in , , ,

Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu, Sarana Belajar Sejarah yang Menyenangkan

Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu merupakan salah satu bagian dari Museum Manusia Purba Sangiran. Museum ini dibangun untuk menjadi pusat informasi tentang pelapisan tanah purba dan budaya manusia purba.

Baca juga : Kuliner Tradisional Tanah Karo, Hidangan Upacara Adat yang Khas

museum_2_drh.jpg
Pintu masuk museum (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Lokasi Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Jadi, jika kalian ke Karanganyar bisa berkunjung ke museum ini untuk menambah wawasanmu tentang sejarah.

Lokasi Museum

museum_5_G7k.jpg
Pengunjung melihat koleksi museum (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Untuk lokasi tepatnya Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu ini, berada di Desa Dayu, Kecamatan Godangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Letak museum kurang lebih 5 km ke arah timur dari Pasar Tuban Godangrejo. Jika dari Terminal Tirtonadi Solo, jaraknya kurang lebih 13 km ke arah Purwodadi dan sebelum perempatan Kaliyoso. Jika kamu masih kebingungan, bisa juga mengikuti arahan dari Google Maps.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

museum_1_awZ.jpg
Koleksi museum (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Jam buka Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu mulai pukul 09.00 – 15.00. Khusus hari Senin, museum ini tutup. Museum ini hanya buka dari hari Selasa hingga Minggu. Harga tiket masuk ke museum cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp8.000 per orang untuk masuk ke museum dan akan di kenakan biaya parkir Rp2.000 per motor.

Fasilitas Museum

museum_4_Ylm.jpg
Fosil manusia purba (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Fasilitas yang ada di Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu ini antara lain ruang shelter atau anjungan, ruang diorama, dan ruang pameran yang juga dilengkapi dengan AC dan kursi untuk duduk. Di ruang pameran terdapat koleksi berupa fosil binatang purba yang terdiri dari
beberapa jenis tulang.

museum_8_S4t.jpg
Layar sentuh untuk bermain (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Terdapat juga beberapa permainan untuk anak, berupa permainan puzzle mencocokkan fosil atau juga mengangkai kata-kata. Kamu hanya perlu menyentuh layar yang tersedia dan mulai memainkannya. Rasakan keseruan di setiap permainan yang tersedia dan lihat nilai di akhir permainan.

museum_10_azI.jpg
Taman bermain anak (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Terdapat juga toilet yang bersih dan nyaman. Tak ketinggalan taman permainan untuk anak-anak, ada juga gazebo untuk bersantai bersama keluarga setelah lelah memutari museum.

Desain Museum yang Menyerupai Villa

museum_9_zeX.jpg
Desain museum yang menarik (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu dibuat dengan desain yang modern. Untuk menarik minat generasi muda agar bisa memepelajari peninggalan bersejarah pada zaman purba. Bangunan museum ini dibuat mengikuti kontur tanahnya yang berbeda ketinggian karena berundak dan berada di lembah. Sehingga bentuk bangunan museum ini lebih menyerupai vila daripada gedung museum lainnya. Next

ramadan

Sleman City Hall Usung Konsep Horor Wahana Hantu Kampung penari

Serunya Wisata Susur Sungai Progo Pakai Jip, Picu Rasa Debar dan Adrenalin