in ,

Kuat Nilai Sejarah, Empat Museum Tertua di Indonesia

Bahkan Ada Salah Satu yang Memiliki Pemberian dari Raja Thailand

Berbagai macam destinasi wisata dapat ditemukan di Indonesia, baik alam hingga wisata sejarah. Di samping itu, kamu juga dapat berwisata sekaligus mengenal sejarah Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali peninggalan masa lalu, salah satunya melalui museum. Tak hanya menyimpan benda-benda penting, tempat ini juga menjadi museum tertua di Indonesia. Di mana saja?

Baca juga : Cantiknya Putri Selam Indonesia, Potret Sahabat Samudra

1. Museum Wayang

Koleksi Wayang di Museum Wayang via instagram/jakarta_tourism

Gedung ini dibangun pada tahun 1640 awalnya merupakan gereja “De Oude Hollandsche Kerk” (Gereja Lama Belanda). Lalu pada tahun 1970-an, tepatnya pada 13 Agustus 1975, Gubernur Jakarta, Ali Sadikin meresmikan gedung ini menjadi Museum Wayang. Di dalamnya terdapat 4000 wayang dan boneka dari berbagai tempat di dalam dan luar negeri seperti India, Belanda, Malaysia, Thailand, Cina, Vietnam, serta koleksi topeng.

2. Museum Bahari

Beberapa miniatur kapal di Museum Bahari via instagram/jakarta_tourism

Dulu Museum Bahari merupakan gudang rempah-rempah saat masa penjajahan Belanda. Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan Kota Jakarta Utara. Di dalamnya terdapat perahu tradisi asli Lancang Kuning dari provinsi Riau, Perahu Phinisi dari Bugis Sulawesi Selatan, serta Perahu Jukung Karere asli Papua. Bangunan Museum Bahari berdiri pada tahun 1652 di masa kepemimpinan Gubernur Jendral Christofell van Sqoll.

3. Museum Fatahillah

Bagian depan Museum Fatahillah via instagram/iniinfo.ku

Nama Museum Fatahillah pasti sudah tidak asing lagi di telinga traveler dan sering dibahas dalam buku sejarah di sekolah-sekolah. Museum yang memiliki nama asli Museum Sejarah Jakarta ini menyimpan benda-benda bersejarah terkait Kota Jakarta dan bangsa Indonesia. Pada tahun 1707, bangunan ini berfungsi Balai Kota.

4. Museum Nasional Republik Indonesia

Bagian depan Museum Nasional via instagram/ranggadwstr

Museum Nasional merupakan salah satu museum tertua di Indonesia. Dibangun pada tanggal 24 April 1778, saat dibentuknya sebuah wadah perkumpulan intelektual dan ilmuwan Belanda. Museum Nasional dibuka secara resmi pada tahun 1868. Museum ini juga dikenal dengan nama lain Gedung Gajah atau Gedung Arca, karena terdapat patung gajah yang merupakan pemberian dari Raja Siam Thailand.

Berwisata tak hanya menikmati keindahan alam, namun mengenal sejarah Indonesia pun juga tak kalah seru. Empat museum di atas adalah contohnya. Pernah mengunjungi salah satunya? Next

ramadan

Tea Time di Jakarta, Ini Tempatnya

Screenshot Via Instagram viewjogja

Gelombang Tinggi, 3 Pantai di Gunungkidul Ini Terkena Dampak yang Parah