in ,

Martabak Encek di Gang Aut Bogor, Legendaris dengan Cara Pengolahan Tradisional

Martabak Encek di Bogor yang Legendaris, Bisa Ludes dalam 3 Jam Saja

Martabak Encek
Martabak Encek

Kedai martabak kekinian memang sekarang sedang menjamur di mana-mana. Namun yang legendaris dengan pengalaman puluhan tahun tetap saja ada di dalam hati. Nah, di Bogor ada salah satu tempat martabak yang telah ada puluhan tahun yang lalu. Meskipun lokasinya sederhana, banyak orang tetap antre. Namanya adalah Martabak Encek di Gang Aut Bogor. Apa sih keistimewaan martabak di sini sampai bertahan puluhan tahun?

Baca juga : Inspirasi Tempat Berbuka di Kuta dan Denpasar, Enak dan Murah

Sudah Melegenda Sejak Berpuluh-puluh Tahun Lalu

Sosok Mang Encek, via Instagram/fsaputra12
Sosok Mang Encek, via Instagram/fsaputra12

Martabak Encek atau yang disebut juga dengan Martabak Suken ini merupakan salah satu yang kondang di Bogor. Keberadaanya meramaikan dunia kuliner sudah sejak puluhan tahun yang lalu.

Tepatnya berjualan sejak tahun 1975, dan tetap eksis samapi sekarang ini. Bahkan, saking larisnya, baru 3 jam saja sudah ludes diburu pembeli. Para pembeli datang bahkan sebelum buka, dan antre dengan sabarnya.

Pertahankan Cara Masak Tradisional dengan Arang

Menggunakan bara arang, via Instagram/andriandri29
Menggunakan bara arang, via Instagram/andriandri29

Tentu saja Teman Traveler bertanya-tanya kenapa martabak di tempat ini begitu digemari oleh para pembeli. Ternyata, rahasianya ada pada cara pegolahan yang konsisten menggunakan bara arang, bukan kompor gas, sejak pertama kali ada. Sehingga cita rasanya tidak berubah sedikitpun.

Begitu menggiurkan, via Instagram/thefoodsnap
Begitu menggiurkan, via Instagram/thefoodsnap

Dan karena dimasak dengan cara tradisional inilah, martabak di sini dimakan keesokan harinya tetap enak dan teksturnya empuk. Selain itu karena penggunaan arang, aromanya jadi harum dan menggugah selera.

Sudah Berjualan Mulai Hargai Rp250

Rasa yang istimewa, via Instagram/winzeat
Rasa yang istimewa, via Instagram/winzeat

Soal pengalaman, tempat kuliner di Bogor ini sudah tidak perlu diragukan. Penjualnya saja sudah berdagang sejak masih melajang sampai memiliki banyak banyak cucu. Dan berjualannya sejak harga martabaknya Rp250 sampai dengan sekarang ini.

Satu porsi martabak di sini sekarang dibanderol Rp40.000 sampai dengan Rp60.000-an, per loyang. Pilihan topping martabak di sini beragam. Mulai dari keju, cokelat, kacang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ukurannya juga lumayan besar, bisa dimakan rame-rame

Alamat Martabak Enceng di Gang Aut

Topping yang melimpah, via Instagram/jktfoodead
Topping yang melimpah, via Instagram/jktfoodead

Jangan bayangkan tempat Martabak Encek ini di tempat yang mewah ya. Penjualnya masih menggunakan gerobak sederhana. Jadi, orang-orang hanya bisa membelinya dan dibawa pulang, tidak ada tempat untuk makan. Sederhana namun mengena, mungkin itulah ungkapan yang tepat.

Alamatnya berada di Jl. Surya Kencana No. 289, Bogor di seberang Gang Aut. Jam bukanya mulai dari pukul 14:00 WIB sampai habis. Biasanya hanya beberapa jam saja sudah ludes diburu oleh para penggemarnya.

Kamu yang jelajah Bogor, jangan sampai melewatkan martabak yang legendaris satu ini ya. Soal rasa, coba sendiri supaya tahu kelebihannya sampai orang-orang rela antre lama. Next

ramadan
Kafe Rustic di Jakarta Buat Pemotretan Gisella

Kafe Rustic di Jakarta Buat Lokasi OOTD Gisella, Biar Foto Endorse Makin Keren

Menginap di The Ultimo Bisa Staycation Sekaligus Diramal, Mau Coba?