in ,

Sering Disangka Sama, Ini Bedanya Lotek dan Gado-Gado

Perbedaan Lotek dan Gado-gado

Lotek dan Gado-gado

Kuliner Indonesia memang beragam. Namun, tidak dipungkiri jika banyak menu yang memiliki bentuk serupa tapi beda nama. Seperti Es Cendol dan Es Dawet. Ada juga yang terlihat mirip tapi beda rasa. Bahkan, tidak sedikit yang salah sebut. Seperti Lotek dan Gado-gado. Lalu apa beda dua makanan khas Indonesia ini? Yuk, simak ulasannya berikut.

Baca juga : Jelajah Coban Jidor, Wisata Alam Malang yang Menawan

Sayuran yang Digunakan

Sayuran di lotek
Sayuran di lotek via instagram/@voilajogja

Lotek dan gado-gado bisa saja disebut sebagai saladnya Indonesia. Kedua menu ini terbuat dari sayuran yang menyehatkan badan. Namun, sebagian besar sayuran yang digunakan sudah direbus terlebih dahulu. Untuk lotek, sayur yang digunakan biasanya terdiri dari bayam rebus, tomat mentah, timun mentah, dan tauge rebus. Sementara gado-gado berisi kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah, kol, labu siam serta kentang rebus.

Seporsi gado-gado
Seporsi gado-gado via instagram/@surabayafoodies

Campuran Bumbu Kacang Lezatnya

Bumbu Lotek
Bumbu Lotek via instagram/@delineatta

Kedua menu khas Indonesia ini memiliki persamaan pada bumbu yang digunakan. Apalagi kalau bukan saus kacang dengan kepedasan sesuai selera. Meski terlihat serupa, jenis saus yang digunakan berbeda, loh. Untuk lotek, bumbu kacang yang digunakan ini dicampur dengan kencur. Bumbu gado-gado sendiri tidak menggunakan kencur, tapi ditambah terasi.

Bumbu gado-gado
Bumbu gado-gado via instagram/@foodgram_yk

Tambahan Lauk Spesial

Lotek Bu Bagyo
Lotek Bu Bagyo via instagram/@nyamyhhh

Seporsi gado-gado dan lotek memang pas untuk kamu yang tengah diet. Jangan khawatir, keduanya masih ada tambahan lauk yang bikin kenyang. Di lotek kamu bisa menemukan irisan tempe dan tahu goreng yang enak banget. Sementara gado-gado menggunakan telur rebus. Beberapa tempat juga menambah kentang rebus yang dihaluskan sehingga bumbunya sedikit kental.

Bahan gado-gado
Bahan gado-gado via instagram/@ecka.y

Topping Istimewa untuk Menu Sehat

Kerupuk Lotek
Kerupuk Lotek via instagram/@kebeletmakan

Baik menyantap lotek ataupun gado-gado terasa kurang jika belum ditambah topping. Bukan meses, loh. Topping untuk lotek berupa kerupuk dan bawang goreng. Nah, menu ini disajikan bersama dengan lontong atau nasi hangat. Sedangkan topping gado-gado berupa bawang goerng pada bumbunya, emping goreng atau kerupuk udang. Kamu bisa menyantapnya dengan lontong ataupun nasi hangat.

Seporsi gado-gado di Surabaya
Seporsi gado-gado di Surabaya via instagram/@sbyfoodhunter

Nah, sudah tahukan perbedaan antara lotek dan gado-gado. Keduanya memang hampir mirip. Namun, jika lebih jeli lagi kamu bakalan tahu banyak perbedaannya. Next

ramadan
Kulit ayam renyah, Via Instagram jajanbeken

Tempat Berburu Kulit Ayam di Jakarta, Gurih dan Kriuk yang Bikin Kemaruk

Via Instagram izzanoorlaila

Taman Bunga Krisan di Indonesia, Indahnya Bikin Terpesona