in ,

Ridwan Kamil Hibahkan Bus Wisata Mirip Bandros, Makin Permudah Wisatawan Tuk Keliling Kota

Hadirkan bus wisata mirip bandros, makin permudah wisatawan untuk kenali potensi wisata tiap kota.

Bus wisata mirip bandros diluncurkan
Bus wisata mirip bandros diluncurkan

Jawa Barat tak ada henti-hentinya untuk selalu berkembang. Mulai dari kuliner, wisata, hingga budayanya senantiasa menarik wisatawan. Kali ini ada kejutan menarik dari Gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil. Ia meluncurkan bus wisata mirip bandros (Bandung Tour On Bus) di berbagai daerah. Penasaran keunikannya seperti apa? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Baca juga : 5 Tempat Nongkrong Vintage di Sleman, Tempat Bersantai Sehabis Jalan-jalan

Hadir di 13 Daerah

Hadir di 13 Daerah
Hadir di 13 Daerah via Instagram/ridwankamil

Kali ini Ridwan Kamil mengejutkan warganya dengan menghibahkan belasan bus wisata di 13 daerah di Jawa Barat. Untuk periode pertama, kota yang menerima bantuan ini adalah Cimahi, Sumedang, Pangandaran, Garut, Cirebon, Kuningan, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purawakarta, dan Tasikmalaya. Setiap daerah tersebut akan diberikan bus dengan tipe berbeda yang sesuai keadaan daerah masing-masing. Bus tersebut terdiri dari empat jenis kendaraan berbeda dari segi warna serta ukurannya.

Terinspirasi dari Bandros

Bandung Tour on Bus
Bandung Tour on Bus via Instagram/eltonsonny

Ridwan Kamil berujar bahwa bus wisata ini terinspirasi dari Bandros ketika ia menjabat sebagai walikota Bandung. Karena menjadi terfavorit di Indonesia, akhirnya ia memutuskan untuk menjadikannya sebagai program provinsi. Bagi Teman Traveler yang masih belum mengetahui, Bandros sendiri merupakan transportasi umum unik dengan warna-warna nyentrik karena mengusung tema art deco.

Bagi yang tertarik untuk mencobanya, bisa siapkan budget mulai dari Rp20 ribu per orang untuk sekali perjalanan keliling kota Bandung. Nah, adanya bus wisata mirip bandros ini tentunya akan memudahkan para wisatawan yang datang.

Bertujuan Sebagai Stimulus

Bertujuan untuk stimulus
Bertujuan untuk stimulus via Instagram/ridwankamil

Pengelolaan dan penggunaan bus pariwisata tersebut akan diserahkan kepada masing-masing daerah. Nantinya Organda dan Dishub kota atau kabupaten akan menyelenggarakan rute dan operasionalnya baik gratis atau berbayar tergantung kebijakan tiap daerah. Ridwan Kamil sedikitnya menyumbang satu bus saja untuk dijadikan sebagai stimulan. Nantinya setiap daerah diharapkan agar terinspirasi untuk terus membuat inovasi terbaru.

Bisa Keliling Kota

Bertujuan untuk angkut wisatawan keliling kota
Bertujuan untuk angkut wisatawan keliling kota via Instagram/ridwankamil

Tentu saja karena termasuk moda transportasi umum, bus wisata mirip Bandros ini bertujuan untuk melayani pariwisata untuk bisa keliling kota. Salah satu contohnya seperti yang ada di Sumedang. Bus yang ada di kabupaten tersebut hanya digunakan di sekitar alun-alun yang memang dikhususkan untuk perkotaan. Ridwan menyatakan, untuk tahap pertama, bus bantuan yang diserahkan dimodali oleh sebuah bank yang penyalurannya menjadi jatah pemerintah provinsi dan rencananya akan menambah anggaran di tahun depan. Sehingga di lima tahun mendatang, wisata alam, kota, bisa menjadi sempurna dengan segala manajemen inovasinya.

Semoga dengan adanya bus wisata mirip bandros ini, dapat memajukan wisata Indonesia khususnya Jawa Barat. Makin tertarik untuk berkunjung ke kota mana dulu nih? Next

ramadan
via Instagram/trubusjogja

Trubus Cake & Bakery di Jogja, Legendaris dengan Ciri Khas Mbok-mbok Tenongan dengan Seragam

ia Instagram/laparlagimakanlagi

Agung Bakso Reog di Surabaya yang Megelenda, Ludes Kurang dari 4 Jam!