in ,

Mie Ayam Legendaris di Surabaya, Kenikmatan Jawara Patut Dicoba

Daftar Mie Ayam Legendaris di Surabaya

via Instagram/miekedondong
via Instagram/miekedondong

Mudah ditemukan dan memiliki rasa yang enak, membuat mie jadi kuliner favorit masyarakat Indonesia selain nasi. Banyak tempat legendaris yang menjajakan kuliner dari tepung ino. Tidak terkecuali dengan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, Surabaya. Ada beberapa tempat untuk menikmati mie ayam legendaris di Surabaya. Inilah rekomendasinya.

Baca juga : 5 Tik Tok Gagal, Video Terakhir Bikin Ngakak Abis!

Pangsit Mie Ayam Undaan

Pangsit Mie Undaan, via Instagram/sbykulinerinfo
Pangsit Mie Undaan, via Instagram/sbykulinerinfo

Mie ayam legendaris di Surabaya yang bisa dicoba pertama adalah Pangsit Mie Ayam Undaan. Berada di Jl. Undaan Wetan No. 30A Surabaya, lokasinya tidak jauh dari Balai Kota Surabaya. Senin sampai Sabtu jam bukanya mulai dari jam 07:00-16:00 WIB Sementara pada hari Minggu, mulai dari 07:00 hingga 13:00 WIB. Tempat makan ini sudah mulai dirintis sejak tahun 1990-an.

Salah satu rahasia bisa panjang umur sampai sekarang inilah sang penjual tetap mempertahankan resepnya. Di sini pilihan menunya tidak terlalu banyak, ada mie ayam, mie bakwan, pangsit, dan bakwan campur. Harga kuliner di tempat makan Surabaya ini tidak terlalu mahal, mie ayam tambah pangsit plus bakwan dipatok Rp18.000 saja. Murah meriah, bukan?

Mie Ayam Siola

Mie Ayam Siola, via Instagram/surabayafoodies
Mie Ayam Siola, via Instagram/surabayafoodies

Kemudian ada Mie Ayam Siola yang sudah ada sejak tahun 1988. Menu utama yang disuguhkan di sini adalah mie ayam Jakarta. Alamatnya berada di Jl. Genteng Kali, Surabaya. Biasanya, tempat makan ini buka dari jam 10:00 hingga 20:00 WIB. Jam paling ramai pada makan siang sekitar pukul 12:00. Porsinya jumbo dan rasanya begitu khas, satu porsinya dibandrol Rp15.000 saja.

Mie Ayam Kedongdong

Mie Kedondong
Mie Kedondong via Instagram/miekedondong

Mie Ayam Kedongdong ini berdiri sejak tahun 1977. Lokasinya berada di Jl. Kedongdong Lori/No. 7C. Menu unggulan di sini adalah mie pangsit. Citarasa nikmat dengan tekstur yang begitu pas. Mie yang diproduksi di sini adalah segar atau baru dibuat setiap harinya. Ada dua kali pembuatan mie dalam sehari, waktu pagi dan sore hari.

Mie ayam legendaris di Surabaya satu ini menerapkan cita rasa yang begitu konsisten, tak salah meskipun berawal dari gang sempit, kini masih diminati dan dicari. Bahkan, para pelanggan rela untuk antri. Harganya juga tidak terlalu mahal, satu porsinya adalah Rp20.000-an.

Depot Tjawan Fey

Mie ayam mantap, via Instagram/17x_eh
Mie ayam mantap, via Instagram/17x_eh

Paling sepuh ada Depot Tjawan Fey yang telah menemani para pcinta kuliner sejak tahun 1965. Tempat di sini akan membuat para orang tua bernostalgia. Bangunannya sederhana dengan keramik sampai lukisan khasnya. Menu utama di sini adalah mie ayam, dengan lauk mulai dari bakwan, pangsit, sampai dengan tahu.

Ciri khasnya dalah taburan bawang gorengnya yang begitu melimpah. Di sini taburannya boleh memilih, ada ayam cincang ataupun daging babi cincang. Ada baiknya untuk bertanya terlebih dahulu buat yang muslim jika dirasa ragu kehalalannya.

Mie ayam legendaris, via Instagram/foodieshangout
Mie ayam legendaris, via Instagram/foodieshangout

Pemilik Depot Tjwan Fey ini adalah Giok Sio. Keahlian membuat mie di sini ternyata diwariskan dari orang tuanya. Citarasa mie di sini masih sama seperti yang dahulu meskipun telah berpuluh-puluh tahun berlalu. Lokasi depot di Surabaya ini berada di Jl. Simpang Dukuh No. 20, Surabaya, jam bukanya mulai dari 08:00 hingga 19:30. Harganya? Satu porsi mie ayam dibandrol Rp25.000

Buat Teman Traveler yang sedang malas makan nasi, mie ayam bisa jadi pilihan. Jika di Surabaya, empat tempat di atas merupakan rekomendasinya. Next

ramadan

Festival Bakar Ikan Gratis di Pantai Ngliyep, Sebanyak 700 Kg Disiapkan untuk Pesta Tahun Baru 2019

gado-gado

Gado-gado Enak di Bandung, Perbanyak Sayur agar Badan Lebih Segar saat Liburan