in ,

Destinasi Pilihan Wisata Durian di Jogja dan Sekitarnya, Surganya Pecinta King of Fruit!

Wisata Durian di Jogja dan Jawa Tengah

Pilihan wisata di Jogja dan sekitarnya yang menawarkan durian bisa jadi surga bagi pecinta King of Fruit di dua wilayah ini. Jika Teman Traveler kebetulan sedang berkunjung, jangan lupa mampir ya! Penasaran di mana saja lokasinya? Berikut ini rekomendasi dari Travelingyuk!

Baca juga : Kopi Sontoloyo di Batu, Lokasi Hangout Baru Bernuansa Klasik Penuh Pernik Antik

1. Taman Buah Nglanggeran, Jogja

Tugu Buah Durian di Kebun Buah Nglanggeran via Instagram/andrengisru

Destinasi wisata durian di Jogja dan Jawa Tengah yang pertama bisa Teman Traveler kunjungi ada di Taman Buah Nglanggeran, Jogja. Kebun buah ini berada di ketinggian 500 mdpl. Durian jenis montong dan kelengkeng menjadi komoditi utama di Taman Buah Nglanggeran.

Kebun Buah Nglanggeran via Instagram/khasanahmahmudatun

Kebun buah durian di Gunungkidul menghasilkan produk lokal yang bercitarasa lezat. Warnanya cenderung jingga, tidak terlalu manis, dan memiliki kadar gula serta alkohol rendah. Sambil menikmati buah durian, Teman Traveler bisa menyaksikan panorama dari Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran.

2. Agro Durian Banjaroya, Kulonprogo

Kebun Durian Kalibawang Kulon Progo via Instagram/jualduriankalibawang

Salah satu desa di Kulonprogo bernama Banjaroya, terkenal dengan buah duriannya. Terutama durian jenis Menoreh. Kualitas buah yang ada di Kecamatan Kalibawang ini sangat dijaga.

Durian Asli Kulon Progo via Instagram/jualduriankalibawang

Wisatawan dan warga tidak boleh memetik durian sebelum matang. Uniknya, pohon durian yang ada di sini, sebagian besar sudah berusia ratusan tahun.

3. Agrowisata Durian Karangrau, Banyumas

Durian di Karangrau Banyumas via Instagram/yuan_djaziem_djaelani

Agrowisata durian Karangrau di Banyumas sudah dicanangkan sebagai agrowisata buah durian sejak 2010 lalu. Agrowisata tersebut menjadi komoditas lain selain perkebunan karet. Berada di sini, Teman Traveler bisa makan buah durian dari kebun atau yang dijual di kios-kios di sepanjang jalan.

4. Kebun Durian Lolong, Pekalongan

Durian Lolong Andalan Pekalongan via Instagram/nawawi_el

Pekalongan juga merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang unggul dalam komoditas durian lho. Pada tahun 2018 triwulan III, Pekalongan menghasilkan 584 kuintal. Total luas kebun durian di kabupaten yang terkenal juga dengan produksi batiknya ini mencapai 3.713 hektar.

Makan Durian dari Kawasan Kebunnya via Instagram/riyantmaulana01

Salah satu jenis durian yang merupakan komoditas unggulan kabupaten ini adalah durian Lolong. Rasa dari buah durian ini cenderung manis, legit, gurih dan ada rasa pahitnya. Lolong merupakan varian durian lokal yang ditanam secara turun-temurun di Desa Lolong, Karanganyar, Pekalongan.

5. Kampung Durian Nglawungan, Blora

Kampung Durian di Blora via Instagram/christopher_dwiandana

Kampung Durian Nglawungan di Blora terkenal dengan Saru. Jenis ini rasanya manis bercampur pahit, daging buahnya cukup tebal meski ukurannya tidak terlalu besar. Jika penasaran, Teman Traveler bisa datang ke Kampung Durian Nglawungan di Tunjungan, Blora.

6. Kebun Durian Watu Simbar, Semarang

Beli Durian Langsung dari Kebunnya via Instagram/trisia1122

Teman Traveler yang sedang berlibur ke Semarang dan makan durian, bisa datang ke Kebun Durian Watu Simbar. Lokasinya ada di Desa Pakintelan, Gunungpati, Semarang. Kebun Durian Watu Simbar sudah ada sejak 1989 lalu. Namun, baru beberapa tahun terakhir ini ia dioptimalkan menjadi tempat wisata agronomi.

Bagaimana? Manakah di antara beberapa tempat wisata durian di Jogja dan Jawa Tengah yang sudah pernah dikunjungi? Sebagai pecinta durian, Teman Traveler harus coba varietas-varietas durian lokal yang dihasilkan oleh kebun-kebun tersebut! Jadi kapan berangkat? Next

ramadan
Lontong Dharma

Lontong Dharma di Pemalang, Temani Pecinta Kuliner Sudah Lebih 100 Tahun

Anggrek Executive Lounge

Anggrek Executive Lounge, Menunggu Kereta Tak Lagi Menjemukan