangka, jika Jawa Timur juga punya lokasi surfing yang menjadi magnet untuk wisatawan. Lokasinya berada di G-Land atau Pantai Plengkung, Banyuwangi. Ombaknya yang besar dan membentuk terowongan itulah yang menjadi para peselancar jatuh cinta. Kemudian, ciri khas ombak yang dimiliki juga membuat destinasi wisata satu ini terpilih sebagai lokasi Liga Surfing Dunia (World Surf League/WSL) seri ke-3 pada 4-14 Juni 2020.

4. Bukit Peninsula, Bali 

Pantai Uluwatu via instagram/simplesurfschool.bali

Pantai-pantai di Bukit Peninsula, Bali adalah surga bagi pecinta selancar mana pun di dunia. Di kawasan tersebut membentang sejumlah pantai yang sempurna untuk menunggang ombak. Tidak mengherankan, National Geographic mendaulat Bukit Peninsula masuk dalam jajaran lokasi surfing terbaik di dunia atau “World’s 20 Best Surf Towns”.

Pantai-pantai di kawasan ini memang sudah lama dikenal sebagai lokasi untuk kegiatan selancar. Bahkan, kejuaraan selancar internasional sudah sering digelar di sini. Bukan tanpa alasan tentunya, itu karena karakteristik ombak di Bali sempurna untuk kegiatan selancar, seperti Pantai Uluwatu, Pantai Padang Padang, dan Pantai Dreamland

5. Pantai Lakey, Nusa Tenggara Barat 

Ombak Pantai Lakey via twitter/wongbanglean

Terakhir, ada Pantai Lakey yang berada di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini termasuk ke dalam lokasi selancar favorit, karena memiliki ombak kidal. Istilah ombak kidal di pantai ini karena arah ombaknya memiliki sapuan ke kiri bukan ke kanan sebagaimana pada umumnya. 

Pantai Lakey memiliki 4 jenis ombak yang biasa disebut oleh para peselancar yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Dari 4 jenis ombak tersebut, jenis ombak Lakey Peak yang paling menantang untuk berselancar karena sapuan arah ombak dari kiri. Kemudian berbentuk terowongan panjang yang menakjubkan.  

Itulah lokasi surfing terbaik yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing, baik dari ketinggian hingga keunikan ombaknya. Jadi, jangan heran apabila semua tempat-tempat tersebut sudah dikenal ke seluruh penjuru dunia.  Next

ramadan

Rasakan Sensasi Ngadem ala Bule di Tempo Gelato Jogja

Taman Pinus Bendosari, Keindahan Tersembunyi di Malang