in ,

Hobi Solo Traveling? Ini Loh 5 Manfaatnya!

Menyimak kelebihan para pelancong independen

Kalian punya hobi solo traveling? Bagaimana rasanya berlibur sendirian di tempat yang belum pernah disinggahi sebelumnya? Seru? Menyenangkan? Atau malah menakutkan?

Baca juga : 4 Bakso Mangkuk, Kuah Gurihnya Bikin Lidah Terus Bergoyang

Nah, ada banyak hal yang pastinya ditemui pada waktu kita berlibur sendirian di tempat asing. Namun lebih dari itu, ternyata 5 manfaat tersembunyi dari solo traveling. Simak ulasannya berikut!

1. Rasakan Jadi Orang ‘Egois’ Sehari

Ilustrasi berlibur sepuasnya via Shutterstock

Mungkin inilah satu-satunya hal di mana kalian dibenarkan untuk jadi ‘egois’. Berlibur bersama orang lain berarti berbagi rencana bersama mereka. Iya kalau itinerari yang mereka buat sesuai sama kalian. Bagaimana kalau tidak?

Nah, dengan menjadi solo traveler, kalian bebas mau ke mana saja yang dimau tanpa perlu ada perasaan sungkan atau empati terhadap teman serombongan. Mau pergi belanja sepuasnya? Mau berdiam di museum selama 6 jam lebih? Silakan!

2. Bertemu dengan Orang-Orang Menyenangkan

Ilustrasi bertemu dengan orang baru via Shutterstock

Ketika berlibur bersama orang lain, ada kecenderungan bagi kalian untuk tetap terlekat pada mereka di manapun dan kapanpun. Nah, dengan menjadi solo traveler, kalian bebas mau bertemu atau hangout dengan siapa saja, termasuk orang-orang baru yang ditemui saat traveling.

Entah mereka adalah warga lokal ataupun sesama pelancong, kalian akan menemukan ritma bergaul yang seru dan menyenangkan bersama mereka.

3. Bisa Istirahat Tanpa Merasa Bersalah

Ilustrasi bisa istirahat sepuasnya via Shutterstock

Manusia butuh istirahat yang cukup biar tidak gampang sakit, apalagi saat sedang traveling. Namun, ketika sedang berlibur bersama rombongan teman-teman, kalian akan dituntut untuk strict dengan jadwal yang sudah dibuat, apapun yang terjadi.

Hal ini tidak akan Teman Traveler temukan kalau berlibur sendirian. Mau melenceng dari itinerari yang dibuat? Silakan! Mau tidur seharian pasca mengeksplor destinasi wisata sambil berjalan kaki? Bebas! Kalian bisa melakukan apapun tanpa perlu merasa ditekan atau bersalah pada siapapun.

4. Bisa Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Ilustrasi belajar bahasa dan budaya baru via Shutterstock

Solo traveler dituntut untuk bisa survive dalam kondisi apapun di tempat wisata, termasuk saat bertemu dengan orang-orang yang berbeda bahasanya dengan kalian. Akan jadi tantangan tersendiri jika yang ditemui adalah mereka yang bertutur kata menggunakan bahasa lokal yang kurang dikenal.

Teman Traveler akan dituntut untuk mengasah kemampuan berbahasa asing secara autodidak, dan itu akan sangat membantu kalian makin mahir bertutur kata dengan banyak bahasa!

5. Jadi Lebih Akrab dan Intim Pada Diri Sendiri

Ilustrasi jadi kenal diri dan hobi sendiri via Shutterstock

Satu hal yang paling penting adalah dengan solo traveling, Teman Traveler akan belajar untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Berhadapan dengan lingkungan dan medan yang baru akan sangat membantu kalian dalam mengidentifikasi diri sendiri guna jadi pribadi yang lebih baik. Hal ini sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik Teman Traveler.

Demikian 5 manfaat yang diperoleh teman-teman yang hobi solo traveling. Yuk tunggu apalagi, selamat berlibur sendirian dengan seru dan menyenangkan! Next

ramadan

Mengupas 4 Tempat Wisata Penuh Filosofi di Banda Aceh

Tak Perlu Takut! Patuhi 5 Aturan Ini Saat Ke Monkey Forest Ubud