in , ,

Masjid Al Irsyad Satya, Bukti Cinta Ridwan Kamil untuk Ayahanda

Desain bagian dalamnya juga sangat cantik

Di dunia ini ada banyak sekali bangunan yang didirikan atas nama kasih sayang. Seperti Taj Mahal yang dibangun oleh seorang Kaisar Mughdal, Shah Jahan untuk membuktikan rasa cintanya kepada sang istri bernama Mumtaz Mahal. Di Indonesia ternyata juga ada, yakni Masjid Al Irsyad Satya yang merupakan wujud kasih sayang Ridwan Kamil untuk ayahandanya. Bagaimana, sudah penasaran dengan masjid ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Resort di Bali Ini Suguhkan Pertunjukan Tradisional, Bermalam Sekaligus Nikmati Pesona Budaya

Masjid Karya Ridwan Kamil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau Masjid Al Irsyad adalah karya dari Ridwan Kamil. Masjid Al-Irsyad Satya dibangun di atas lahan seluas 1 hektar. Mulai dibangun pada tanggal 7 September 2009, masjid ini diresmikan pada bulan Agustus 2010. Kalau Teman Traveler ingin mengunjunginya, bisa datang ke Kota Baru Parahyangan, kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

masjid al irsyad
Tulisan peresmian masjid (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Desain Terinspirasi dari Bentuk Ka’bah

masjid al irsyad
Terinspirasi dari bentuk Ka’bah (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kalau kalian melihat masjid ini, pasti akan merasakan perbedaan dari desainnya. Berbentuk kubus dan tidak ada kubah di atasnya. Ternyata Masjid Al-Irsyad ini terinspirasi oleh bentuk Ka’bah yang ada di Masjidil Haram.

Ada Batu Besar Berlafadzkan Allah

masjid al irsyad
Masjid dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Masuk ke dalam dan merasakan beribadah di masjid ini menjadi pengalaman tersendiri yang melibatkan sense of spiritual. Sirkulasi udara di dalam Masjid ini cukup baik dengan interior di bagian mimbar dibuat terbuka. Udara segar masuk dengan leluasa menambah kesejukan di hati saat beribadah. Ditambah juga dengan sebuah batu besar berlafadzkan Allah tepat berada di sudut jatuhnya cahaya, semakin berhasil hati bergetar merasakan kebesaran-Nya.

Termasuk The Best 5 World Building of The Year 

masjid al irsyad
Suasana di dalam masjid (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Masjid ini ternyata sudah memiliki prestasi, Teman Traveler. Sudah meraih Penghargaan “The Best 5 World Building of The Year 2011” untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia.

Ada 99 Asmaul Husna di Langit-langit Masjid

75f26082_957f_45b1_a606_d319a4a66a1a_wKa.jpeg
Asmaul Husna (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kalau kalian memperhatikan di keseluruhan area langit-langit masjid, terdapat ornamen menggantung yang bukan sekedar dekorasi. Di dalam setiap ornamen tersebut ada Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah yang indah, baik, agung dan mulia sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Total dari ornamen tersebut adalah 99, sesuai dengan jumlah Asmaul Husna yang ada.

Merasakan beribadah di sini kita seperti diajak untuk menyelami imajinasi sang kreator arsitektur masjid. Suasana yang sejuk menambah rasa nyaman untuk beribadah di masjid ini. Next

ramadan

Museum De Javasche Bank, Penyimpan Kenangan Dunia Perbankan Masa Lalu

Kedai Kopi Berkonsep Alam di Malang Raya (c) Andikarochman Travelingyuk

3 Kedai Kopi Berkonsep Alam di Malang Raya, Ngopi Sembari Nikmati Panorama Indah