in , ,

Merta Harum Agroo Plantation Ubud, Icip Teh dan Kopi di Tengah Kebun Asri

Icip Puluhan Kopi dan Teh di Merta Harum Agroo Plantation Ubud

FI Merta (c) Adolf Roben Lanapu Travelingyuk

Merta Harum Agroo Plantation adalah destinasi agrowisata berlokasi di Jalan Raya Mawang Kelod, Ubud. Bukan hanya menikmati minuman andalan mereka, kita sekaligus tur singkat tentang proses pengolahan kopi luwak. Tentunya didampingi seorang pemandu. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Lion Air Terbitkan Aturan Ukuran Koper di Bagasi Kabin, Ketahui Ketentuan Maskapai Lainnya

Disambut Kebun Bernuansa Asri

lrm_export_1178623545145103_20191013_122805050_2B6.jpeg
Akses Masuk Merta Arum (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Di pintu masuk sudah nampak kesan adem yang kontras dengan teriknya cuaca. Maklum saya datang saat sudah siang. “Selamat datang di Merta Arum. Nama saya Kadek yang akan memandu Anda,” sapa seorang petugas yang bergegas menyambut saya. Nampak ada beberapa kru yang bersiap menyambut kedatangan tamu, jadi kita tidak perlu takut kebingungan di sini.

lrm_export_1179516120950696_20191013_124257626_Lgr.jpeg
Suasana teduh di kebun Merta Harum (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Pemandu membawa saya berkeliling kebun, menjelaskan tentang pohon-pohon yang ada di kebun dengan ramah. Rindangnya pepohonan menciptakan suasana sejuk dan nyaman meski sudah pukul 12.00 siang.

Proses Pengolahan Kopi Luwak

Merta Harum Agroo Plantation Ubud
Biji Kopi Luwak yang melalui proses penyortiran (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Pemandu menunjukkan kandang luwak yang nampak kosong, “Luwak
hewan malam pak, jadi kalau siang mereka tidur”. Lalu pemandu memperlihatkan kopi Luwak yang masih bercampur dengan kotoran maupun yang sudah dibersihkan.

Merta Harum Agroo Plantation Ubud
Proses Roasting dan Penumbukan Kopi Luwak (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Biji kopi Luwak yang sudah dibersihkan dari kotoran dan disortir, akan di-roasting dan ditumbuk menjadi bubuk kopi. Semua proses ini menggunakan alat-alat tradisional.

Coffe and Tea Tasting

Merta Harum Agroo Plantation Ubud
Coffee and Tea Tasting (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Untuk menikmati kopi luwak, Teman Traveler akan dikenakan biaya Rp50.000an. Terdengar cukup mahal bagi sebagian orang, tapi sebenarnya biaya tersebut terhitung terjangkau. Sebab yang kita dapatkan bukan hanya kopi luwak saja.

lrm_export_1178699994646654_20191013_122921499_Jb7.jpeg
Rumah pohon (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Menurut penjelasan dari Gek (panggilan untuk perempuan yang lebih muda di Bali) Kadek yang memandu saya, biaya lima puluh ribu tersebut mencakup kopi luwak dan free tester 14 macam minuman yang tersedia di Merta Arum.

lrm_export_1178754158962270_20191013_123015664_ynv.jpeg
Kolam cantik di depan paviliun (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Kita dipersilahkan untuk memilih ingin menikmati minuman di rumah pohon atau paviliun di kebun. Kedua lokasi tersebut sama nyamannya. Saya memilih di rumah pohon, karena sepertinya enak minum ditemani angin sepoi–sepoi di bawah rindangnya pohon.

Merta Harum Agroo Plantation Ubud
16 tester minuman dan Kopi luwak (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Ternyata yang tiba bukan hanya 14 tester, tetapi 16! Selain dari minuman yang tertera di menu, ada tambahan kopi Bali dan teh pandan yang termasuk dalam pembelian kopi luwak. Total ada tujuh belas minuman, jujur saya sedikit kebingungan bagaimana cara  menghabiskannya.

Pelayanan Ramah

Salah satu hal yang sangat saya apresiasi di tempat ini adalah pelayanannya ramah. Saat berkunjung ke tempat ini saya satu-satunya turis domestik dan datang sendirian, sementara para wisatawan asing datang berombongan, tetapi pelayanan yang diberikan sama ramah dan baiknya.

Kekurangan tempat ini adalah tidak menyediakan makanan. Sebenarnya tersedia kripik singkok (gratis) sebagai teman minum, tapi tentu kurang sepadan rasanya dengan banyak nya minuman. Jadi kalau berkunjung ke sini jangan dalam keadaan lapar ya, Teman Traveler.

Tersedia Toko Oleh-oleh

lrm_export_1178672049205512_20191013_122853554_oXy.jpeg
Bisa belanja oleh-oleh disini ya (c) Adolf Roben Lanapu/Travelingyuk

Ada minuman yang disukai dan ingin membawanya sebagai buah tangan? Saat akan membayar minuman di kasir, Teman Traveler bisa belanja oleh-oleh di toko cendramatanya.

Itu pengalaman saya berwisata ke Merta Harum Agroo Plantation Ubud. Buat Teman Traveler yang ingin icip-icip kopi dan teh sambil menikmati suasana asri, boleh coba mampir ke wisata Bali ini ya. Next

ramadan

Intip Liburan Hits ala Calon Menhan Prabowo

Patirtan Jolotundo Mojokerto, Puing Kecanggihan Masa Lalu